Analisis komparasi buku matematika Indonesia dan Singapura pada materi persamaan kuadrat

Adlina Khoerunisa, Nurjanah Nurjanah, Didi Suryadi

Abstract


Kurikulum merupakan salah satu hal utama yang menyebabkan kemampuan matematis peserta didik di Indonesia rendah. Sebuah penelitian memaparkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan diantara output pembelajaran matematika peserta didik dan buku teks yang digunakan. Kita dapat mengetahui kualitas buku teks dalam mengembangkan keterampilan peserta didik dengan membandingkan buku teks antar negara. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif-komparatif dan pendekatan kualitatif. Buku Indonesia yang digunakan adalah buku teks matematika kelas IX yang diterbitkan oleh Kemendikbudristek Indonesia edisi revisi 2018. Buku Singapura yang ditelaah yaitu buku Discovering Mathematics 2A (2nd Edition). Penelitian menunjukkan bahwa buku teks matematika Indonesia dan Singapura memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan buku teks matematika Indonesia adalah tersedianya soal-soal kontekstual yang mengantarkan peserta didik pada pemahaman konsep. Buku teks matematika Singapura lebih memerhatikan tata letak dan cara penyajian hal-hal esensial seperti rumus dan sifat.

Keywords


kurikulum; perbandingan buku teks matematika; persamaan kuadrat

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Rieneka Cipta.

Anggraena, Y. (2016). Guru Pembelajar Modul Matematika SMP: Kelompok Kompetensi D Pedagogik Kurikulum Matematika SMP I. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan: PPPPTK Matematika.

Erbas, A. K., Alacaci, C., & Bulut, M. (2012). A comparison of mathematics textbooks from Turkey, Singapore, and the United States of America. Educational Sciences: Theory and Practice, 12(3), 2324–2330.

Fauziyah, M. E., & Hobri, M. F. (2018). Using problembased learning through blended learning based on JUMPISA problem against students’ mathematical literacy. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(14), 5641–5652.

Fischer, L., Hilton, J., Robinson, T. J., & Wiley, D. A. (2015). A multi-institutional study of the impact of open textbook adoption on the learning outcomes of post-secondary students. Journal of Computing in Higher Education, 27(3), 159–172. https://doi.org/10.1007/s12528-015-9101-x

Gayatri, P., Chen, S., & Sit, H. (2022). A Review on Blended Learning for English Language Teaching in Indonesian Higher Education (pp. 253–277). https://doi.org/10.1007/978-981-16-8329-9_14

Ghaderi, M. (2010). The comparison analysis of the science textbooks and teacher’s guide in Iran with America (science anytime). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 5427–5440. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.886

Hadi, S. (2015). The Mathematics Education Reform Movement in Indonesia. In Selected Regular Lectures from the 12th International Congress on Mathematical Education (pp. 253–267). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-17187-6_15

Hendriyanto, A., Suryadi, D., Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2023). Praxeology review: Comparing Singaporean and Indonesian textbooks in introducing the concept of sets. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(2), em2229. https://doi.org/10.29333/ejmste/12953

Hidaya, Z. Y. P., Laily, I. F., & Ummah, I. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 2(2), 144–156. https://doi.org/10.21580/jieed.v2i2.13058

Huang, Y., Zhou, Y., Wijaya, T. T., Kuang, K., & Zhao, M. (2021). A Comparative Analysis on Algebraic Questions in Chinese and Indonesian textbook. Journal of Physics: Conference Series, 2084(1), 012024. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2084/1/012024

Kaerudin, D. D., Lestari, H. T., & Heryandi, Y. (2023). Analisis Komparasi Buku Teks Matematika Indonesia dan Singapura pada Topik Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 82–95. https://doi.org/10.28918/circle.v3i1.335

Kaur, B. (2019). Evolution of Singapore’s School Mathematics Curriculum (pp. 21–37). https://doi.org/10.1007/978-981-13-6312-2_2

Li, Y. (2000). A Comparison of Problems That Follow Selected Content Presentations in American and Chinese Mathematics Textbooks. Journal for Research in Mathematics Education, 31(2), 234. https://doi.org/10.2307/749754

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Nasutioan. (2008). Teknologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Nathaniela, H., & Esfandiari, N. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Merdeka Belajar, 1(1).

Octavia, R. U. (2016). Pengembangan Buku Teks Kelas V Sekolah Dasar Berbasis Tematik Dengan Model Multiple Games. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(2), 184. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n2.p184-194

Ozdogan, S. (2010). A comparative analysis of perimeter, area and volume topics in the selected sixth, seventh and eighth grades mathematics textbooks from Turkey, Singapore and The United States. Middle East Technical University.

Putri, A. P., Nursalam, & Sulasteri, S. (2014). Pengaruh penguasaan materi prasyarat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sinjai Timur. Jurnal MAPAN : Matematika Dan Pembelajaran, 2(1).

Sa’adah, M. (2019). Studi Komparatif Reformasi Pendidikan di Singapura dan Indonesia. Jurnal Pembangunan Dan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 70–79.

Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin, H. (2018). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1). https://doi.org/10.12973/iejme/3966

Solis, D., & Isoda, M. (2023). Comparing elementary school textbooks of China, Japan, and Malaysia: a praxeological and developmental progression analysis regarding length measurement. Research in Mathematics Education, 25(3), 359–378. https://doi.org/10.1080/14794802.2022.2103022

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Syakrani, A. W., Malik, A., Hasbullah, Budi, M., & Maulidan, M. R. (2022). Sistem Pendidikan di Negara Singapura. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 2(4), 517–527.

Tausiah, H., Rosita, E., Amanillah, S., & Sauri, S. (2019). Analysis of Compiling Textbooks for Developing Reading Skills in Arabic Language. Edutech : Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3).

Yang, D. C., & Lin, Y. C. (2015). Examining the differences of linear systems between Finnish and Taiwanese textbooks. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(6), 1265–1281.




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i2.6467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.