KINERJA DINAS PERHUBUNGAN KOTA BATAM DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI BUS TRANS BATAM KORIDOR SEKUPANG JODOH TAHUN 2019

Yustinus Farid Setyobudi, Linayati Lestari, Vivi Cristi Sarbatani Gultom

Abstract


Bus Trans Batam adalah salah satu transportasi Kota Batam. Bus Trans Batam merupakan salah satu pelayanan transportasi yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Kota Batam. Peningkatan kualitas pelayanan transportasi merupakan salah satu issu sentral pada saat ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan melalui studi lapangan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan penelitian menggunakan subyek penelitian yang dapat memberikan informasi mengenai fenomena/permasalahan yang diangkat dalam penelitian. Dalam melihat Kinerja Dinas Perhubungan Kota Batam dalam meningkatkan kualitas pelayanan, penelitian menggunakan teori Parasuraman dapat dinilai atau diukur dengan beberapa indikator yaitu Tangibles, Reability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty bahwa hasil penelitian Kinerja Dinas Perhubungan Kota Batam dalam meningkatkan kualitas pelayanan transportasi belum berjalan optimal. Hal Tersebut dilihat dari kondisi fasilitas yang belum memadai untuk menunjang aspek kenyamanan, keselamatan dan keamanan pengguna jasa. Rendahnya kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak Bus Trans Batam membuat peminat masyarakat kecewa dalam pelayanan transportasi Bus Trans Batam. Pembangunan transportasi dan peningkatan kualitas pelayanan merupakan salah satu kunci dalam menjawab permasalahan transportasi di Kota Batam. Tujuan dari penelitian ini untuk menjawab permasalahan Kinerja Dinas Perhubungan dalam Meningkatkan Kualitas. Kata Kunci: Kinerja, Dinas Perhubungan Kota Batam, Bus Trans Batam, Kualitas Pelayanan Transportasi.

Keywords


Kinerja, Dinas Perhubungan Kota Batam, Bus Trans Batam, Kualitas Pelayanan Transportasi.

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab, Solichin. (2008). Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke. Implementasi Kebijakan Negara Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyatna, Aldi Prayoga dan Kasman. (2019). Proses Rekrutmen dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. Jurnal Ilmu Manajemen UNIGAL. 6 (02): 381-385.

Alfisyahrin, Muhammad. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Indonesia. Penerbit: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Deepseani, Ni Putu Resi. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bus Trans Batam Di Kota Batam. Skripsi. Politeknik Batam.

Supriyanti, Rita. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi terhadap Kepuasan Konsumen Armada Bus Trans Zentrum Madu Kismo di Kabupaten Grobogan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suwana, Ayu dan Yustinus Farid Setyobudi. (2019). Kinerja Pemerintah Desa dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Drainase di Desa Parit Kecamatan Karimun Tahun 2018. Jurnal Trias Politika. 4(1): 100-109.

Riawan, Weldy Anugra (2018). Analisis Pelayanan Bus Rapid Transit Kapasitas sedang pada Sisstem Transportasi Perkotaan. Warta Penelitian Perhubungan. 30(02): 119-132




DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v5i2.3608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Flag Counter

Web Analytics

View JTP Statistic

 

Office:

Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan

unit E

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com 

________________________________________________________________________________________________________________________________

 

In Cooperation with:                     Powered By: 

   

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.