PERBANDINGAN METODE ACCELERATED LEARNING DENGAN METODE ACTIVE LEARNING DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA SMP N 21 BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Wahyu Arnizamiati, Yudhi Hanggara

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbandingan hasil belajar matematika siswa metode Accelerated Learning dan Metode Active Learning Kelas VIII SMP Negeri 21 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014 ditinjau dari hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 21 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014 dan kelas sampel yaitu VIII-3 dan VIII-4. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t dua pihak diperoleh t-hitung = 1,952 dan t-tabel = 1,994. Dengan menggunakan uji dua pihak diperoleh bahwa t-hitung berada pada daerah penolakan Ho. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbandingan antara metode pembelajaran Accelerated Learning dengan Active Learning terhadap hasil belajar matematika.

 

Kata kunci:  Metode Accelerated Learning, Metode Active Learning, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Cara Dahsyat Membuat Skripsi. Jawa Timur: Jaya Star Nine

Hamid, Sholeh. 2011. Metode Edu Tainment . Jogjakarta: Diva Press

Meier, Dave. 2010. The Accelerated Learning Handbook. Bandung: Mizan Pustaka

Muhidin dan Abdurahman. 2011. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia

Riduwan. 2011. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta

Riduwan dan Sunarti. 2012. Pengantar Statistik. Bandung: Alfabeta

Rose dan Nicholl. 2002. Accelerated Learning For The 21st Century. Bandung: Nuansa

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantatif. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

________. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Susanto A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v3i2.578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.