BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM
Abstract
ABSTRAK
Paradigma pembelajaran matematika yang mengalami perubahan dari pembelajaran konseptual menjadi kontekstual salah satu kompoennya adalah mewajibkan para guru untuk mampu membekali peserta didik dengan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Setting pembelajaran yang sesuai tentu harus diupayakan guru untuk mendorong peserta didik agar mampu berpikir kritis dan kreatif. Contextual Teaching and Learning berbasis Open Ended Problem diindikasikan mampu menjadi salah satu solusi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan kontekstual berbasis open ended problem materi disajikan melalui konteks yang bervariasi dan berhubungan dengan kehidupan siswa baik di rumah, di sekolah maupun di masyarakat secara luas, dan pengetahuan didapat oleh siswa secara konstruktivis. Masalah-masalah yang disajikan adalah open ended problem atau masalah terbuka yang memiliki metode atau penyelesaian yang benar lebih dari satu. Dengan setting pembelajaran seperti ini, akan mampu memberikan kesempatan yang luas kepada para peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
Kata Kunci: Berpikir kritis dan kreatif, pembelajaran matematika, contextual teaching andlearning, dan open ended problem
Full Text:
PDFReferences
Berns, R.G and Erickson, P.M. (2001). Contextual Teaching and Learning. The Highlight Zone : Research @ Work No. 5. Tersedia di: http://www.cord.org/uploadedfiles/NCCTE_Highlight05-ContextualTeachingLearning.pdf ctl2
CORD. (1999). Teaching Mathematics Contextually. Published by CORD Communications, Inc USA. http://www.cord.org/uploadedfiles/Teaching_Math_Contextually.pdf
Dhoruri, Atmini. (2008). Pendekatan Pembelajaran Matematika yang Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bahan Diklat Profesi guru Sertifikasi Guru Rayon 11 DIY & Jateng, Universitas Negeri Yogyakarta.
Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. (Terjemahan Benyamin Hadinata). Cambridge: Cambridge University Press
Hassoubah, Z. I. (2008). Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Bandung: Penerbit Nuansa
Japar. (2009). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open-Ended. Jurnal. http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/51085361.pdf diakses tanggal 23 Oktober 2011.
Lewis, Arthur & Smith, David. (1993). Defining Higher Order Thinking. Theory Into Practice, Volume 32, Number 3, Summer 1993 College of Education, The Ohio State University
Mahmudi, Ali. (2008). “Mengembangkan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) dalam Pembelajaran Matematika”. Makalah. Disampaikan Pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika yang Diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta, 28 Nopember 2008.
Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
Potts, Bonnie (1994). Strategies for Teaching Critical Thinking. Practical Assessment, Research & Evaluation, 4(3). http://ericae.net/pare/74~getvn.html atau http://searcheric.org/digests/ed441302.html
Rosnawati, R. (2009). Enam Tahapan Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika untuk Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional dengan tema : ”Revitalisasi MIPA dan Pendidikan MIPA dalam rangka Penguasaan Kapasitas Kelembagaan dan Profesionalisme Menuju WCU” pada tanggal 16 Mei 2009.
Shadiq, Fadjar. (2007). Inovasi Pembelajaran Matematika dalam Rangka Menyongsong Sertifikasi Guru dan Persaingan Global. Laporan Hasil Seminar dan Lokakarya Pembelajaran Matematika 15 – 16 Maret 2007 DI P4TK (PPPG) MATEMATIKA http://fadjarp3g.files.wordpress.com/2008/06/07-lapsemlok_limas_.pdf
Sulianto, Joko. (2011). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan berpikir Kritis pada siswa Sekolah Dasar. Tersedia di: http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1867:pendekatan-kontekstual-dalam-pembelajaran-matematika-untuk-meningkatkan-berpikir-kritis-pada-siswa-sekolah-dasar&catid=159:artikel-kontributo
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v3i2.586
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.