Pengembangan E-LKPD dengan pendekatan realistic mathematics education menggunakan software articulate storyline 3 pada materi trigonometri kelas X SMA

Alfira alfira, Nur Izzati, Roma Doni Azmi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Reseach and Development (R&D) dengan model 4D. Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan E-LKPD dengan pendekatan Realistic Mathematics Education menggunakan software articulate storyline 3 pada materi trigonometri kelas X SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa lebar validasi instrumen, lembar validasi produk, serta angket respon guru dan peserta didik. Data yang diperoleh dari penelitian ini ialah data kualitatif yang kemudian diubah menjadi data kuantitatif dengan memberi skror pada setiap pernyataan dalam angket. Validasi ahli materi diperoleh rata-rata persentase sebesar 91,82 % dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi media diperoleh rata-rata persentase secara keseluruhan sebesar 85,00% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi kebahasaan oleh ahli bahasa memperoleh persentase rata-rata 86,67% dengan kriteria sangat valid. Untuk kepraktisan produk, angket respon peserta didik memperoleh persentase keseluruhan sebesar 84,58% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan angket respon oleh guru memperoleh persentase sebesar 90,00% dengan kriteria sangat praktis.

Keywords


Pengembangan, E-LKPD, Realistic Mathematics Education, Trigonometri

Full Text:

PDF

References


Apriliyani, Sita Wahyu, and Fauzi Mulyatna. 2021. “Flipbook E-LKPD Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Materi Teorema Phytagoras.” Seminar Nasional Sains 2(1):491–500.

Arum Farkhati, Sri Susilogati Sumarti. 2019. “Implementasi Manajemen Pembelajaran Kimia Berbantuan E-Lkpd Terintegrasi Chemoentrepreneurship Untuk Menganalisis Soft Skill Siswa.” Chemistry in Education 8(2):24–28.

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model.” Halaqa: Islamic Education Journal 3(1):35–42.

Dachi Aprianus Fidelis, Perdana Novarina Dina. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas XI Busana SMK Negeri 6 Padang.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic 4(3):15–22.

Fajri, Nisya, and Ira Nida. 2019. “Analisis Kesulitan Siswa Kelas X Sma Negeri 6 Aceh Barat Daya Pada Materi Trigonometri.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi 3(2):12–22.

Gustina. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Learning Content Development System (Lcds) Pada Materi Sistem Pernapasan.” 6–7.

Hanggara, Yudhi, Fitrah Amelia, Program Studi, Pendidikan Matematika, Universitas Riau Kepulauan, Kepulauan Riau, and Statistik Pendidikan. 2018. “P Engem Ban Gan m o Dul St Atisti k p End Idi Ka n Berb a Sis Ctl Untu k m Eni Ng Kat Ka n KompEtensi m Ah Asi Swa Unive Rsitas riau Kepulauan BatAm.” 7(2):1–11.

Herianto, I, Z., and Indana Sifak. 2020. “Validitas Dan Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Contextual Teaching and Learning (Ctl) Pada Materi Psikotropika Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sma.” Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi 9(1):26–32.

Jannah, Ukhti Raudhatul, and Towafi Towafi. 2020. “Realistic Mathematic Education Pada Barisan Dan Deret Aritmetika Berbasis Kehidupan Islami Pondok Pesantren.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 5(2):165.

Jenanda, Bunga. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Materi Kekongruenan Dan Kesebangunan Kelas IX.2 SMP N 1 Kec. Situjuah Limo Nagari.

Kepa, Shafriaty. 2019. “Analisis Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Perbandingan Trigonometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sma Negeri 1 Banda Neira.” Journal on Pedagogical Mathematics 1(2):72–85.

Magdalena, Ina, Riana Okta Prabandani, Emilia Septia Rini, Maulidia Ayu Fitriani, and Amelia Agdira Putri. 2020. “Analisis Pengembangan Bahan Ajar.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(2):170–87.

Nurmala, Rizka, Tiara Fikriani, and Citra Ayu. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.” Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(2):140–47.

Pratama, Ryan Angga. 2019. “Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan.” Jurnal Dimensi 7(1):19–35.

Samawati, Zulfa. 2021. “Profil Validitas Dan Kepraktisan E-LKPD Tipe Flipbook Berbasis Contextual Teaching and Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Transpor Membran.” 10(2):385–96.

Sari, Kurnia Puspita, Yerizon Yerizon, Yanti Fitria, and Desyandri Desyandri. 2021. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis RME Di Sekolah Dasar.” JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains 9(2):158.

Suendarti, Mamik, and Hawa Liberna. 2021. “Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 5(2):326.

Sugiyono, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan.




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i1.6029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.