Penerapan Model Pembelajaran ARCS dan Active Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa

Yudhi Hanggara, Irwan Juniman Zendato

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran Active Learning. (2) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. (3) Interaksi antara model pembelajaran (ARCS dan Active Learning) dengan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 2 Batam tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diperoleh kelas X Akutansi-2 sebagai kelas eksperimen-1 dan kelas X Akutansi-4 sebagai kelas eksperimen-2. Instrumen pada penelitian ini adalah tes dan angket Uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji Homogenitas dengan metode Bartlett. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran Active Learning. (2) terdapat perbedaan hasil belajar metematika antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa.

Kata Kunci: ARCS, Active Learning, motivasi belajar, hasil belajar matematika

 

Abstract. This study aims to determine: (1) The difference in learning outcomes of student who study mathematics using ARCS learning model with Active learning model. (2) The difference in mathematics learning outcomes in student who have hight, medium and low motivation. (3) Interaction between learning model (ARCS and Active Learning) with student learning motivation. This research is quasi-experimental study with factorial design 2 x 3. The population in this research is all of students class X SMKN 2 Batam with academic year 2016/2017. The Sample in this research from class X accountant-2 is used as sampling for 1st experiment and class X accountant-4 for 2nd experiment. Instrument of research are mathematics achievement test and questionnaire student motivation. The test requirement is normality test using Lilliefors method and homogeneity test using Bartlett method. Hypothesis testing in this study uses two-way analisis of variance with defferent cells. Conclusion in this study: (1) there is no difference between student math result between ARCS learning model with Active learning model. (2) there is difference between result of student math between learning high motivation with low motivation. (3) there is no interaction between the learning model with student motivation.

Keywords: ARCS, Active Learning, Motivation learning, Study of Math

Full Text:

PDF

References


Anisatul Farida. (2016). Penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) pada Mata Kuliah Matematika Diskrit Di Program Studi Teknik Informatika STMIK Duta Bangsa. Jurnal Universitas Politeknik Indonusa Surakarta. Diambil pada tanggal 28 Oktober 2016, dari

http://www.poltekindonusa.ac.id/wp-content/uploads/2016/05/Vol-1-5-2015-PENERAPAN-MODEL-PEMBELAJARAN-ARCS-Anisatul Farida.pdf

Eko Putro Widoyoko. (2012). Teknik Penyususnan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ginting, A. (2010). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Oemar Hamalik.(2014). Kurikulum dan Pembelajaran Edisi.1, Cetakan 14. Jakarta: Bumi Aksara.

Silberman, M.L. (2013). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif Edisi Revisi. Bandung: Nuansa Cendekia.

Zeyn,C.V, dkk. (Maret 2014). Penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dan Alat Peraga Komponen Bangunan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TGB A SMK Negeri 2 Sukoharjo. Jurnal Elektronik Pendidikan matematika, Volume 01. Diambil pada tanggal 01 November 2016 dari

http://download.portalgaruda.org./articel/index.phpview/3111/2246

Zulfira, I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran ARCS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Labschool Universitas Tadulako pada Materi Sudut-sudut Segitiga. Jurnal Elektronik Pendidikan matematika, Volume 01. Diambil pada tanggal 01 November 2016 dari

http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/3221/2276




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i1.617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.