Pengembangan handout berbasis budaya lokal untuk menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman matematis siswa

Novita Sari, Selvi Riwayati, Kashardi Kashardi

Abstract


Banyak siswa mengalami kesulitan ketika dihadapkan pada materi bangun ruang sisi datar dimana guru memberikan soal latihan yang tidak sama seperti yang diajarkan. Media ajar yang dipakai guru di SMPN 7 Kota Bengkulu berupa buku paket dan lembar kerja siswa (LKS). Dalam aktivitas belajar-mengajar, guru juga memanfaatkan media ajar lain berupa ringkasan materi yang dikenal dengan handout. Akan tetapi, handout tersebut belum menstimulasi kemampuan pemahaman matematis siswa. Disamping itu, dilihat dari sisi tampilan masih monoton dan kurang menawan sehingga pembelajaran menjadi membosankan. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan handout berbasis budaya lokal untuk menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh handout berbasis budaya lokal untuk menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman matematis yang valid dan praktis. Penelitian ini mengacu pada penelitian research and development (R & D) dengan metode pengembangan 4-D (define, design, develop, disseminate) yang dimodifikasi. Proses validasi handout melibatkan 3 tenaga ahli yang expert di bidangnya. Sementara proses kepraktisan dilaksanakan dengan uji coba secara eksklusif yang melibatkan 15 siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini menghasilkan handout valid dan praktis. Uji coba secara eksklusif diperoleh nilai rata-rata 3,92 dengan kategori “Praktis”.

Keywords


budaya lokal, handout, pemahaman matematis

Full Text:

PDF

References


Ah-Sanaky, H. 2011. Media Pembelajaran "Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen" Yogyakarta: Kaukaba Dipantara

Aini, E. P., Masykur, R., & Komarudin, K. (2018). Handout Matematika berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 73. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1950

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78

Amelia, Betti Dian Wahyuni, Dhea Lisa Arianti, & Jessica Adelia Saputri. (2023). Menggali Kearifan Lokal : Etnomatematika Sebagai Cermin Kebudayaan Bengkulu. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(2), 16–19. https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i2.13

Aripin, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p120-127.171

Avval, F. Z., Jarahi, L., Ghazvini, K., & Youssefi, M. (2013). Distribution of Handouts in Undergraduate Class to Create More Effective Educational Environment. International Journal of Education and Research, 1(12), 1–6.

Beatty, Alexandra. 2011. Successful STEM Education: A Workshop Summary. Washington: The National Academic Press.

Halimatusadiah, A. M. A. (2017). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berstrategi REACT terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(3), 203. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v4i3.7766

Ifat Sarifayani, A. A. H. (2022). Development of handout teaching materials with a contextual approach to improve students’ mathematical understanding. International Journal of Education and Humanities, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.58557/ijeh.v2i1.38

Jamil, A. F., Cahyono, H., & Ayu, M. S. (2021). Pengembangan Handout Matematika Bercirikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 48. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3260

Kemendikbudristek. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018

Kurniastuti, A. T. D., Kusherawati, S. B., & Santoso, D. Y. A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Berdasarkan Aktivitas Fundamental pada Rumah Adat Bubungan Lima Bengkulu. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 320–326.

Lubis, A. N. M. T., & Widada, W. (2020). Kemampuan Problem Solving Siswa melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 127–133.

Nariswari, S. A., Himmah, W. I., & Istiqlal, M. (2023). Eksplorasi etnomatematika destinasi wisata umbul senjoyo dalam pengembangan matematika SMP materi bangun ruang. Jurnal, 12(2), 140–151.

Nurfadlilah, L., Wahid, S., & Misri, M. A. (2022). Pengembangan Handout Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Berdasarkan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Tadris Matematika, 5(1), 123–134. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.2.123-134

Pannen, P. (2010). Pendidikan Sebagai Sistem. Jakarta: Depdiknas.

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahril, R. F., Saragih, S., & Heleni, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Barisan dan Deret untuk Kelas Xi Sma/Ma. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i1.62

Yani, C. F., Maimunah, Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203–214.




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i2.6540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.