PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA
Abstract
Program merupakan bahan pertimbangan atau rujukan bagi konselor dalam mengatasi problematika siswa khususnya tentang disiplin. Bimbingan yang dirasakan tepat untuk membantu siswa memiliki disiplin yang baik ialah dengan bimbingan pribadi. Bimbingan pribadi merupakan usaha bimbingan dalam menghadapi dan memecahkan masalah pribadi, seperti penyesuaian diri, menghadapi konflik dan membuat keputusan. Seorang konselor untuk mengambil peran dalam menangani perilaku indisipliner siswa yang terjadi di sekolah. Untuk keperluan tersebut perlu adanya suatu program khusus yang direncanakan secara sistematis, terarah, dan terpadu sebagai upaya mengembangkan kedisiplinan siswa SMA.
Full Text:
PDFReferences
Akhmad Sudrajat. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Ekosowoyo dan Rachman. 2000. Manajemen Kelas. Semarang: IKIP.
Hurlock, E.B. 1992. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Lemhanas. 1997. Jakarta
Mohammad Arifana. 2008. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rachman. 1999. Strategi dan Langkah Penelitian. Semarang: IKIP.
Sukardi. 1993. Bimbingan Karir di Sekolah. Jakarta: Balai Pustaka.
Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Qrasindo.
DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v4i2.1438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P-ISSN 2442-4323 E-ISSN 2599-0071
Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan
Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia
Email: kopastaunrika@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.