Analisis kesalahan siswa berbakat matematika dalam menyelesaikan soal transformasi geometri berdasarkan kriteria Watson

Adysti Niken Febrianti, Sardulo Gembong, Sri Tanjung Handayani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar siswa masih banyak mengalami kesalahan-kesalahan dalam proses menyelesaikan soal cerita matematika, kesalahan-kesalahan tersebut dijumpai pada pekerjaan siswa berbakat matematika di kelas di mana kegiatan pengamatan berlangsung. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa beserta faktor penyebabnya berdasarkan kriteria Watson dalam menyelesaikan soal cerita transformasi geometri pada siswa berbakat matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa berbakat matematika kelas IX SMP Negeri 6 Madiun, subjek diambil sebanyak 3 siswa ditinjau dari hasil belajar matematika pada materi transformasi geometri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes (soal cerita) dan wawancara. Teknik analisis data meliputi proses pemeriksaan jawaban siswa, selanjutnya dilakukan penyajian data menggunakan tabel dan narasi, lalu penarikan kesimpulan. Dari analisis diperoleh hasil, pada soal 1 siswa paling banyak mengalami kesalahan prosedur tidak tepat, masalah hirarki keterampilan, dan kesalahan selain ketujuh kategori (above other/ao), sedangkan pada soal 2 siswa paling banyak mengalami kesalahan data tidak tepat, kesimpulan hilang, dan manipulasi tidak langsung. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan salah satunya adalah siswa kurang menguasai materi yang bersangkutan dengan soal dan siswa tidak menyadai kesalahannya karena siswa bingung dengan rumus awal, serta siswa tidak bisa menjelaskan dari mana perolehan data tersebut, sehingga cenderung langsung menuliskan jawabannya. Dampak hasil penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan guru dalam merancang pembelajaran yang dapat meminimalisir kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita.

Keywords


kesalahan siswa; kriteria watson; transformasi geometri

Full Text:

PDF

References


Afri, L. D., & Lestari, N. (2021). Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal materi sistem persamaan linear dengan metode eliminasi gauss-jordan. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 165–177. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2.3576

Anggarsih, D., Supriyono, & Yuzianah, D. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal garis dan sudut berdasarkan kriteria watson. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 84–97. https://ejournal.unitaspalembang.com/index.php/nabla

Dedi, P., & Hajerina. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan berdasarkan kriteria watson. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 61-23–32.

Dewi, A. S., Tayeb, T., Suharti, S., & Yuliany, N. (2023). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal aljabar berdasarkan kriteria watson di kelas VII. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2285–2299. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5593

Dina Maf’ula, D. M. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal transformasi geometri berdasarkan kriteria watson. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, 5(1), 96. https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.216

Evriyanti, I., Yuniawatika, & Madyono, S. (2020). Errors analysis resolving problems story based on watson’s error category a student in the 4 th class of elementary school . 487(Ecpe), 115–121. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.022

Fitra, R. (2020). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pemodelan matematika sederhana. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 8, 1–7. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/590

Giovanni, L. D. ., Parta, I. ., Susanto, H., & Anwar, L. (2023). Analisis kesalahan siswa berbakat matematika dalam memecahkan masalah transformasi geometri berdasarkan langkah polya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1039–1049. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6653

Hariyani, S., Aisyah, F. N. K., & Dinullah, R. N. I. (2019). Analisis kesalahan penyelesaian soal cerita berdasarkan kriteria watson. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 11–22. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.11-22

Hasna, Q. A.-A., Handayani, A. D., & Hima, L. R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Polya Pada Materi Transformasi Geometri. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 338–345. https://www.researchgate.net/publication/336277234

Hidayat, D. W., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan. Jurnal Analisa, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4120

Irawati. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dengan kriteria watson dan gaya belajar siswa kelas VIII MTSN PAREPARE (Issue 8.5.2017) [Institut Agama Islam Negeri Parepare]. http://repository.iainpare.ac.id/4155/

Kulsum, S. I., Wijaya, T. T., Hidayat, W., & Kumala, J. (2019). Analysis on high school students’ mathematical creative thinking skills on the topic of sets. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 431–436. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.128

Listiana, A. D., & Sutriyono. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan bagi siswa kelas vii smp semester i tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 60–65.

Mulia Suryani, Lucky Heriyanti Jufri, & Firdaus. (2021). Kesalahan peserta didik menyelesaikan soal cerita pada materi matriks berdasarkan kriteria watson. Inomatika, 3(2), 127–137. https://doi.org/10.35438/inomatika.v3i2.253

Nabilah, A., Setiawan, T. ., Safrida, L. ., Sugiarti, T., & Murtikusuma, R. (2023). Analisis kesalahan fong siswa tipe reflektif dalam penyelesaian transformasi geometeri. Repository.Unej.Ac.Id, 5(2). https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/115722

Nurfalah, I. A., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa kelas xi smk dalam menyelesaikan soal pada materi fungsi. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 31–43. https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i1.1795

Putri, S. M. (2019). Identifikasi kesalahan siswa berdasarkan newman dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan kuadrat tingkat sekolah menengah pertama. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 4(1), 21. https://doi.org/10.24269/silogisme.v4i1.1368

Sari, S. J., & Yuwono, T. (2020). Kesalahan siswa dalam mengerjakan soal sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kriteria watson. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 219–228. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.219-228

Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal logaritma menggunakan tahapan kesalahan kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507

Wardani, N., & Firmansyah, D. (2019). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan kriteria watson. Sesiomadika, 17–29.




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i1.6151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.