Efforts To Coaching Competence of Teacher Guidance And Counseling (Descriptive Study in High School Se-Rejang Lebong)
Abstract
menampilkan kinerja dapat menumbuhkan kepercayaan publik maupun akuntabilitas, sehingga profesi ini semakin
diakui dan dimanfaatkan keberadaannya.Kompetensi itu perlu dibakukan, dicapai sesuai harapan tiap guru BK di
sekolah.Kepala sekolah selaku penanggung jawab seluruh penyelenggaraan pendidikan di sekolah memegang
peranan strategis dalam mengembangkan layanan BK di sekolah.Salah satu peran kepala sekolah dalam peningkatan
kompetensi guru BK dilakukan melalui berbagai upaya pembinaan dan pelatihan
Full Text:
PDFReferences
A.Muri Yusuf. (2005). Metodologi Penelitian.Dasar-dasar Penyelidikan Ilmiah. Padang: UNP Press.
Damsar.(2011). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Prenada Media Group: Jakarta.
Kurniawan.(2010). “Kompetensi Profesional Konselor Sekolah Menengah Negeri Se-Kota Banda Aceh dan
Implikasinya bagi Pemerintah Kota Banda Aceh”.Tesis tidak diterbitkan.Padang: Program Pascasarjana UNP.
Mega Iswari.(2010). Kompetensi Guru Sekolah Luar Biasa dalam Melaksanakan Layanan Bimbingan dan
Konseling.Jurnal Forum Pendidikan, Vol. 36. Padang: UNP Press.
Mulyasa (2003).Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karasteristik dan Implementasi. Remaja Rosdakarya :
Bandung.
_______. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.. Remaja Rosda Karya: Bandung.
Oemar Hamalik (2002). Pendidikan Guru berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara: Jakarta.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 2008 tentang SKAKK.
Prayitno.dkk. (1997).Seri Pemandu Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah (SPP-BKS) Buku III.
Penerbit Ikrar Mandiri: Jakarta.
______(2005). Studi Pengembangan Aplikasi High-Touch dan High- Tech dalam Proses Pembelajaran di Sekolah.
Penelitian Hibah Pascasarjana Tahun Pertama.
______.(2010). Penilaian Kinerja Konselor, Kompetensi dan Indikatornya. Program Pendidikan Profesi Konselor.
Jurusan Bimbingan dan Konseling.Padang: FIP UNP.
Sahertian.(2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Mengembangkan Sumber Daya
Manusia.Penerbit Adi Mahasatya: Jakarta.
Sunoko.(2011). Pembinaan Profesional Guru (Studi Pembinaan oleh Kepala Sekolah, Pengawas dan Dinas
Pendidikan di SMP Negeri 2 Sarolangun). Disertasi.Tidak diterbitkan. Program Pascasarjana UNP.
Syaiful Bahri Djamarah. (2001). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta: Jakarta.
Syaefudin.(2009). Pengembangan Profesi Guru. Alfabeta: Bandung.
Undang-undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v3i1.264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P-ISSN 2442-4323 E-ISSN 2599-0071
Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan
Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia
Email: kopastaunrika@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.