Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita aljabar ditinjau dari gender

Syaiful Huda, Abdul Mujib, Sendi Ramdhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gender dalam menyelesaikan soal cerita aljabar. Metode penelitian dengan penelitian kombinasi (mixed methods) dengan desain the sequential explanatory design. Penelitian dilakukan di 4 satuan pendidikan dengan jumlah responden 127 siswa. Instrumen penelitian berupa tes uraian dan wawacara. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan kemampuan penalaran matematis antara siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaian soal cerita aljabar. Sedangkan siswa laki-laki dan siswa perempuan mampu dalam mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematis, menemukan pola matematika untuk membuat generalisasi, memeriksa keabsahan/validasi dugaan, dan menarik kesimpulan dari pernyataan. Siswa laki-laki dan perempuan dalam melakukan penalaran matematis cenderung menggunakan penalaran deduktif.

Keywords


Aljabar; Gender; Kemampuan Penalaran Matematis

Full Text:

PDF

References


Agoestanto, A., Yuda, O., Priyanto, S., & Eko, B. (2018). The effectiveness of auditory intellectually repetition learning aided by questions box towards students’ mathematical reasoning ability grade XI SMA 2 Pati. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i1.15828

Amaliyah, R. A., Arifin, S., & Aprianti. (2022). Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Eduscience (JES), 9(3), 759–771.

Bahri, S., Santosa, F. H., Kurniawati, K. R. A., & Negara, H. R. P. (2021). Kemampuan penalaran matematis mahasiswa berdasarkan variasi gender dan self-efficacy matematis. Journal of Didactic Mathematics, 2(3), 134–141. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i3.1047

Basir, W., Kristiawati, & Usman, M, R. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 17–26. http://digilib.uinsgd.ac.id/37392/

Chukwuyenum, A. N. (2013). Impact of Critical thinking on Performance in Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 3(5), 18–25. https://doi.org/10.9790/7388-0351825

Creswell. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE Publications, Inc.

Dewi, I, M. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematik Materi Aritmatika Sosial Kelas VII di Mts Negeri Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Elçi, A. N. (2017). Students’ Attitudes towards Mathematics and the Impacts of Mathematics Teachers’ Approaches on It. Acta Didactica Napocensia, 10(2), 99–108. https://doi.org/10.24193/adn.10.2.8

Gunur, B., & Ramda, H. (2020). Model Problem Based Learning Dan Prespektif Gender Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Numeracy, 7(1), 65–78. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1000

Hariyanti, & Khotimah, R. P. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Perbedaan Gender Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bendosari. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 681–692. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.681-692

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses Penalaran Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 5–17.

Iswanto, A., Putri, Cinthia, V., Rizkia, Putri, A., Faradillah, A., & Hadi, W. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Menyelesaikan Matematika Berdasarkan Gender Dan Geogebra. Jurnal GeoGebra Indonesia, 2(1), 37–51.

Permendikbud Nomor 64, 1 Kemdikbud 58 (2013). https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud64-2013StandarIsi.pdf

Kurniawati, A., & Ramlah. (2021). Studi kasus kemampuan penalaran matematis siswa. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 130–138.

Kusumaningtyas, N., Parta, I. N., & Susanto, H. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 107–119. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1019

Masek, A., & Yamin, S. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability: A Theoretical and Empirical Review. International Review of Social Sciences and Humanities, 2(1), 215–221. www.irssh.com

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In Reston (Vol. 4, Issue 1).

Nuralam, & Maulidayani. (2020). Capaian Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Model Air. Numeracy, 7(1), 35–48. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.997

Nurjanah, S., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Smp Kelas VIII Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Journal On Education, 1(2), 372–381.

OECD. (2022). Survey International Program for International Student Assessment (PISA).

Oktavia, S., & Zainudin, M. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Konsep Diri Siswa SMP Ditinjau Dari Gender. J’THOMS (Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science), 1(2), 43–49.

Permendiknas Nomor 22, (2006).

Prajono, R., Rahmat, R., Maryanti, E., & Salim, S. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa ditinjau dari Gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 208. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.3641

Putri, Adiastuty, Junaidi, & Masrukan. (2022). Pengaruh Gaya Kognitif dan Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 756–764.

Putri, R. C., Husna, A., & Amelia, F. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar ditinjau dari Gender di Kelas VIII SMP IT El Yasin Batam. Cahaya Pendidikan, 7(2), 115–122. https://doi.org/10.33373/chypend.v7i2.3795

Salmina, M., & Nisa, K. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender Pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy, 5(1), 41–48. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00168151

Sari, N. R. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Pythagoras, 4(2), 12–18.

Supardi, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Logaritma Untuk Siswa Kelas X Akuntansi SMK Permata Harapan Batam. Universitas Riau Kepulauan.

Suparman, S., Jupri, A., Musdi, E., Amalita, N., Tamur, M., & Chen, J. (2021). Male and female students’ mathematical reasoning skills in solving trigonometry problems. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 14(1), 34–52. https://doi.org/10.20414/betajtm.v14i1.441

Wau, A., Harefa, D., & Sarumaha, R. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Barisan Dan Deret Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Toma. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Yustitia, V. (2017). Profil Kemampuan Penalaran Mahasiswa Pgsd Unipa Surabaya Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 117. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2133




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i1.6160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.