PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA

Sri Wahyuni Adiningtiyas

Abstract


Program  merupakan  bahan  pertimbangan  atau  rujukan  bagi  konselor dalam  mengatasi  problematika  siswa  khususnya  tentang disiplin.  Bimbingan  yang  dirasakan  tepat  untuk  membantu  siswa memiliki  disiplin  yang  baik  ialah  dengan  bimbingan  pribadi.  Bimbingan  pribadi  merupakan  usaha  bimbingan  dalam  menghadapi  dan memecahkan  masalah  pribadi,  seperti  penyesuaian  diri,  menghadapi  konflik  dan membuat keputusan. Seorang  konselor  untuk mengambil  peran  dalam  menangani  perilaku  indisipliner  siswa  yang  terjadi  di sekolah. Untuk keperluan  tersebut  perlu adanya  suatu  program  khusus  yang direncanakan  secara  sistematis,  terarah,  dan  terpadu  sebagai  upaya mengembangkan kedisiplinan siswa SMA.


Full Text:

PDF

References


Akhmad Sudrajat. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ekosowoyo dan Rachman. 2000. Manajemen Kelas. Semarang: IKIP.

Hurlock, E.B. 1992. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Lemhanas. 1997. Jakarta

Mohammad Arifana. 2008. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rachman. 1999. Strategi dan Langkah Penelitian. Semarang: IKIP.

Sukardi. 1993. Bimbingan Karir di Sekolah. Jakarta: Balai Pustaka.

Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Qrasindo.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v4i2.1438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.