Penerapan problem based learning dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas X

Fafria Fari Hastuti, Mohamad Waluyo, Sumadi Sumadi

Abstract


Penelitian ini didorong oleh adanya kesulitan belajar yang masih dihadapi oleh peserta didik, terutama kurangnya kemandirian belajar selama proses pembelajaran matematika di kelas. Tujuan penelitian yang ingin dilakukan oleh penulis adalah untuk menerapkan model PBL dalam pembelajaran matematika guna meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sukoharjo, khususnya kelas X-3 dengan 36 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart untuk desain penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, angket, dan wawancara, dengan sumber data utama berupa angket. Data kuesioner dianalisis menggunakan skala Likert, sementara data dari observasi dan wawancara dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ditunjukkan dengan rataan pencapaian skor aspek kemandirian belajar di setiap siklus dari kegiatan yang berlangsung. Pencapaian rata-rata capaian skor aspek kemandirian belajar peserta didik menunjukkan bahwa pada awalnya berada dalam kategori cukup baik, dengan rata-rata skor sebesar 66,37% pada tahap prasiklus. Setelah diterapkan model PBL, kemandirian belajar meningkat menjadi 72,09% pada siklus I dan mencapai 80,70% pada siklus II. Secara keseluruhan, ≥75% peserta didik mencapai kategori baik dalam kemandirian belajar, dan ≥75% peserta didik juga mencapai kategori baik untuk setiap indikator kemandirian belajar. Dengan demikian, penelitian menyimpulkan bahwa model PBL efektif meningkatkan kemandirian belajar peserta didik.

Keywords


kemandirian belajar, matematika, problem based learning

Full Text:

PDF

References


Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.18707

Gusnita, G., Melisa, M., & Delyana, H. (2021). Kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif TPSq. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 286–296. https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.645

Izzati, N., Maritim, U., & Ali, R. (2017). Penerapan PMR pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP. Jurnal Kiprah, 5(2), 30–49.

Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi, M. (2018). Perbandingan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Think Pair Share (TPS) berbantuan modul ajar terhadap kemandirian dan hasil belajar rancang bangun jaringan. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 80–85. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85

Kusumowardani, D., Wijayanti, A., & Prayito, M. (2023). Profil kemandirian belajar peserta didik kelas V SDN Panggung Lor. Masaliq, 3(6), 1215–1224. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i6.1781

Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14949

Lestari, P. D., & Hendikawati, P. (2016). Keefektifam model Problem-Based Learning dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik kelas VII. Unnes Journal of Mathhematics Education, 5(2), 146–153.

Maswekan, B., Setiana, D. S., & Irfan, M. (2022). Analisis kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika selama pembelajaran jarak jauh di SMP. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 57–65.

Novia, H., & Hidayat, F. (2019). Hubungan kemandirian terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di kelas X SMK Kota Cimahi. Journal on Education, 1(02), 1–8. https://media.neliti.com/media/publications/270114-hubungan-kemandirian-terhadap-hasil-bela-b7065fae.pdf

Novitasari, Amran, M., & Syahrani, S. (2021). Penerapan model PBL untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas V SDN Panyikkokang II. Pinisi: Journal of Teacher Professional, 3(17), 102–106. https://ojs.unm.ac.id/TPJ

Nst, F. U., Syahputra, E., & Mulyono, M. (2023). Pengembangan model pembelajaran problem based learning berbantuan macromedia flash secara interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa SMA Negeri 1 Binjai. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 728–739. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2130

Nurhayati, S., Astuti, E. P., & Darmono, P. B. (2022). Peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui metode resitasi pada siswa SMA. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 165–173. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4473

Riyanti, Y., Wahyudi, W., & Suhartono, S. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 1363–1369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528

Setyowati, K., Arifin, I., & Juharyanto. (2022). Kisi-kisi dan prinsip-prinsip profil pelajar pancasila. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS), 1(5), 1–8. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3333/1876

Simatupang, J. (2023). Meningkatkan kemandirian belajar siswa beragama katolik mencapai hasil belajar fase F dengan model PBL. Semnaspa, 4(2), 788–802.

Solikhin, M., Seno, A. A., & Utami, B. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi dalam model problem based learning terintegrasi role play untuk melatihkan berpikir kritis peserta didik. Proceeding Biology Education Conference, 20(1), 54–60. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/82558%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/82558/43467

Suparman, M. N, Yusnadi, Y., & Said, H. (2023). Peningkatan kemandirian belajar siswa Sekolah Dasar melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Global Journal Teaching Professional, 2(4), 537–549. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp

Supriyantoko, I., Rusmono, R., & Sastrawijaya, Y. (2022). Pengaruh model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar admnistrasi sistem jaringan siswa SMKN 7 Jakarta. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 4(1), 8–17. https://doi.org/10.26740/jvte.v4n1.p8-17

Tyas, F. K., Muntholib, M., & Purwaningtyas, D. (2023). Pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning ( PBL ) berbasis game “meet the right couple” terhadap motivasi belajar siswa pada materi elektrokimia. Junal Beta Kimia, 3(1), 86–93.

Wulandari, E. (2022). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Arjosari Pacitan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 76–86.




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i2.6356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.