Metaanalisis efektivitas pembelajaran berbantuan teknologi digital terhadap hasil belajar matematika

Wahyu Heri Setiawan, Sugilar Sugilar, Thesa Kandaga

Abstract


Berbagai studi tentang pembelajaran berbantuan teknologi digital terhadap hasil belajar matematika peserta didik telah diterbitkan dalam publikasi ilmiah. Banyak dari studi ini memiliki hasil yang berbeda. Studi metaanalisis ini dilakukan untuk mengevaluasi dampak keseluruhan dari penerapan pembelajaran berbantuan teknologi digital terhadap hasil belajar peserta didik dan untuk mengidentifikasi tingkat perbedaan yang ada di antara studi. Untuk memastikan studi yang relevan digunakan database Google Cendekia mencakup penelitian ini. Dengan memasukkan kata kunci yang telah ditentukan ke dalam database ini, ditemukan 3.460 artikel yang diterbitkan antara tahun 2015 sampai dengan 2024 yang diperiksa untuk tujuan penelitian. Terdapat 20 artikel memenuhi kriteria inklusi dan layak untuk analisis. Alat bantu analisis digunakan program Jeffreys's Amazing Statistics Program (JASP), dan indeks ukuran efek persamaan Hedges-g yang diperoleh didasarkan pada estimasi model efek acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek penerapan pembelajaran berbantuan teknologi digital terhadap hasil belajar matematika peserta didik adalah 1,474. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbantuan teknologi digital sangat efektif di Indonesia karena memiliki dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Tiga variabel moderator digunakan untuk menilai tingkat variasi penelitian. Hasil menunjukkan bahwa dalam hal tahun penelitian, jenjang sekolah, dan jenis teknologi digital yang digunakan (p>0,05) menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ukuran efek penggunaan pembelajaran berbantuan teknologi digital terhadap hasil belajar matematika peserta didik.

Keywords


Hasil belajar matematika; meta-analisis; moderator; pembelajaran berbantuan teknologi digital

References


Azkia, N. F., Muin, A., & Dimyati, A. (2023). Pengaruh media pembelajaran digital terhadap hasil belajar matematika: metaanalisis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1873–1886. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.18629

Borenstein, M., Hedges, L. V., Higgins, J. P. T., & Rothstein, H. R. (2021). Introduction to Meta-Analysis. Wiley.

Cheung, M. W.-L. (2021). A guide to conducting a meta-analysis with non-independent effect sizes. Neuropsychology Review, 31(3), 61-70. https://doi.org/10.1007/s11065-020-09411-3

Cooper, H. M., Hedges, L. V., & Valentine, J. C. (Eds.). (2019). The handbook of research synthesis and meta-analysis, Third Edition. Russell Sage Foundation.

Díaz-Noguera, M. D., Hervás-Gómez, C., De la Calle-Cabrera, A. M., & López-Meneses, E. (2022). Autonomy, Motivation, and Digital Pedagogy Are Key Factors in the Perceptions of Spanish Higher-Education Students toward Online Learning during the COVID-19 Pandemic. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(2). https://doi.org/10.3390/ijerph19020654

Haji, Saleh. (2019). NCTM’s Principles and Standards for Developing Conceptual Understanding in Mathematics. Journal of Research in Mathematics Trends and Technology, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.32734/jormtt.v1i2.2836

Higgins, J. P. T., & Green, S. (2021). Cochrane Handbook for Systematic Reviews of Interventions. Cochrane.

Jensen, Kathy. (2023). 7 Steps To the Perfect Pico Search Evidence-Based Nursing Practice. EBSCO Health. www.ebsco.com/health-care

Lehrer, Eric J., Wang, Ming., Sun, Yilun., & Zaorsky, Nicholas G. (2023). An Introduction to Meta-Analysis. International Journal of Radiation Oncology Biology Physics, 115(3), 564-571

Li, H., Peng, M. Y. P., Yang, M., & Chen, C. C. (2020). Exploring the Influence of Learning Motivation and Socioeconomic Status on College Students’ Learning Outcomes Using Self-Determination Theory. Frontiers in Psychology, 11(July), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00849

Li, X., Chen, Z., & Wang, Y. (2023). The impact of digital tools on learning outcomes: A meta-analysis. Journal of Educational Technology, 38(1), 45-59. https://doi.org/10.1016/j.edtech.2023.01234

Li, X., Zhang, J., & Yang, J. (2024). The effect of computer self-efficacy on the behavioral intention to use translation technologies among college students: Mediating role of learning motivation and cognitive engagement. Acta Psychologica, 246(February), 104259. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2024.104259

Li, Y., & Singh, C. (2021). Effect of gender, self-efficacy, and interest on perception of the learning environment and outcomes in calculus-based introductory physics courses. Physical Review Physics Education Research, 17(1), 10143. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.17.010143

Lipsey, M. W., & Wilson, D. B. (2021). Practical Meta-Analysis. Sage Publications.

López Martín, Esther & Ardura Martínez, Diego. (2023). The effect size in scientific publication. Educacion XX1, 16(1), 9-17

Maiyana, E., Tarbiyah, F., Islam, U., & Sjech, N. (2023). Metaanalisis : Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Komputer dalam Meningkatkan Hasil Belajar. 7, 30555–30565.

Mhlanga, D., Denhere, V., & Moloi, T. (2022). COVID-19 and the Key Digital Transformation Lessons for Higher Education Institutions in South Africa. Education Sciences, 12(7). https://doi.org/10.3390/educsci12070464

Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). Metaanalisis : Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng , Indonesia Universitas. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851–864. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/3049

Paul, J., & Barari, M. (2022). Meta-analysis and traditional systematic literature reviews—What, why, when, where, and how? Psychology and Marketing, 39(6), 1099–1115. https://doi.org/10.1002/mar.21657

PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. Oecd, 1, 1–9. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

PRISMA Flow Diagram. Diambil 19 September 2024, dari situs World Wide Web: https://www.prisma-statement.org/prisma-2020-flow-diagram

Purnamasari, S., Turmudi, T., & Juandi, D. (2023). Studi Meta-Analisis: Pengaruh Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 16(2), 202. https://doi.org/10.30870/jppm.v16i2.21442

Romi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3019–3026.

Su, Y. S., Cheng, H. W., & Lai, C. F. (2022). Study of Virtual Reality Immersive Technology Enhanced Mathematics Geometry Learning. Frontiers in Psychology, 13(February), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.760418

Wang, C., Chen, X., Yu, T., Liu, Y., & Jing, Y. (2024). Education reform and change driven by digital technology: a bibliometric study from a global perspective. Humanities and Social Sciences Communications, 11(1). https://doi.org/10.1057/s41599-024-02717-y




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i1.7555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.