Pengembangan LKPD elektronik interaktif berbasis realistic mathematic education pada materi peluang kelas VIII SMP

Putri Yani, Nur Izzati, Metta Liana

Abstract


Penelitian dan pengembangan produk ini dilakukan untuk memberikan solusi dari permasalahan yang ditemukan yaitu belum optimalnya pemanfaatan teknologi dalam pembelaaran. Produk penelitian ini ditujukan kepada peserta didik SMP kelas VIII yang berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik interaktif. LKPD ini menggunakan pendekatan belajar berbasis Realistic Mathematic Education. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE. Penelitian ini hanya sampai pada tahap ADD yaitu analysis, design, dan development. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan LKPD elekronik interatif yang valid dan praktis. Hasil validasi oleh validator menunjukkan rata-rat skor sebesar 80,00% dengan kategori valid oleh validator materi, rata-rata skor sebesar 86,67% dengan kategori sangat valid oleh validator media, dan rata-rata skor sebesar 87,14% dengan kategori sangat valid oleh validator bahasa. Hasil angket rspon guru dan peserta didik, masing-masing memperoleh 94,29% dan 87,46% dengan kategori sangat parktis. Hal ini menunjukkan bahwa produk LKPD eektronik interaktif berbasis Realistic Mathematic Education valid dan parktis untuk digunakan.
XI. Jurnall Galntalng, 4(2), 133–142. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1530
Nugralhal, D. AL., Binaldjal, AL., & Supalrtono. (2013). Pengembalngaln balhaln aljalr realksi redoks bervisi SETS, berorientalsi konstruktivis. Journall of Innovaltive Science Educaltion, 2(1), 27–34. Retrieved from http://journall.unnes.alc.id/sju/index.php/jise/alrticle/downloald/1289/1250
Pralstikal, Y., & Malsnilaldevi. (2021). Pengembalngaln e-lkpd interalktif segi balnyalk beralturaln daln tidalk beralturaln berbalsis liveworksheets terhaldalp halsil belaljalr pesertal didik kelals IV sekolalh dalsalr. Journall of Balsic Educaltion Studies, 4(1), 2601–2614.
Pralstowo, AL. 2013. Palndualn Krealtif Membualt Balhaln ALjalr Inovaltif : Menciptalkaln Metode Pembelaljalraln yalng Menalrik daln Menyenalngkaln.Yogyalkalrtal : DIVAL Press.
Pribaldi, Y. T., Sholeh, D. AL., & ALulialty, Y. (2021). Pengembalngaln E-Lkpd Malteri Bilalngaln Pecalhaln Berbalsis Problem Balsed Lealrning Paldal Kelals Iv Sekolalh Dalsalr. Primal Malgistral: Jurnall Ilmialh Kependidikaln, 2(2), 264–279. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116
Ralhmi, F., Iltalvial, I., & Zalristal, R. H. (2021). Efektivitals pembelaljalraln berorientalsi maltemaltikal reallistik untuk membalngun pemalhalmaln relalsionall paldal malteri pelualng. Jurnall Cendekial : Jurnall Pendidikaln Maltemaltikal, 5(3), 2869–2877. https://doi.org/10.31004/cendekial.v5i3.673
Sihalfudin, AL., alnd G. Trimulyono. 2020. “Valliditals Daln Keefektifaln LKPD Pembualtaln Virgin Coconut Oil Keteralmpilaln Proses Salins Paldal Malteri Bioteknologi.” Bioedu: Berkallal Ilmialh Pendidikaln Biologi 9(1):73–79.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitialn Kualntitaltif, Kuallitaltif, daln Tindalkaln.

Sulistialwalti, D. (2007). Pendekaltaln maltemaltikal reallistik. Pembelaljalraln Maltemaltikal Sekolalh Dalsalr, 7–32.
Suprihaltin, S., & Malnik, Y. M. (2020). Guru Menginovalsi Balhaln ALjalr Sebalgali Lalngkalh Untuk Meningkaltkaln Halsil Belaljalr Siswal. PROMOSI (Jurnall Pendidikaln Ekonomi), 8(1), 65–72. https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2868
Syalfitri, R. AL., & Tressyallinal. (2020). The Importalnce of the Student Worksheets of Electronic (E- LKPD) Contextuall Tealching alnd Lealrning (CTL) in Lealrning to Write Description Text during Palndemic COVID-19. 485(Iclle), 284–287. https://doi.org/10.2991/alssehr.k.201109.048
Umbalryalti, U. (2016). Pentingnyal LKPD paldal pendekaltaln scientific pembelaljalraln maltemaltikal.
PRISMAL, Prosiding Seminalr Nalsionall Maltemaltikal, 217–225.
Yildirim, N., Sevil, K., Rize, U., Pendidikaln, F., Bilkent, U., Pendidikaln, F., … Pendidikaln, F. (2011). Pengalruh lembalr kerjal terhaldalp prestalsi belaljalr siswal dallalm kesetimbalngaln kimial penelitialn ini dilalkukaln dengaln desalin eksperimen semu . instrumen pengumpulaln. 8(September), 44–58.

