PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK ANAK USIA DINI

Addahri Hafidz Awlawi, Erni Yunita

Abstract


Penelitian ini menngkaji tentang pengaruh yang ditimbulkan oleh bimbingan kelompok untuk anak usia dini terhadap perkembangan motorik anak. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui  kemampuan motorik anak. 2) Untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan perkembangan motorik peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Tempat pelaksanaan penelitian yang akan di Taman Kanak-Kanak Nunang Antara Kecamatan Bebesen dan waktu penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah 19 anak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan pada Test awal kemampuan melakukan gerakan dasar motorik anak adalah 30% termasuk dalam kategori kurang. Pada Siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 40% termasuk dalam  kriteria masih kurang. Pada Siklus II rata-rata kemampuan anak didik meningkat menjadi 77% termasuk dalam kriteria baik.


Full Text:

PDF

References


Slamet Suyanto, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, (Yogyakarta: Hikayat Publising, 2005)

Samsudin, Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak, ( Jakarta:litera Group,2007)

Rochiati Wiriatmadja, Metode Penelitian Tindakan Kelas,(Bandung: PT Remaja Rosdakarya, cet, X,2010)

Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2013)

Yuliani Nuraini Sujiono, 2013, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini,(Jakarta : PT Indeks Permata Putri Media)

Eveline Siregar dan Hartini Nara, 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. (Bogor : Ghalia Indonesia).

Mayke S. Tedjasaputra, Bermain, Mainan, dan Permainan Untuk Pendidikan Usia Dini, (Jakarta : Grasindo Gramedia)

Tumpu, Sahabuddin,1999, Mengajar dan Belajar: Dua Aspek Dari Suatu Proses yang disebut pendidikan, Cet.I; Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, (Bandung : Rafika Aditama, 2009).

Lara Fridani dkk, Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini, (Banten : Universitas terbuka)

Mayke S. Tedjasaputra, Bermain, Mainan, dan Permainan Untuk Pendidikan Usia Dini, (Jakarta:Grasindo Gramedia)




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.