Komik Matematika (KoMa) untuk meningkatkan literasi numerasi pada materi bangun ruang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BatuBara, Y. A., Zetriuslita, Z., Dahlia, A., & Effendi, L. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran E-comic Aritmatika Sosial Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1518
Febriyandani, R., & Kowiyah. (2021). Pengembangan Media Komik Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Universitas Pendidikan Ganesha,4(2),323–330. https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index
Firdaus, D. F., Suripah, S., & Angraini, L. M. (2023). Development of Animated Video-Based Mathematics Learning Media Using Adobe After Effect on The Three-dimensional Material to Improve Mathematical Literacy. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 14(2), 267–279.
Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524
Hutapea, B., Kalsum, U., Fisika, P., & Barat, U. S. (2022). Pembuatan Media Interaktif Literasi Numerasi Berbasis. UNM Online Journal Systems. https://ojs.unm.ac.id/jkm/article/download/39216/19408
Indah, B. P., & Safaruddin. (2022). Pengembangan Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal JPSD, 3(1), 1–8. https://www.researchgate.net/publication/357736152
Jayanti, P., Safitri, N., Putri, A., & Munfarikha, Zu. (2023). Analisis Kebutuhan Belajar Siswa dengan Media Komik dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi. Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 2(1), 32–39.
Kustantina, V. A., Nuryadi, & Marhaeni, N. H. (2022). Efektivitas Komik Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Phytagoras. SUPERMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–17. http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/SM/article/view/722
Lestari, M. W., Rahmadhani, I. N., Huda, M., Na’im, H., Kusuma, R. A., & Munahefi, D. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis Literasi dan Numerasi di SDN 3 Krakitan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3, 88–97. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.88
Ningrum, A. R., Yuliana, R., & Firdaus. (2024). Pengembangan E-Komik Berbasis Literasi Numerasi di Kelas IV Sekolah Dasar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 12(1), 61–68. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i1.13357
Ningrum, N. L., Basir, M. A., & Maharani, H. R. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 9(2), 164–171. https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.19761Nisa, K., Indah, M., Purba, R. R., Ramadani, Y., Erika, J., Marpaung, K., Kholizah, S., Sianturi, A. S., Risdhani, M., Hairani, L., Purba, M. A., Dasar, S., & Ulang, D. (2023). Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa SD Melalui PemanfaatanMedia Pembelajaran Daur Ulang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 152–159. http://jurnal.una.ac.id/index.php/rambate 153
Nurazizah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Stem Untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah Skripsi [Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta]. In Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Vol. 2, Nomor 1). http://www.ifpri.org/themes/gssp/gssp.htm%0Ahttp://files/171/Cardon - 2008 - Coaching d’équipe.pdf%0Ahttp://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/%0A https://doi.org/10.1080/23322039.2017
Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396
Rahma, A. (2024). Pengembangan Media Pelajaran Comic Math Berbantuan Whiteboard Animation Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMPN 9 Sarolangun. Universitas Jambi.
Ramadhani, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar untuk Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika, 7(1), 21–31.
Rismawati, M., Hidayat, M., Saputri, A. S., & Isa, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Materi Bentuk Aljabar Untuk Meningkatkan Literasi Siswa. Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 7(1), 131–138. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i1.3930
Saidah, N., Nurputri, D. R., & Ratnaningsih, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aritmatika Sosial Berbasis Role Playing Game Berbantuan Macromedia Flash Professional 8. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(1), 124–135. https://doi.org/10.46306/lb.v3i1.98
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.
Suripah, S., & Febiola, I. (n.d.). Electronic Module (E-Module) Teaching Materials Through Geogebra Software For Middle School On Flat-Sided Geometric Material. International Journal Of Educational Best Practices, 8(1), 154–171.
Suripah, S., Firdaus, F., & Novilanti, F. R. E. (2022). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Metode Mengajar Dosen Terhadap Prestasi Mahasiswa Terintegrasi Nilai Karakte. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 547–559. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1247
Wanto, S., Okilanda, A., Arisman, Lanos, M., Putra, D., Lestari, H., Awali, M., & Oktariyana. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(2), 46. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340
DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i2.6826
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.