Efektivitas local instruction Theory Graf Euler dengan Pendekatan STEM untuk mengembangkan mathematical proficiency mahasiswa

Ria Deswita, Febria Ningsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mathematical proficiency dalam pembelajaran graf euler. Oleh karena itu mathematical proficiency harus dikembangkan. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa mathematical proficiency dalam matakuliah teori graf masih rendah. Sehingga diperlukan sebuah pendekatan pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan mathematical proficiency. Oleh karena itu, perlunya penerapan local instruction theory graf euler dengan pendekatan pembelajaran STEM. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas penerapan local instruction theory graf euler dengan pendekatan pembelajaran STEM dalam mengembangkan mathematical proficiency mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan desain one-shot case study. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Tadris Matematika yang mengontrak matakuliah teori graf yang berjumlah 21 orang. Pemilihan sampel dilakukan secara total sampling, yaitu semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan tes mathematical proficiency dengan instrumen berupa soal tes yang berbentuk uraian. Data dianalisis secara deskriptif kuantitiatif dengan menggunakan kriteria keefektivan secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata mathematical proficiency mahasiswa sebesar 75,09 dengan persentase 75,09%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan local instruction theory graf euler dengan pendekatan pembelajaran STEM efektif mengembangkan mathematical proficiency mahasiswa

Keywords


Graf Euler; Local Instruction Theory; Mathematical Proficiency; Pendekatan STEM

Full Text:

PDF

References


Altarawneh, A. F., & Marei, S. T. (2021). Mathematical Proficiency and Preservice Classroom Teachers’ Instructional Performance. International Journal of Education and Practice, 9(2), 254–264. DOI: 10.18488/journal.61.2021.92.354.364

Andhany, E. (2028). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skills Pada Materi Graf. Jurnal ITTIHAD, 11(1), 20–28.

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Awofala, A.O.A. (2017). Assessing Senior Secondary School Students‟ Mathematical Proficiency as Related to Gender and Performance in Mathematics in Nigeria. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 3(2), 488-502. DOI: 10.21890/ijres.327908

Aziz, T. A. (2021). Eksplorasi Justifikasi dan Rasionalisasi Mahasiswa dalam Konsep Teori Graf. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 40–54. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i2.16526

Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2019). Development of Graph Theory Textbooks to Improve Students’ Mathematical Representation Ability in Discrete Mathematics Subjects. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(02), 64-70. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i02.7635

Duodu, S. B., John, E. H., Amoaddai, S., Gyamfi, M. A., & Ndamenenu, D. K. (2022). Colleges of Education Students’ Mathematics Proficiency: Assessing Strategic Competency and Adaptive Reasoning During Supported Teaching in Schools. International Journal of Innovative Research and Development, 11(3). https://doi.org/10.24940/ijird/2022/v11/i3/mar22030

Fauzan, A., Yerizon, Y., Tasman, F., & Yolanda, R. N. (2020). Pengembangan Local Instructional Theory Pada Topik Pembagian dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(1), 01–09. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/417

Gravemeijer, K. (2004). Local Instruction Theories as Means of Support for Teachers in Reform Mathematics Education. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 105–128. https://doi.org/10.1207/s15327833mtl0602_3

Juandi, D. and Sari, F. (2021). Mathematics Teachers’ Perception About STEM-Based Learning. Prima Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 23. https://doi.org/10.31000/prima.v5i1.2678

Khaerunnisa, E., & Novaliyosi, N. (2018). Identifikasi Kecakapan Matematis Konteks Budaya Banten Pada Mahasiswa Di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3752.

Marfuah, M. and Khikmawati, M. N. (2023). Correlation between stem knowledge and stem teaching practice: a study of mathematics teachers' professional development. Indonesian Journal of Mathematics Education, 6(1), 7-15. https://doi.org/10.31002/ijome.v6i1.558

Nasution, A. A., Lubis, A., & Firdaus, M. (2020). Performa Mahasiswa dalam Menjawab Permasalahan Graf pada Matakuliah Matematika Diskrit. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 295-309. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1068.

Nickerson, S. D., & Whitacre, I. (2010). A Local Instruction Theory for the Development of Number Sense. Mathematical Thinking and Learning, 12(3), 227–252. https://doi.org/10.1080/10986061003689618

Niringiyimana, E. and Maniraho, J. F. (2023). The Impact of Algebra Background on Upper Secondary Students’ Performance in Mathematics: a Case of Study of Ruhango District. Journal of Research Innovation and Implications in Education, 7 (3), 270-286. https://doi.org/10.59765/nfir1835

Rahman, M. S., Juniati, D., & Manuharawati, M. (2022). High School Students' Mathematical Proficiency Based on Mathematics Anxiety and Cognitive Independence. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(10), 3740-3754. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i10.8200

Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Stem: Systematic Literature Review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 149–160. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6914

Rohimah, S. M., Darhim, D., & Juandi, D. (2022). A Local Instructional Theory (LIT) for Teaching Linear Equation Through STEM Instruction. Jurnal Elemen, 8(2), 340–351. https://doi.org/10.29408/jel.v8i2.4727

Rumetna, M. S., et al. (2023). Implementasi Algoritma Depth First Search dalam Penyelesaian Permasalahan Lintasan dan Sirkuit Euler. Jurnal Komtika (Komputasi dan Informatika), 7(1), 12–21. https://doi.org/10.31603/komtika.v7i1.8672

Susanti, E., & Kurniawan, H. (2020). Design Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan STEM ( Science , Technology , Engineering , Mathematics ). AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 37–52. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.5292

Widoyoko, E. P. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Widya, Rifandi, R., & Laila Rahmi, Y. (2019). STEM Education to Fulfil the 21st Century Demand: A Literature Review. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012208




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i1.6777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.