HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Sri Wahyuni Adiningtiyas, Maria Fresa Ompusunggu

Abstract


Konsep diri merupakan keseluruhan pandangan tentang diri sendiri, dengan kata lain konsep diri juga merupakan potret tentang bagaimana seseorang melihat, menilai, serta menyikapi diri. Konsep diri berkembang pada masa remaja, yakni rentangan 13-17 tahun. Konsep diri penting sekali diperhatikan, sebab konsep diri merupakan penentu tingkah laku seseorang dan merupakan pandangan terhadap diri sendiri yang merupakan dasar bagi semua tingkah laku. Bila individu mempunyai konsep diri yang rendah atau negative, individu akan menjadi kurang percaya diri, mudah putus asadan kurang berorientasi pada prestasi, sehingga akan mempengaruhi prestasi akademiknya di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Arifin. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Asmara. 2009. Prestasi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Budi Anna. 1992. Konsep Diri. Jakarta: EGC.

Colhoun. 1990. Pschology of Adjustment Human Relationship (3th ed). New York: McGraw-Hill.

Hurlock, E.B. 2001. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Muhibbin Syah. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Qrasindo.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v5i1.1448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.