Penerapan problem based learning dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas X
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.18707
Gusnita, G., Melisa, M., & Delyana, H. (2021). Kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif TPSq. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 286–296. https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.645
Izzati, N., Maritim, U., & Ali, R. (2017). Penerapan PMR pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP. Jurnal Kiprah, 5(2), 30–49.
Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi, M. (2018). Perbandingan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Think Pair Share (TPS) berbantuan modul ajar terhadap kemandirian dan hasil belajar rancang bangun jaringan. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 80–85. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85
Kusumowardani, D., Wijayanti, A., & Prayito, M. (2023). Profil kemandirian belajar peserta didik kelas V SDN Panggung Lor. Masaliq, 3(6), 1215–1224. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i6.1781
Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14949
Lestari, P. D., & Hendikawati, P. (2016). Keefektifam model Problem-Based Learning dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik kelas VII. Unnes Journal of Mathhematics Education, 5(2), 146–153.
Maswekan, B., Setiana, D. S., & Irfan, M. (2022). Analisis kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika selama pembelajaran jarak jauh di SMP. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 57–65.
Novia, H., & Hidayat, F. (2019). Hubungan kemandirian terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di kelas X SMK Kota Cimahi. Journal on Education, 1(02), 1–8. https://media.neliti.com/media/publications/270114-hubungan-kemandirian-terhadap-hasil-bela-b7065fae.pdf
Novitasari, Amran, M., & Syahrani, S. (2021). Penerapan model PBL untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas V SDN Panyikkokang II. Pinisi: Journal of Teacher Professional, 3(17), 102–106. https://ojs.unm.ac.id/TPJ
Nst, F. U., Syahputra, E., & Mulyono, M. (2023). Pengembangan model pembelajaran problem based learning berbantuan macromedia flash secara interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa SMA Negeri 1 Binjai. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 728–739. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2130
Nurhayati, S., Astuti, E. P., & Darmono, P. B. (2022). Peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui metode resitasi pada siswa SMA. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 165–173. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4473
Riyanti, Y., Wahyudi, W., & Suhartono, S. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 1363–1369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528
Setyowati, K., Arifin, I., & Juharyanto. (2022). Kisi-kisi dan prinsip-prinsip profil pelajar pancasila. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS), 1(5), 1–8. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3333/1876
Simatupang, J. (2023). Meningkatkan kemandirian belajar siswa beragama katolik mencapai hasil belajar fase F dengan model PBL. Semnaspa, 4(2), 788–802.
Solikhin, M., Seno, A. A., & Utami, B. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi dalam model problem based learning terintegrasi role play untuk melatihkan berpikir kritis peserta didik. Proceeding Biology Education Conference, 20(1), 54–60. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/82558%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/82558/43467
Suparman, M. N, Yusnadi, Y., & Said, H. (2023). Peningkatan kemandirian belajar siswa Sekolah Dasar melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Global Journal Teaching Professional, 2(4), 537–549. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp
Supriyantoko, I., Rusmono, R., & Sastrawijaya, Y. (2022). Pengaruh model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar admnistrasi sistem jaringan siswa SMKN 7 Jakarta. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 4(1), 8–17. https://doi.org/10.26740/jvte.v4n1.p8-17
Tyas, F. K., Muntholib, M., & Purwaningtyas, D. (2023). Pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning ( PBL ) berbasis game “meet the right couple” terhadap motivasi belajar siswa pada materi elektrokimia. Junal Beta Kimia, 3(1), 86–93.
Wulandari, E. (2022). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Arjosari Pacitan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 76–86.
DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i2.6356
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.