Pengembangan handout berbasis budaya lokal untuk menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman matematis siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ah-Sanaky, H. 2011. Media Pembelajaran "Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen" Yogyakarta: Kaukaba Dipantara
Aini, E. P., Masykur, R., & Komarudin, K. (2018). Handout Matematika berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 73. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1950
Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78
Amelia, Betti Dian Wahyuni, Dhea Lisa Arianti, & Jessica Adelia Saputri. (2023). Menggali Kearifan Lokal : Etnomatematika Sebagai Cermin Kebudayaan Bengkulu. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(2), 16–19. https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i2.13
Aripin, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p120-127.171
Avval, F. Z., Jarahi, L., Ghazvini, K., & Youssefi, M. (2013). Distribution of Handouts in Undergraduate Class to Create More Effective Educational Environment. International Journal of Education and Research, 1(12), 1–6.
Beatty, Alexandra. 2011. Successful STEM Education: A Workshop Summary. Washington: The National Academic Press.
Halimatusadiah, A. M. A. (2017). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berstrategi REACT terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(3), 203. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v4i3.7766
Ifat Sarifayani, A. A. H. (2022). Development of handout teaching materials with a contextual approach to improve students’ mathematical understanding. International Journal of Education and Humanities, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.58557/ijeh.v2i1.38
Jamil, A. F., Cahyono, H., & Ayu, M. S. (2021). Pengembangan Handout Matematika Bercirikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 48. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3260
Kemendikbudristek. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Kurniastuti, A. T. D., Kusherawati, S. B., & Santoso, D. Y. A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Berdasarkan Aktivitas Fundamental pada Rumah Adat Bubungan Lima Bengkulu. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 320–326.
Lubis, A. N. M. T., & Widada, W. (2020). Kemampuan Problem Solving Siswa melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 127–133.
Nariswari, S. A., Himmah, W. I., & Istiqlal, M. (2023). Eksplorasi etnomatematika destinasi wisata umbul senjoyo dalam pengembangan matematika SMP materi bangun ruang. Jurnal, 12(2), 140–151.
Nurfadlilah, L., Wahid, S., & Misri, M. A. (2022). Pengembangan Handout Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Berdasarkan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Tadris Matematika, 5(1), 123–134. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.2.123-134
Pannen, P. (2010). Pendidikan Sebagai Sistem. Jakarta: Depdiknas.
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahril, R. F., Saragih, S., & Heleni, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Barisan dan Deret untuk Kelas Xi Sma/Ma. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i1.62
Yani, C. F., Maimunah, Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203–214.
DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i2.6540
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.