Keefektifan Model Pembelajaran TGT dengan TST Terhadap Kemampuan Pemecahan Maslaah Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 38 Batam

Misna Hayati, Yesi Gusmania

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Batam. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal pemecahan masalah matematis, hal ini terlihat pada saat pembelajaran matematika. Proses pembelajaran yang digunakan guru masih metode ceramah dan metode diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan tipe Two Stay Two Stray (TSTS) serta perbedaan antara TGT dan TSTS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Batam tahun pelajaran 2015/2016.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen1 dengan TGT dan VIII.B sebagai kelas eksperimen 2 dengan TSTS. Instrument penelitian yaitu tes. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas menggunakan chi kuadrat dan homogenitas menggunakan Uji F dilanjutkan uji hipotesis menggunakan uji-t dua sampel berpasangan, dan uji dua pihak.

Berdasarkan analisis data, didapat pada kelas eksperimen 1 thitung > ttabel  (12,92  > 2,34) sedangkan kelas eksperimen 2 thitung > ttabel  ( 13,167  > 2,290 ). Untuk hipotesis ketiga menggunakan rumus t-test polled variansi (uji dua pihak) dengan hasil bahwa thitung > ttabel (3,139 > 2,000). Maka dapat disimpulkan Model pembelajaran TGT dan TSTS Efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Batam. Dan terdapat perbedaan antara terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan TSTS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Batam Tahun Pelajaran2015/2016.

Kata Kunci : Model Pembelajaran TGT, Model Pembelajaran TSTS, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

ABSTRACT

  This research in by lowering mathematical trouble-shooting ability of student in finishing mathematics problem especially at items of  VIII class SMP Country 38 Batam. This Matter indicate that the student find difficulties in doing mathematical trouble-shooting problem, this matter is seen at the time of mathematics study. Process the study used by teacher still method deliver a lecture and discussion method.

 This research using experiment. Sample of research is 70 students. The sample’s determination using cluster random sampling’s technic. VIII.A as eksperimen 1   by TGT class and VIII.B by TSTS’s Class .The reasearch’s instruments is test. Analysis technic data consist on the test of precondition normality with chi kuadrat and homogeneity with Uji F and continued to hypothesis’s test with paired samplet-test and t-test polled varians.

Based on data analysed using formula paired sample t-test then obtained in experiment’s class 1 thitung > ttabel ( 12,92 > 2,34) and on experiment’s class 2 thitung>ttabel ( 13,167  > 2,290 ).So the conclusion learning model TGT and TSTS is effective on Solve Problem’s Ability Students Class VIII Public Junior High School 38 Batam. And there’s a difference on learning model effectiveness cooperative type TGT and TSTS on Solve Problem’s Ability Students Class VIII on study operation of algebra Public Junior High School 38 Batam School Year 2015/2016.

 

Keyword : Learning Model TGT, Learning Model TSTS, Solving’s Problem

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Huda, M. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Lubis .2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.

Shelvia Sely. 2015. Pengaruh Model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Siregar, S. 2013. Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i1.637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.