Personal Branding Nadiem Anwar Makarim Melalui Pidato Hari Guru
Abstract
Sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim harus memiliki personal branding tersendiri yang digunakan untuk menunjukkan profesionalitasnya dalam melakukan tugas Negara dalam kancah pendidikan Indonesia. Suatu hal yang berbeda antara menjadi seorang CEO Gojek dengan seorang Menteri. Hal inilah yang harus diperhatikan lebih hati-hati dan seksama oleh Nadiem Makarim, karena apa yang diperbuat dan apa yang dibicarakan akan menjadi identitas dari seorang Nadiem Makarim sebagai seorang Menteri. Rumusan penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana personal branding Nadiem Anwar Makarim melalui pidato hari guru. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Yangmana data-data yang diperoleh kemudian dianalisa dan disimpulkan secara detail dan jelas sehingga kemudian akan terlihat bagaimana personal branding yang terbentuk dari seorang Nadiem Makarim ketika menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nadiem Makarim menjadi viral setelah teks pidatonya beredar luas di media sosial. Banyak masyarakat yang mempertanyakan apakah beliau sanggup memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik, menjadikan para tenaga pengajar di seluruh lini tingkat pendidikan menjadi lebih berpotensi dan professional. Hal inilah yang di kemudian hari akan menjadi tolak ukur dalam penilaian masyarakat terhadap sosok Nadiem Makarim. Oleh karena itu, gebrakan pertama yang dilakukan adalah dengan membentuk personal branding beliau sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Kata kunci: Personal Branding, Pemerintahan, dan pidato hari guru
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Muri, Y. (2017). Penelitian Deskriptif Kuantitatif. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (p. 62).
Ardianto, Elvinaro. (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosis Media.
Bungin, Burhan. (2012). Penelitian Kualitatif . Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Jasmi, K. A. (2012). kualitatif. Health Policy, Metodologi Pengumpulan Data Dalam Penyelidikan Kualitatif, 14(4): 4–6.
Stevani, S., & Widayatmoko, W. (2017). Kepribadian Dan Komunikasi Susi Pudjiastuti Dalam Membentuk Personal Branding. Jurnal Komunikasi. 9(1). https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.225
Syah, H. (2014). Penelitian Deskriptif. Int J Qual Health Care Metode Penelitian Bisnis. Edisi Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga. Retrieved from http://penalaran-unm.org/deskriptif-kuantitatif/
Tumakaka, N. P., Dida, S., & Prastowo, F. A. A. (2019). Personal Branding Rachel Goddard Sebagai Beauty Travel Dan Parody Vlogger. Journal Acta Diurna, 15(2), 76. https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2019.15.2.2134
Ward, C., & Yates, D. (2013). Personal Branding And e-Professionalism. Journal of Service Science (JSS), 6(1), 101–104. https://doi.org/10.19030/jss.v6i1.8240.
Kurniawan, Anto. (2019). Jurus Nadiem Makarim Pertahankan Gojek Tetap Memimpin Pasar. Diunduh https://ekbis.sindonews.com/read/1409425/34/jurus-nadiem-makarim-pertahankan-gojek-tetap-memimpin-pasar-1559451756 tanggal 4 Januari 2020.
CNN Indonesia. (2019). Mas Menteri Nadiem Makarim Dan Harapan Para Orang-Tua Didik. Diunduh https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191025065653-20-442701/mas-menteri-nadiem-makarim-dan-harapan-para-orang-tua-didik tanggal 2 Januari 2020.
Kompas. (2019). Pidato Pertama Menteri Pendidikan Nadiem Makarim Alas An Terima Jabatan Dan Strategi 100 Hari?. Diunduh https://wow.tribunnews.com/2019/10/25/pidato-pertama-menteri-pendidikan-nadiem-makarim-alasan-terima-jabatan-dan-strategi-100-hari?page=3 tanggal 2 Januari 2020.
DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v4i1.2260
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Office:
Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan
unit E
Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam
Contact: (0778) 39275
e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com
________________________________________________________________________________________________________________________________
In Cooperation with: Powered By:
Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.