Pengembangan E-LKPD berbasis game edukasi wordwall pada materi luas bangun datar siswa kelas V SD

Yuliana Ratnasari, I Ketut Suastika, Nyamik Rahayu Sesanti

Abstract


Pembelajaran matematika di sekolah dasar masih didominasi oleh penggunaan media pembelajaran konvensional yang kurang interaktif dan cenderung membosankan, sehingga siswa mengalami kesulitan memahami konsep luas bangun datar, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar. Kondisi ini menunjukkan perlunya pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi yang interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Developmentat model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian yaitu siswa/siswi kelas V SDN Lowokwaru 5, Kota Malang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli materi, media, bahasa, angket guru, angket respon siswa dan tes efektivitas. Teknik pengumpulan data meliputi angket, wawancara, dokumentasi, dan tes, yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan validasi ahli materi 84%, ahli media 93% dan ahli bahasa 100%, yang semuanya dengan kategori “layak untuk digunakan”. Angket guru menunjukkan tingkat kepraktisan 100%, sedangkan angket siswa memperoleh persentase 96%, keduanya termasuk kategori “praktis untuk digunakan”. Uji efektivitas E-LKPD menggunakan N-Gain menunjukkan skor rata-rata 0,8, dengan kategori "tinggi" sehingga dikategorikan “efektif untuk digunakan”. Berdasarkan hasil tersebut, E-LKPD berbasis game edukasi Wordwall pada materi luas bangun datar kelas V SD dinilai memenuhi kriteria kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Direkomendasikan untuk mengembangkan media serupa dengan fitur tambahan yang lebih adaptif.

Keywords


E-LKPD, Wordwall, Luas Bangun Datar

References


Alfira, A., Izzati, N., & Azmi, R. D. (2024). Pengembangan E-LKPD dengan pendekatan realistic mathematics education menggunakan software articulate storyline 3 pada materi trigonometri kelas X SMA. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 77–87. https://doi.org/10.33373/pyth.v13i1.6029

Damayanti, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Wordwall Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Iii Mi Almaarif 02 Singosari (Vol. 9).

Dianti, E. P., Oktaviani, T. R., & Amalia, N. S. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Wordwall Web Pada Materi Bentuk Indonesiaku Siswa Kelas V SDN Sentul 04 Kota Blitar. 09.

Fayrus, & Slamet, A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D).

Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). Membangun Pembelajaran Kolaboratif Melalui Kegiatan Bermain Alat Permainan Edukatif. 3(2), 91–102.

Khotimah, S. K., & Yasa, A D, Nita, C. I. R. (2020). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kelas V SD. Prosiding Seminar, 4, 401–408. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/500%0Ahttps://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/download/500/402

Muhsan, R., Hanim, N., & Zuraidah. (2022). Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Prezi Berbasis Metode Problem Solving pada Materi Perubahan Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 10(2), 57–65.

Musyarifah, S. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbantuan Game Edukasi WordWall Pada Materi Limas Untuk Mengeksplor Kemampuan Representatif Peserta Didik. Universitas Siliwangi, 2(1), 55–62. http://repositori.unsil.ac.id/10510/12/11_BAB 1.pdf

Okrul, W., Samiha, Y. T., Asnilawati, Riswanda, J., & Nurokhman, A. (2020). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-Lkpd) Berbasis Multimedia Interaktif Di Lengkapi Education Game. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 3(1), 90–97. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio

Paska, A., Saputro, S., Winanto, A., Wacana, K. S., & Java, C. (2024). The use of Word Wall Learning Media in Science Learning to Improve The Learning Outcomes of Class 5c Students of Elementary School Kutowinangun 01 Salatiga. 10(1), 89–98. https://doi.org/10.33084/tunas.v10i1.9098

R. Septianingsih, D. Safitri, S. S. (2023). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Rahmawati, C. (2024). Pengembangan e-LKPD Menggunakan Web Wordwall Pada Pembelajaran IPA Dalam Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas V SDN Perwira III. 5(5), 1709–1720.

Rusnianti, W. O., Kaimuddin, L. O., & Ashari, I. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 5 Buton. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 120–128.

Sari, N., & Riwayati, S. (2024). Pengembangan Handout Berbasis Budaya Lokal Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. 13(2), 205–215.

Sarman, A. A., Suastika, I. K., & Murniasih, T. R. (2023). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Tadris Matematika, 6(1), 49–66. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.1.49-66

School, G. P. (2024). Rumus Bangun Datar dan Bangun Ruang dan Pengaplikasian dalam Kehidupan Sehari-hari. Harapan Global Mandiri.

Septarini, T. A., Fatih, M., & Alfi, C. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbantuan Wordwall Materi Perubahan Wujud Benda Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3), 983–988. http://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/9469%0Ahttps://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/download/9469/5320

Septia, T., Jannah, M., & Wahyu, R. (2024). Pengembangan Lkpd Berbasis Game Word Wall Materi Statistika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik. J’THOMS (Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science), 4(1), 27–36. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS

Simbolon, S. (2022). Edukatiif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. 4(2), 2510–2515.

Supriadi, G. (2021). Penelitian Pendidikan (Pertama, S). UNY Press. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/3702/1/Buku Statistik Penelitian Pendidikan.pdf

Syahputera, A., Misdalina, M., & Septeiyawan, B. Z. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Materi Bangun Datar SD. Jurnal EduTech, 10(2), 2442–7063.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika SD (Cetakan Pe). Universitas Muhammadyah Malang.

Yeni, E. M. (2021). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10. jfkip.umuslim.ac.id




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i1.7471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.