PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENDORONG PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DESA WISATA (Studi Kasus pada Desa Wisata Lebakmuncang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung)

Rismayanti Tohir, Hanny Purnamasari, Indra Aditya

Abstract


ABSTRACT
The development of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Tourism Villages plays a crucial role in improving the welfare of the local community. The Village Government holds a significant role in promoting the development of MSMEs in Tourism Villages. This research aims to analyze the role of the village government in promoting the development of MSMEs in Lebakmuncang Tourism Village, Ciwidey District, Bandung Regency, using the theoretical framework of government roles according to Siagian (2009). This study employs a qualitative descriptive method with data collection techniques through in-depth interviews, observations, and document analysis. Data analysis is conducted using an interactive, consisting of data reduction, data display, and conclusion drawing or verification. The research findings indicate that the village government's efforts in developing MSMEs in Lebakmuncang Tourism Village have been fairly successful. This is evidenced by the ongoing activities and the participation in programs organized by relevant government departments, such as the Cooperative and SME Agency of Bandung Regency. These programs include facilitating collaboration, providing training and mentoring, facilitating funding, and supporting product marketing. However, there are still challenges in promoting MSME development in Lebakmuncang Tourism Village, such as low tourist visits and difficulties in product marketing. Therefore, the Lebakmuncang village government needs to make efforts to enhance the skills and knowledge of the community in managing MSMEs and expanding market access for MSME products. It is hoped that the results of this research can provide valuable insights for the village government in promoting MSME development in Lebakmuncang Tourism Village.


ABSTRAK
Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Wisata memegang peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Pemerintah Desa memegang peran yang sangat penting dalam mendorong pengembangan UMKM di Desa Wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pemerintah desa dalam mendorong pengembangan UMKM di Desa Wisata Lebakmuncang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung dengan menggunakan dasar teori peran Pemerintahan menurut Siagian (2009). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi untuk teknik analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari reduksi data, display data atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah desa dalam pengembangan UMKM di Desa Wisata Lebakmuncang sudah berjalan cukup baik, hal ini dibuktikan dengan sudah berjalannya kegiatan serta mengikutsertakan program-program yang diadakan oleh Dinas-dinas terkait seperti salah satunya Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bandung untuk memberikan fasilitasi kerjasama, fasilitasi pelatihan dan pendampingan, fasilitasi permodalan, dan fasilitasi pemasaran produk. Namun, masih terdapat kendala dalam mendorong pengembangan UMKM di Desa Wisata Lebakmuncang, seperti minimnya kunjungan wisatawan serta sulitnya dalam pemasaran produk. Oleh karena itu, pemerintah desa Lebakmuncang perlu melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan UMKM serta memperluas akses pasar untuk produk UMKM yang dihasilkan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan bagi pemerintah desa dalam mendorong pengembangan UMKM di Desa Wisata Lebakmuncang.

Keywords


Peran Pemerintah; Desa Wisata; Pengembangan UMKM.

Full Text:

PDF

References


Alfianto, F. Y. (2021). Peran pemerintah desa dalam pengembangan desa wisata di Pakuncen. Paradigma, 10(1).

Fahira, N. S., Umar, R., & Habibi, M. M. (2022). Peran Pemerintah desa Purworejo dalam pengembangan wisata alam sumber complang Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(3), 291–303.

Hidayat, E. S., & Djadjuli, R. D. (2020). Peran Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Objek Wisata Curug Kembar Desa Raksabaya. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(2), 277–293.

Hidayat, N., Robiyanti, R. R., & Purwaningsih, T. (2022). PENGUATAN LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN UMKM DALAM MENDUKUNG DESA WISATA DI CIRUMPAK KABUPATEN TANGERANG. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(4), 106–115.

Irfandanny, D., Kusuma, B. T., Sari, A. K., Ridha, F. A., Reksiana, C. P. E., Zain, M. Z., Ferdiansyah, M. R., Prasetyo, L. F. D., Marghanita, C. L., &

Salsabilla, M. A. (2022). Optimalisasi Desa Wisata Berbasis Umkm Melalui Lokal Branding Desa Sumbermujur Kab. Lumajang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1084–1090.

Kalis, M. C. I., Hendri, M. I., & Safitri, H. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Kearifan Lokal Dalam Mendukung Perekonomian Daerah Pasca Pandemi Covid-19. MBIA, 22(2), 230–244.

Mavilinda, H., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., Siregar, L., Andriana, I., & Thamrin, K. (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 17–28.

Mijiarto, J., Gusriza, F., Andrea, G. A., & Sirait, L. L. (2023). Sinergi UMKM Dan Wisata Dalam Revitalisasi Desa Wisata Kebangsaan, Kabupaten Situbondo. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 28(2), 202–211.

Nugroho, U. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Nuraisyah, N., Haryono, D., & Lutfiani, L. (2023). PELATIHAN STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN SARJO (MEMBENTUK DAN MENDUKUNG PENGEMBANGAN WIRAUSAHAWAN MUDA DAN PEMULA). Publikasi Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (SIKEMAS), 2(2), 63–78.

Salam, M. D., & Prathama, A. (2022a). Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Umkm. Jurnal Kebijakan Publik, 13(2), 137–143.

Siagian, S. P. (2009). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta. PT Rineka Cipta. J. Electron. Commer. Res, 13(3).

Subagyo, P. J. (2015). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik/P. Joko Subagyo.

Suranny, L. E. (2021). Pengembangan potensi desa wisata dalam rangka peningkatan ekonomi perdesaan di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Litbang Sukowati: Media Penelitian Dan Pengembangan, 5(1), 49–62.

Wibowo, A., Sakaria, S., & Melamba, B. (2022). PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGAN UMKM (KAMPUNG BATIK) DI KECAMATAN SUKUN MALANG. Sadeli: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–7.

Yunas, N. S., & Nailufar, F. D. (2021). Pemberdayaan Ruang Inovasi Kabupaten Jombang Sebagai Komunitas Pemuda Penggerak Pembangunan Desa Dalam Optimalisasi Produk UMKM. Surya Abdimas, 5(4), 561–572.

Zhukhruffa, S. (2023). Pemanfaatan Ekosistem Digital Pada Platform E-Commerce Dalam Meningkatkan Pemasaran Dan Penjualan Produk UMKM. Cakrawala Repositori IMWI, 6(4), 1072–1088.

Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Pariwisata




DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v7i2.5242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Flag Counter

Web Analytics

View JTP Statistic

 

Office:

Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan

unit E

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com 

________________________________________________________________________________________________________________________________

 

In Cooperation with:                     Powered By: 

   

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.