Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita aljabar ditinjau dari gender
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agoestanto, A., Yuda, O., Priyanto, S., & Eko, B. (2018). The effectiveness of auditory intellectually repetition learning aided by questions box towards students’ mathematical reasoning ability grade XI SMA 2 Pati. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i1.15828
Amaliyah, R. A., Arifin, S., & Aprianti. (2022). Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Eduscience (JES), 9(3), 759–771.
Bahri, S., Santosa, F. H., Kurniawati, K. R. A., & Negara, H. R. P. (2021). Kemampuan penalaran matematis mahasiswa berdasarkan variasi gender dan self-efficacy matematis. Journal of Didactic Mathematics, 2(3), 134–141. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i3.1047
Basir, W., Kristiawati, & Usman, M, R. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 17–26. http://digilib.uinsgd.ac.id/37392/
Chukwuyenum, A. N. (2013). Impact of Critical thinking on Performance in Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 3(5), 18–25. https://doi.org/10.9790/7388-0351825
Creswell. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE Publications, Inc.
Dewi, I, M. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematik Materi Aritmatika Sosial Kelas VII di Mts Negeri Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Elçi, A. N. (2017). Students’ Attitudes towards Mathematics and the Impacts of Mathematics Teachers’ Approaches on It. Acta Didactica Napocensia, 10(2), 99–108. https://doi.org/10.24193/adn.10.2.8
Gunur, B., & Ramda, H. (2020). Model Problem Based Learning Dan Prespektif Gender Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Numeracy, 7(1), 65–78. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1000
Hariyanti, & Khotimah, R. P. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Perbedaan Gender Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bendosari. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 681–692. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.681-692
Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses Penalaran Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 5–17.
Iswanto, A., Putri, Cinthia, V., Rizkia, Putri, A., Faradillah, A., & Hadi, W. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Menyelesaikan Matematika Berdasarkan Gender Dan Geogebra. Jurnal GeoGebra Indonesia, 2(1), 37–51.
Permendikbud Nomor 64, 1 Kemdikbud 58 (2013). https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud64-2013StandarIsi.pdf
Kurniawati, A., & Ramlah. (2021). Studi kasus kemampuan penalaran matematis siswa. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 130–138.
Kusumaningtyas, N., Parta, I. N., & Susanto, H. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 107–119. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1019
Masek, A., & Yamin, S. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability: A Theoretical and Empirical Review. International Review of Social Sciences and Humanities, 2(1), 215–221. www.irssh.com
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In Reston (Vol. 4, Issue 1).
Nuralam, & Maulidayani. (2020). Capaian Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Model Air. Numeracy, 7(1), 35–48. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.997
Nurjanah, S., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Smp Kelas VIII Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Journal On Education, 1(2), 372–381.
OECD. (2022). Survey International Program for International Student Assessment (PISA).
Oktavia, S., & Zainudin, M. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Konsep Diri Siswa SMP Ditinjau Dari Gender. J’THOMS (Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science), 1(2), 43–49.
Permendiknas Nomor 22, (2006).
Prajono, R., Rahmat, R., Maryanti, E., & Salim, S. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa ditinjau dari Gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 208. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.3641
Putri, Adiastuty, Junaidi, & Masrukan. (2022). Pengaruh Gaya Kognitif dan Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 756–764.
Putri, R. C., Husna, A., & Amelia, F. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar ditinjau dari Gender di Kelas VIII SMP IT El Yasin Batam. Cahaya Pendidikan, 7(2), 115–122. https://doi.org/10.33373/chypend.v7i2.3795
Salmina, M., & Nisa, K. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender Pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy, 5(1), 41–48. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00168151
Sari, N. R. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Pythagoras, 4(2), 12–18.
Supardi, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Logaritma Untuk Siswa Kelas X Akuntansi SMK Permata Harapan Batam. Universitas Riau Kepulauan.
Suparman, S., Jupri, A., Musdi, E., Amalita, N., Tamur, M., & Chen, J. (2021). Male and female students’ mathematical reasoning skills in solving trigonometry problems. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 14(1), 34–52. https://doi.org/10.20414/betajtm.v14i1.441
Wau, A., Harefa, D., & Sarumaha, R. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Barisan Dan Deret Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Toma. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Yustitia, V. (2017). Profil Kemampuan Penalaran Mahasiswa Pgsd Unipa Surabaya Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 117. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2133
DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i1.6160
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.