Lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika jajanan tradisional materi bangun ruang sisi lengkung
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfira, N. I., & Azmi, R. D. (2024). Pengembangan E-LKPD dengan pendekatan Realistic Mathematics Education menggunakan software articulate storyline 3 pada materi trigonometri kelas X SMA. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1).
Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Andriono, R. (2021). Analisis peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).
Aryani, F., & Hiltrimartin, C. (2013). Pengembangan LKS untuk metode penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 18 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 5(2).
Atika, N., & MZ, Z. A. (2016). Pengembangan LKS berbasis pendekatan RME untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2).
Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Bahan ajar matematika berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta. Aksioma, 18(1).
Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika pada permainan dengklaq sebagai media pembelajaran matematika. AKSIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3).
Latifah, S., Setiawati, E., & Basith, A. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berorientasi nilai-nilai agama islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1).
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis bahan ajar. NUSANTARA, 2(2).
Meidawati, Y. (2014). Pengaruh pendekatan pembelajaran inkuiri tebimbing terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2).
Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.
Nariswari, S. A., Himmah, W. I., & Istiqlal, M. (2023). Eksplorasi etnomatematika destinasi wisata umbul senjoyo dalam pengembangan matematika SMP materi bangun ruang. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2).
Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS berbasis PMRI menggunakan konteks etnomatematika pada materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 2(2).
Putra, A. P. , & P. D. (2022). Peran etnomatematika dalam konsep dasar pembelajaran matematika. Intersections, 7, 1–9.
Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran: untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.
Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran etnomatematika untuk menurunkan kecemasan matematika. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1).
Vera, T. O., Yulia, P., & Rusliah, N. (2021). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model Problem Based Learning dengan menggunakan soal-soal berbasis budaya lokal. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 9(1).
Wahyuni, A., Tias, & Budiman, S. (2013). Peran etnomatematika dalam membentuk karakter Bangsa. Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 114–118.
Wandari, A., Kamid, & Maison. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi geometri berbasis budaya Jambi untuk meningkatkan kreativitas siswa. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2).
Yulia, P., & Santoso, G. (2022). Praktikalitas dan efektifitas lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2).
DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i2.6383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.