Lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika jajanan tradisional materi bangun ruang sisi lengkung

Ikhwan Rofiq, Muhamad Gani Rohman

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis Research & Development (R&D) dengan tujuan untuk mengembangkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Etnomatematika Jajanan Tradisional materi bangun ruang sisi legkung yang valid, praktis, dan efektif dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa. Pengembangan ini dilakukan karena kurangnya LKPD yang mengangkat kekayaan daerah dalam hal ini jajanan tradisional untuk membantu peserta didik memahami konsep matematika yang bersifat abstrak. Penggembangan dilakukan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilaksanakan di SMPN 3 Suruh, Kabupaten Semarang. Rancangan Pengembangan LKPD kemudian diuji kevalidannya melalui dua validator, yakni validator ahli materi dan validator ahli tampilan. Saran dan masukan dari validator ahli materi dan validator ahli tampilan menjadi bahan untuk perbaikan LKPD sebelum dilakukan uji kepraktisan dan keefektifan. Hasil validasi dari validator kemudian dianalisis dan mendapatkan rata-rata persentase 88,5% dengan kriteria sangat valid. Untuk menguji kepraktisan penggunaan LKPD, diberikan angket respon guru dan peserta didik. Hasil uji kepraktisan, penggunaan LKPD mendapatkan rata-rata persentase 91,74% dimana hasil tersebut menunjukkan kriteria LKPD sangat praktis. Selanjutnya, untuk menguji keefektifan LKPD dalam kaitannya dengan pemahaman konsep peserta didik materi bangun ruang sisi lengkung, dilakukan Paired Sample T-Test pada hasil pretest dan posttest yang diberikan kepada peserta didik. Nilai rata-rata pretest menunjukkan 45,7 sementara nilai rata-rata posttest adalah 82,24. Paired Sample T-Test dengan bantuan SPSS menunjukkan nilai sig. 0,000 yang berarti ada perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis jajanan tradisional yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam upaya peningkatan pemahaman konsep peserta didik.

Keywords


Etnomatematika, LKPD, jajanan tradisional, pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Alfira, N. I., & Azmi, R. D. (2024). Pengembangan E-LKPD dengan pendekatan Realistic Mathematics Education menggunakan software articulate storyline 3 pada materi trigonometri kelas X SMA. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1).

Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Andriono, R. (2021). Analisis peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Aryani, F., & Hiltrimartin, C. (2013). Pengembangan LKS untuk metode penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 18 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 5(2).

Atika, N., & MZ, Z. A. (2016). Pengembangan LKS berbasis pendekatan RME untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2).

Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Bahan ajar matematika berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta. Aksioma, 18(1).

Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika pada permainan dengklaq sebagai media pembelajaran matematika. AKSIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3).

Latifah, S., Setiawati, E., & Basith, A. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berorientasi nilai-nilai agama islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1).

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis bahan ajar. NUSANTARA, 2(2).

Meidawati, Y. (2014). Pengaruh pendekatan pembelajaran inkuiri tebimbing terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2).

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Nariswari, S. A., Himmah, W. I., & Istiqlal, M. (2023). Eksplorasi etnomatematika destinasi wisata umbul senjoyo dalam pengembangan matematika SMP materi bangun ruang. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2).

Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS berbasis PMRI menggunakan konteks etnomatematika pada materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 2(2).

Putra, A. P. , & P. D. (2022). Peran etnomatematika dalam konsep dasar pembelajaran matematika. Intersections, 7, 1–9.

Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran: untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran etnomatematika untuk menurunkan kecemasan matematika. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1).

Vera, T. O., Yulia, P., & Rusliah, N. (2021). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model Problem Based Learning dengan menggunakan soal-soal berbasis budaya lokal. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 9(1).

Wahyuni, A., Tias, & Budiman, S. (2013). Peran etnomatematika dalam membentuk karakter Bangsa. Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 114–118.

Wandari, A., Kamid, & Maison. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi geometri berbasis budaya Jambi untuk meningkatkan kreativitas siswa. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2).

Yulia, P., & Santoso, G. (2022). Praktikalitas dan efektifitas lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2).




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i2.6383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.