PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

Taufik Rahman, Nis Maya

Abstract


Abstrak: Kemampuan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah Kemampuan penalaran matematis.  Penalaran  matematis dirasa cukup penting karena kemampuan ini tertuang dalam tujuan pembelajaran matematika SMA yang berbunyi memperoleh penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa di salah satu SMK di Kota Bandung antara yang memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing dengan yang memperoleh pembelajaran saintifik. Sampel dalam penelitian ini adalah salah satu  SMK di Kota Bandung yang dipilih sebanyak 2 kelas yaitu kelas pertama memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing dan kelas kedua memperoleh pembelajaran saintifik. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi ekperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrument tes yang berbentuk uraian dan terdiri dari 5 instrumen. Hasil dari Penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaram penemuan terbimbing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran saintifik.

Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Penemuan Terbimbing.


Full Text:

PDF

References


BSNP.(2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta

Hake, R. R. (2007). Design-Based Research in Physics Education Research: A Review.[Online].Tersedia:http://www.physics.indiana.edu/~hake/DBRPhysics3.pdf [20 September 2012]

Markaban. (2006). Model pembelajaran matematika dengan penemuan terbimbing. Jogjakarta : Depertemen Pendidikan Nasional

Nasution. (2009). Berbagai Pendekatan dalam Proeses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Shadiq, F. (2009). Kemahiran Matematika. Jogjakarta :Depertemen Pendidikan Nasional.

Sumarmo, Utari. (2013). Berfikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajaranya. UPI Bandung : FPMIPA-UPI

Wahyudin.(2007). Strategi Belajar Mengajar Matematika. UPI Bandung : FPMIPA-UPI

Wahyudin.(2014). Beberapa Konsep Esensial dalam Penelitian. UPI Bandung : FPMIPA-UPI




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.