Efektifitas bahan ajar geometri berbasis modifikasi model project based learning terhadap Kemampuan berpikir kreatif matematis

Putri Yulia, Eline Yanty Putri Nasution

Abstract


Bahan ajar geometri yang tersedia masih belum mewadahi mahasiswa untuk menemukan materi melalui tugas proyek ilmiah, serta masih belum terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas bahan ajar geometri berbasis modifikasi project Based Learning dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Jenis penelitian ini adalah Research and Devepment (R&D) dengan menggunakan model 4-D (define, design, develop, dessiminate). Tahap penelitian ini adalah pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Tahap dalam menentukan efektifitas bahan ajar ini adalah tahapan dessiminate. Subjek dalam penelitian ini dalah seluruh mahasiswa Tadris Matematika IAIN Kerinci yang menempuh mata kuliah Geometri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari 3 pertanyaan. Tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di analisis menggunakan kategori ketuntasan klasikal kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar Geometri berbasis modifikasi model PjBL efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan memperoleh rerata ketuntasan klasikal siswa adalah 61 dengan kategori efektif.

Full Text:

PDF

References


Adhli, A. (2021). Ilmu Pengetahuan dan Teknologo Perkapalan Pada Kisah Nabi Nuh menurut Perspektif Alquran dan Hadis. Al-Mu’tabar, 1(2), 24–37.

Anafarhanah, S. (2015). Peran Ekonomi Islam dalam Dakwah Nabi Muhammad SAW. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 14(28), 1–17.

Andari, T., & Lusiana, R. (2015). Profil kreativitas mahasiswa dalam memecahkan masalah geometri pada materi sistem koordinat ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2).

Delyana, H., Fauzan, A., Armiati, A., Gistituati, N., & Asmar, A. (2021). Pengembangan Modul Statistika Berbasis Project Based Learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2313-2323.

Erdogan, T., et al. (2009). The Effect of the Van Hiele Model Based Instruction on the

Creative Thinking Levels of 6th Grade Primary School Students. Educational

Sciences: Theory & Practice. 9(1): 181-194.

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif matematika pokok bahasan peluang. JURNAL e-DuMath, 3(2).

Fardah, D. K. (2012). Analisis proses dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam matematika melalui tugas open-ended. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 91-99.

Fitriyani, D., & Kania, N. (2019, October). Integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 346-352).

Harahap, T. H., Mushlihuddin, R., & Afifah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 8(1), 377003.

Ikashaum, F., Dewi, K. S., & Wahyuni, L. (2019). Analisis kebutuhan bahan ajar geometri berbantuan aplikasi komputer. Jurnal Komputasi, 7(2).

Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar mata kuliah pengantar profesi guru biologi di pendidikan biologi universitas ahmad dahlan yogyakarta. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 7(2), 96-99.

Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2016). Project-based learning (pp. 317-34). na.

Mariana, S., Yulia, P., & Rusliah, N. (2021). Validitas Lembar Kerja Matematika Siswa Berbasis Contextual Teaching And Learning Dengan Pendidikan Lingkungan. AdMathEdu, 11(2), 165-180.

Maskar, S., & Dewi, P. S. (2020). Praktikalitas dan efektifitas bahan ajar kalkulus berbasis daring berbantuan geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 888-899.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Nada, N. Q., & Yulia, P. (2023). Analisis Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Barisan dan Deret. Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research, 1(02), 18-28.

Nasution, E. Y. P. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah. In Prosiding Seminar Nasional Hari Guru, 230–234.

Nasution, E. Y. P. (2018). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 44–55.

Nasution, E. Y. P., Yulia, P., Anggraini, R. S., Putri, R., & Sari, M. (2021, February). Correlation between mathematical creative thinking ability and mathematical creative thinking disposition in geometry. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1778, No. 1, p. 012001). IOP Publishing.

Nur, S. (2017). Etos Profesionalisme Kerja Para Nabi dalam Al Quran. Jurnal Bimas Islam, 10(1), 65–100.

Octariani, D., & Rambe, I. H. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis project based learning berbantuan software geogebra. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 16–21.

Pendidikan, B. D. dan P. M. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Kemendikbud.

Ramdhani, L., Fauzi, A., & Widia, W. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah geometri ruang. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2).

Rezekiah, P. T., Safitri, I., & Harahap, R. D. (2022). Analisis nilai-nilai karakter mahasiswa program studi pendidikan matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1251-1267

Riduwan, M. B. A. (2003). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: CV Alfabeta)

Santoso, G., Yulia, P., & Rusliah, N. (2020). (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri dan Pengukuran. Pythagoras, 9(2), 165-172.

Sari, D. S., & Wulanda, M. N. (2019). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 20-33.

Siswono, T. Y. E. (2016). Proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan dan mengajukan masalah matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1).

Suma, M. A. (2018). Menggali Akar Mengurai Serat Ekonomi dan Keuangan Islam. Kholam Publishing.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. FPMIPA UPI.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana.

Wardani, S. (2013). Modul Matematika SMP Program Bermutu. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMMS. Kementrian Pendidikan Nasiona.

Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan E-book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314-325.

Wulandari, S., Febrini, D., & Syafri, F. S. (2020). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan pada Materi Himpunan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 206-220.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: pustaka pelajar, 15(1), 1-22.

Yulia, P. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas V SD. In Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1).

Yulia, P., Febriza, E., & Erita, S. (2021). Development Of Etnomathematics Based Flat Building Handouts for Students Class VII SMP: Pengembangan Handout Bangun Datar Berbasis Etnomatematika untuk Siswa Kelas VII SMP. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 207-221.

Yulia, P., & Santoso, G. (2022). Praktikalitas dan Efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 202-212.

Yulia, P., & Nasution, E. Y. P. (2022). The Students' Mathematical Concept Understanding in Introductory Mathematics Course. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 59-70.

Yulia, P., & Nasution, E. Y. P. (2024). Geometry and Islamic Values: Validity of Teaching Materials Based on Modified Project-Based Learning Model. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 113–124. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1980.




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i2.6686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.