PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS
Abstract
Abstrak: Kemampuan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah Kemampuan penalaran matematis. Penalaran matematis dirasa cukup penting karena kemampuan ini tertuang dalam tujuan pembelajaran matematika SMA yang berbunyi memperoleh penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa di salah satu SMK di Kota Bandung antara yang memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing dengan yang memperoleh pembelajaran saintifik. Sampel dalam penelitian ini adalah salah satu SMK di Kota Bandung yang dipilih sebanyak 2 kelas yaitu kelas pertama memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing dan kelas kedua memperoleh pembelajaran saintifik. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi ekperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrument tes yang berbentuk uraian dan terdiri dari 5 instrumen. Hasil dari Penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaram penemuan terbimbing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran saintifik.
Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Penemuan Terbimbing.
Full Text:
PDFReferences
BSNP.(2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta
Hake, R. R. (2007). Design-Based Research in Physics Education Research: A Review.[Online].Tersedia:http://www.physics.indiana.edu/~hake/DBRPhysics3.pdf [20 September 2012]
Markaban. (2006). Model pembelajaran matematika dengan penemuan terbimbing. Jogjakarta : Depertemen Pendidikan Nasional
Nasution. (2009). Berbagai Pendekatan dalam Proeses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Shadiq, F. (2009). Kemahiran Matematika. Jogjakarta :Depertemen Pendidikan Nasional.
Sumarmo, Utari. (2013). Berfikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajaranya. UPI Bandung : FPMIPA-UPI
Wahyudin.(2007). Strategi Belajar Mengajar Matematika. UPI Bandung : FPMIPA-UPI
Wahyudin.(2014). Beberapa Konsep Esensial dalam Penelitian. UPI Bandung : FPMIPA-UPI
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.899
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.