PENERAPAN TEKNIK SPOTLIGHT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 2 PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA PROVINSI SUMATERA BARAT
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa, kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam mengajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar hasil belajar matematika siswa lebih baik adalah menggunakan pembelajaran teknik spotlight. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah hasil belajar matematika menggunakan teknik spotlight lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian adalah eksperimen, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Pulau Punjung tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian adalah kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan adalah essay dengan reliabilitasnya 0,911.
Berdasarkan hasil analisis data rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 74,03 sedangkan kelas kontrol adalah 64,56. Pengujian hipotesis menngunakan uji-t satu pihak dengan bantuan software MINITAB diperoleh P-value 0,006 pada taraf nyata α=0.05, karena P-value < α maka hipotesis diterima. Jadi disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan teknik spotlightlebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas X SMAN 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.
Kata kunci: Penerapan, Teknik Spotlight, Pembelajaran, MatematikaFull Text:
PDFReferences
Aleks Maryunis,. 2007. Statistika dan Teori Probalitas. Padang: FMIPA UNP
Depdiknas. 2001. Penyusunan Butir Soal dan Instrumen Penilaian. Jakarta: Depdiknas.
Eman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: FMIPA UPI
Ginnis, Paul.2008. Trik dan Taktik Mengajar (Teacher’s Toolkit. Terjemahan). Jakarta: PT. Indeks
Muliyardi. 2002. Strategi Pembelajaran Matematika. Padang: FMIPA UNP
Oemar Hamalik. 2008. Proses Belajar Matematika. Jakarta: Bumi Aksara
Slameto. 2003, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana.2004. Metode Statistik. Bandung: Tarsindo
Suharsimi Arikunto. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarata: Rineka Cipta.
Sumadi Suryabrata.2003.Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Syafriandi. 2001. Analisis Statistika Inferensial dengan Menggunakan Minitab. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Tim Penyusun. 2008. Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skripsi. Padang: UNP Padang
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta; Kencana Perdana Media
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v3i2.579
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.