Penerapan model OLMP (Outdoor Learning Mathematics Project) terintegrasi P5 terhadap motivasi belajar siswa

Rima Yulia Larasati, Achmad Buchori

Abstract


Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar adalah motivasi belajar siswa itu sendiri, baik yang berasal dari dalam diri siswa maupun dari lingkungan luar siswa. Outdoor Learning merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Dengan mengaitkan kegiatan Outdoor Learning dengan proyek matemtika diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal inilah yang mendasari penelitian ini. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menilai tingkat motivasi belajar siswa kelas X-9 SMA Negeri 9 Semarang pada materi Statistika. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar yang diberikan kepada 36 siswa. Dari 36 siswa tersebut, hasil angket menunjukkan bahwa 14,29% siswa mempunyai tingkat motivasi belajar cukup rendah, 31,43% siswa mempunyai tingkat motivasi belajar sedang, 48,57% siswa mempunyai tingkat motivasi belajar tinggi, dan 5,71% siswa mempunyai tingkat motivasi belajar sangat tinggi.

Keywords


Motivasi belajar; Pembelajaran di luar kelas; Proyek; Statistika

Full Text:

PDF

References


Afriana, J. (2015). Project based learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Aghe, K. A. E., & Nurming, S. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Outdoor Learning terhadap Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa. 21(2), 148–153.

Ariesandy, K. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas ( Outdoor Learning ) Berbentuk Jelajah Lingkungan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. 15(1), 110–120.

Ayu, V. A. K. (2017). TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA. STUDIES ON VARIATION IN MILK PRODUCTION AND IT’S CONSTITUENTS DURING DIFFERENT SEASON, STAGE OF LACTATION AND PARITY IN GIR COWS M.V.Sc D SURYAM DORA LIVESTOCK, 6–18.

Hikmah, A., Prayitno, A., & Damayanti, N. W. (2020). Penerapan Pembelajaran Outdoor Mathematics Dengan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. 1(1), 10–20.

Hsin-chih, L., Chang, C. C. Y., Fan, Y., & Wu, Y. (2013). The implementation of mobile learning in outdoor education : Application of QR codes. March. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2012.01343.x

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF TENTANG AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Karmila. (2016). PENGARUH PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING BERBASIS. 2(April), 26–32.

Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.

Nisa, J. (2015). OUTDOOR LEARNING SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN IPS DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN. 2(1), 1–11. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1339.Permalink/DOI

Setyowati, D., Qadar, R., & Efwinda, S. (2022). Analisis Motivasi Siswa Berdasarkan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) dalam Pembelajaran Fisika berbasis E-Learning di SMA Se-Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 116–129. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1044

Smeds, P., Jeronen, E. K., Kurppa, S., & Vieraankivi, M. (2011). Rural camp school eco learn – Outdoor education in rural settings. April.

Taluke, D., Lakat, R. S. M., Sembel, A., Mangrove, E., & Bahwa, M. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Spasial, 6(2), 531–540.

Tsaaqib, A., Buchori, A., & Endahwuri, D. (n.d.). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY ( VR ) PADA MATERI TRIGONOMETRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. 7, 11–19.




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i2.6478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.