Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMA

Welta Welta, Suryo Hartanto, Hermansah Hermansah

Abstract


Kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMAS Bodhi Dharma masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMA. Jenis penelitian ini kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI sejumlah 70 siswa dan sebagian siswa kelas XII sejumlah 30 siswa. Pengambilan sampel memakai cluster random sampling. Instrumen telah diuji serta dinyatakan valid dengan nilai dan reliabel dengan kriteria signifikansi Cronbach’s Alpha . Analisis data memakai One Sample t-test serta Independent Sample t-test. Hasil analisis memperlihatkan jika: (1) Terdapat efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (2) Tidak terdapat efektivitas model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (3) Terdapat perbedaan antara model pembelajaran problem based learning berbantuan media pembelajaran interaktif dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Ayunita, D. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Statistika Terapan, October. https://www.researchgate.net/publication/328600462 Modul Uji Validitas dan Reliabilitas

Azizah, A. N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pengembangan Media Pembelajaran AL-Ahya, 01(01), 219–232.

Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 02(01), 103–112.

Dwi Ikasari, & Firmansyah, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKPD) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di MTs. Lab Ikip Al-Washliyah Medan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(1), 55–65. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i1.5882

Henri. (2018). Model, Pembelajaran, dan Model Pembelajaran (Issue December). http://repository.unpas.ac.id/37102/3/BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Hermansah, H. (2017). Uji Rata-Rata Satu Sampel Menggunakan R Untuk Mengetahui Pengaruh Model Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Analisis Vektor. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 161–166. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.915

Ketut Widiartha. (2022). Pelajaran, M., & Wajib, M. (2022). Lampiran 2. Tes Soal Matematika Materi Barisan Dan Deret Aritmatika.

MPOC, lia dwi jayanti, & Brier, J. (2020). Malaysian Palm Oil Council (MPOC), 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry.

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78–83.

Priyanti, N. M. I., & Nurhayati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(1), 5–24.

Salshabella, D. C., Pujiati, P., & Rahmawati, F. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Akuntansi. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 5(1), 35–43. https://doi.org/10.23960/e3j/v5i1.35-43

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Terhadap. Jurnal Pendidikan Mosharafa, 5(1), 1–10.

Syadran, N., Hartanto, S., Hasibuan, N. H., Studi, P., Matematika, P., Kepulauan, U. R., & Riau-indonesia, K. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMAN 5 BATAM. 12(2), 209–219.

Utami, A. (2019). Bab Ii Kajian Teori Dan Kerangka Pemikiran - Repo Unpas. Repository.Unpas.Ac.Id, 10–44. http://repository.unpas.ac.id/43291/3/BAB II.pdf

Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4369

Wirevenska, I., Mardiati, M., & Listiana, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbi) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Jurnal Serunai Matematika, 12(2), 76–82. https://doi.org/10.37755/jsm.v12i2.309.




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i2.6173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.