KOMUNIKASI POLITIK DAN CITRA PARTAI (STUDI PADA PARTAI GELOMBANG RAKYAT INDONESIA KABUPATEN SUMBAWA)
Abstract
ABSTRACT
This study aims to analyze the political communication and political image conducted by Partai Gelora Kabupaten Sumbawa as a new party ahead of the 2024 Election. The research method used in this study is a literature review and in-depth interviews with several related sources. The data analysis method uses data triangulation techniques which are the data collection stage, the data reduction stage, and the data presentation stage to draw conclusions. The results show that Partai Gelora Kabupaten Sumbawa strives to show its identity and distinctiveness from its previous identity. Partai Gelora uses mass media, leadership figures, and party officials in an effort to build its political image. The findings of this study indicate that Partai Gelora Kabupaten Sumbawa prioritizes social media campaigns as a means of building its political image. Through this means, Partai Gelora understands that as a new party, identity and image are important in attracting public interest and introducing the party widely.
ABSTRAK
Studi ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi politik dan citra politik yang dilakukan oleh Partai Gelora Kabupaten Sumbawa sebagai partai baru menjelang Pemilu 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber terkait. Metode analisis data menggunakan teknik triangulasi data yang tahap koleksi data, tahap reduksi data dan tahap penyajian data untuk ditarik menjadi kesimpulan. Data-data yang disajikan kemudian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti dalam menganalisis masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Partai Gelora Kabupaten Sumbawa berupaya menunjukkan identitas dan jati dirinya yang berbeda dari identitas sebelumnya. Partai Gelora menggunakan media massa dan ketokohan serta figuritas dari pengurus partainya sebagai upaya membangun citra politiknya. Temuan di dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Partai Gelora Kabupaten Sumbawa mengutamakan kampanye media sosial sebagai sarana membangun citra politiknya. Melalui sarana tersebut, Partai Gelora memahami sebagai partai baru, identitas dan citra menjadi penting untuk menarik minat publik dan memperkenalkan partai secara luas.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfiyani, N. (2018). MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK. https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/PP/article/view/762/0
Barokah, F., Maryanah, T., Darmastuti, A., & Hertanto, H. (2022). Disrupsi Politik. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1): 1–13. https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.273
Fransiska Hia, E., & Siahaan, C. (2021). KOMUNIKASI POLITIK DI ERA DIGITAL. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(1): 6–18. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/774
Hkikmat, M. M. (2022). KOMUNIKASI POLITIK PEMERINTAH DALAM MENGEMAS PESAN KEBIJAKAN EKSISTENSI TENAGA KERJA NON-ASN UNTUK PENGUATAN LAYANAN PUBLIK (Government Political Communication In Packaging the Policy Message for the Existence of Non-State Civil Apparatus Workers for Strengthening Public Service), 11(2)
Kahar, S. (2014). PENCITRAAN POLITIK PARTAI NASDEM MELALUI IKLAN DI TELEVISI Political Image of Nasdem Party Through Advertising On Television. Suyatno Kahar JURNAL HUMANITY, 72–84. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/view/2395
Lexy J. Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Miriam Budiardjo. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Politik (Edisi Revisi). PT. Gramedia Pustaka.
Muchtar, K., Sunan, U., & Djati Bandung, G. (2016). Komunikasi Politik dan Pembentukan Citra Partai. In Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(2).
Ninis Tri Leriska. (2023). Strategi Komunikasi Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Dalam Meningkatkan Citra Politik di Kabupaten Sumbawa Tahun 2021-2022. Universitas Teknologi Sumbawa. Oleh, D., Balai, :, Dan, P., Komunikasi, P., Bandung, D. I., Litbang, B., Komunikasi, S. K., & Informatika, D. (n.d.). DINAMIKA KOMUNIKASI POLITIK MENJELANG PEMILU 2014.
Suryani, E. I. (2019). KOMUNIKASI POLITIK: ASAL USUL DAN KONSEPSI. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jasp.v2i2.29
Syarifuddin. (2015). KOMUNIKASI POLITIK BERMEDIA DAN PENGGUNAANNYA OLEH MASYARAKAT (Survey pada Masyarakat Palopo Sulawesi Selatan Tentang Kampanye Pilpres 2014). http://www.tribunnews.com/pemilu
Thomas Tokan Pureklolon. (2016). Komunikasi Politik: Mempertahankan Integritas Akademisi, Politikus, dan Negarawan. Gramedia Pustaka Utama.
Widyana, M. R. (2022). Strategi Partai Gelora Sebagai Partai Baru Menuju Pemilu 2024 Untuk Memenuhi Parliamentary Threshold. Jurnal PolGov, 4(1): 125–168. https://doi.org/10.22146/polgov.v4i1.3861
Zaenal Mukarom. (2016). Komunikasi Politik. Pustaka Setia.
DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v7i1.5050
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Office:
Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan
unit E
Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam
Contact: (0778) 39275
e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com
________________________________________________________________________________________________________________________________
In Cooperation with: Powered By:
Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.