EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELECTUALLY, AND REPETITION) DAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS BATAMIYAH
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Auditory, Intelectually and Repetition (AIR) dengan model pembelajaran Probing-prompting. (2) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki tingkat kecemasan pada tes matematika panik, berat, sedang dan ringan. (3) Interaksi antara model pembelajaran (AIR dan Probing-prompting) dengan kecemasan siswa pada tes matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2 4. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Batamiyah tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan adalah angket kecemasan pada tes matematika dan tes hasil belajar matematika. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan metode kolmogorov smirnov dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Dengan diperoleh kesimpulan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian diperoleh: (1) Model pembelajaran Auditory, Intelectually and Repetition (AIR) menghasilkan hasil belajar lebih baik dari pada model pembelajaran Probing-prompting. (2) Perbedaan tingkat kecemasan pada tes matematika tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (AIR dan Probing-prompting) dengan kecemasan pada tes matematika siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya Nugroho. (2014). “penerapan model pembelajaran AIR dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V SD Negeri sidorejo lor 06 Salatiga semester II tahun pelajaran 2013/2014” skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.
Arini Viola Burhan. (2014). Penerapan model pembelajaran AIR pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 18 Padang [versi elektronik]. Jurnal pendidikan matematika part 1 vol 3, no1.
Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Karunia Eka Lestari & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Miftahul Huda.(2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Munasiah. (2015). Pengaruh kecemasan belajar dan pemahaman konsep matematika siswa terhadap kemampuan penalaran matematika siswa [versi elektronik]. Jurnal Formatif 5(3), 220-232.
Satriyani (2016). “pengaruh kecemasan matematika (mathetatich anxienty) dan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa”. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.
Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perhitungan manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.959
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.