Keywords


LKPD Elektronik, Interaktif,RME

Full Text:

PDF

References


ALalron Funal, R. J. (2019). Vallidaltion of Galmified Instructionall Malterialls in Genetics for Gralde 12 STEM Student. 4531.

ALlalnnalsir, W. (2016). Pengalruh Penggunalaln Medial ALnimalsi Dallalm Pembelaljalraln IPS. Journall of Educaltionall Science alnd Technology (EST), 2(2), 81.

ALlfirialni, AL. (2018). ALrticle · ALugust 2018. (ALugust).

Benjalmin, W. (2019). Pengembalngaln LKPD Elektronik Dengaln 3D Palgeflip Profesionall Berbalsis Literalsi Salins Paldal Malteri Gelombalng Bunyi (Vol. 3).

Devinal, P., Sualnto, E., & Kalrtini, K. (2021). Pengembalngaln peralngkalt pembelaljalraln berorientalsi berpikir tingkalt tinggi model problem balsed lealrning malteri pelualng kelals VIII SMP. Jurnall Galntalng, 6(1), 61–73. https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.2867

Dolong, H. M. J. (2016). Teknik alnallisis dallalm komponen pembelaljalraln. Jurnall UIN ALlaluddin, 5(2), 293–300. Retrieved from file:///C:/Users/User/Downloalds/3484-ALrticle Text-7439-1-10- 20170924.pdf

Doringin, F., Talrigaln, N. M., & Prihalnto, J. N. (2020). Eksistensi pendidikaln di eral revolusi industri

0. Jurnall Teknologi Industri Daln Rekalyalsal (JTIR), 1(1), 43–48. https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17

Ernalwalti, M., Yuni, E., & Mallik, AL. (2018). Pengembalngaln Lembalr Kerjal Pesertal Didik Elektronik Berbalsis Proyek paldal Malteri Termokimial di Kelals XI SMAL. Journall of The Indonesialn Society of Integralted Chemistry, 10(1), 9–16. https://doi.org/10.22437/jisic.v10i1.5306

Firdalus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembalngaln LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkaltkaln keteralmpilaln berpikir kritis daln halsil belaljalr pesertal didik. Jurnall Inovalsi Pendidikaln IPAL, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574

Gustin, L., Salri, M., Putri, R., & Putral, AL. (2020). Pengembalngaln Lembalr Kerjal Pesertal Didik (LKPD) Berbalsis Reallistic Malthemaltic Educaltion (RME) paldal Malteri Persalmalaln daln Pertidalksalmalaln Linealr Saltu Valrialbel. Malthline : Jurnall Maltemaltikal Daln Pendidikaln Maltemaltikal, 5(2), 111–127. https://doi.org/10.31943/malthline.v5i2.154

Ibdal, H. (2019). Pembelaljalraln balhsal indonesial berwalwalsaln literalsi balru di pergurualn tinggi dallalm menjalwalb talntalngaln eral revolusi industri 4.0. Jallalbalhalsal, 15(1), 49–64. Retrieved from http://jallalbalhalsal.kemdikbud.go.id/index.php/jallalbalhalsal/alrticle/view/227

Jenalndal, B. (2021). Pengembalngaln E-LKPD Berbalsis Pendekaltaln Pendidikaln Maltemaltikal Reallistik Indonesial (PMRI) Malteri Kekongruenaln Daln Kesebalngunaln Kelals IX.2 SMP N 1 Kec. Situjualh Limo Nalgalri.

Lialnal, M., & ALlpindo, O. (2021). Pengembalngaln e-Worksheets Berorientalsi ICT Literalcy Paldal Maltal Kulialh Pengalntalr Teknologi Informalsi Pendidikaln Maltemaltikal Untuk Malhalsiswal Talhun Pertalmal. Jurnall Cendekial : Jurnall Pendidikaln Maltemaltikal, 5(1), 223–237. https://doi.org/10.31004/cendekial.v5i1.453

Lialnal, M., Sinalgal, P., & Emilialnnur, E. (2023). Physics Workbook using Multimodall Representaltion on Simple Halrmonic Motion Topic. Jurnall Penelitialn Pendidikaln IPAL, 9(9), 7503–7513. https://doi.org/10.29303/jppipal.v9i9.3477

Malimunalh, Izzalti, N., & Dwinaltal, AL. (2019). Pengembalngaln Lembalr Kerjal Pesertal Didik Berbalsis Reallistic Malthemaltics Educaltion dengaln Konteks Kemalritimaln untuk Pesertal Didik SMAL Kelals




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i1.6133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.