PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PENERIMAAN DIRI SISWA BROKEN HOME DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa broken home melepas tanggung jawab nya seperti sering membolos tidak mengerjakan tugas, sering tidak masuk sekolah dan menarik diri/minder dengan teman-temannya. Oleh karena itu peneliti berupaya untuk membimbing, mengarahkan serta mengontrol diri siswa yang mengalami penerimaan diri yang rendah akibat korban broken home . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap penerimaan diri siswa korban broken home yang memiliki tingkat penerimaan diri rendah diSMA Negeri 10 Palembang .
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasi sederhana.Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket Kontrol Diri dan Angket Penerimaan Diri yang disusun oleh peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner, obsevasi, dan dokumentasi.Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi broken home di SMA Negeri 10 Palembang berjumlah 37 siswa.
Hasil Penelitian Kontrol diri memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap penerimaan diri sisiwa broken home di SMA Negeri 10 palembang. Hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan korelasi dengan nilai 0,99 yang artinya Tinggi.Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikan jika thitung≥ ttabel ,diperoleh thitung = 42,12 ≥ ttabel= 1,680. Sehingga disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kontrol diri terhadap penerimaan diri siswa broken home di SMA Negeri 10 Palembang .
Kata kunci: Kontrol diri, Penerimaan diri, Broken home
Full Text:
PDFReferences
Alfiana ida. 2018. Penerimaan diri remaja broken home dibalai pelayanan sosial asuhan anak budhi sakti banyumas.Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
Ali Mohammad. 2016. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ali M dan Asrori 2010. Perkembangan Peserta didik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Arikunto Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta: Rineka Cita
Arizona., Kholili Ma’rifatin Indah. 2017. Teknik relaksasi untuk meningkatkan self efficacy siswa. Palembang:Noer Fikri
Farida Harahap dan Marsiyati Tri. Psikologi Keluraga. 2002. Yogyakarta: FIP UNY
Gerungan. 2009. Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama
Ghuron M. Nur., Risnawita Rini. 2017. Teori-teori psikologi. Jogjakarta:AR-RUZZ MEDIA
Ferdiansyah. 2015. Dasar Penelitian Kualitatif. Bogor: Herya Media
Habsari Sri. 2008. Bimbingan dan Konseling SMA. Jakarta: Grasindo
Hana Septa. 2019. Tingkat Penerimaan Diri Remaja Broken Home. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Hasan M. Iqbal. 1999. Pokok-pokok Materi Statistik 2. Jakarta:PT Bumi Aksara
Haryati Tri Darmini. 2017. Hubungan Antara Penyesuaian Diri dan Kontrol Diri Dengan Prilaku Delikuen Pada Siswa SMA Muhammadiyah 1 Jombang. Malang: Psikodimensia, Vol. 16; No. 2
Hanurawan Fattah. 2018. Psikologi Sosial Terapan. Depok:Rajawali PERS
Hurlock. 2008. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga Press
Sri Lestari. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana
Ida Ayu. 2018. Dinamika Penerimaan Diri Pada Remaja Broken Home Bali: Jurnal Psikologi Udamaya, Vol.5 No.2
Ilma Adji Hadyani. 2017. Proses Penerimaan Diri Terhadap Perceraian Orang Tua. Semarang: Jurnal Empati,Volume 7 Nomor 3
Rita Izzaty. 2008. Perkembangan Perserta didik. Yogakarta: UNY Press
Riduwan .2008. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung :Alfabeta
Syamsu Yusuf. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Yogyakarta: Media Pressindo
Sudarsono. 2008. Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudjana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung:Alfabeta
Wahyudi Muchamad Agus Slamet.2007. Konsep pendekatan behavior dalam menangani perilaku indisipliner pada siswa korban perceraian. UIN sunan kalijaga yogyakarta
Willis Sofyan.S. 2009. Konseling Keluarga. Bandung :Alfabeta
Winarni Endang Widi. 2018.Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung:Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v7i1.2116
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P-ISSN 2442-4323 E-ISSN 2599-0071
Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan
Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia
Email: kopastaunrika@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.