Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Cognitive Restructuring Melalui Aplikasi Google Meet Terhadap Kecemasan Belajar Siswa Secara Daring Saat Pandemi Covid-19 di UPT SMP Negeri 18 Gresik

Alfie Noer Rachma

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik cognitive restucturing melalui aplikasi Google Meet terhadap kecemasan belajar siswa secara daring saat pandemi Covid-19 di UPT SMP Negeri 18 Gresik. Penelitain ini mengguankan metode kuantitatif pre-eksperimental, serta menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas IX-C UPT SMP Negeri 18 Gresik yang berjumlah 32 siswa. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan jumlah sampel sehingga ditemukan sampel sebanyak 5 siswa. Sebelum treatment, yakni konseling kelompok dengan menggunakan teknik cognitive restructuring melalui aplikasi Google Meet diterapkan skor rata-rata yang didapat siswa  adalah 121,20, lalu setelah pemberian treatment hasil skor yang didapatkan menurun menjadi 95.00. Dari hasil Uji T dengan F= 1,764 pada taraf signifikansi 0,001. Sig (2-tailed) yang bernilai 0.001 dimana 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh penerapan konseling kelompok dengan teknik conitive restructuring melalui aplikasi Google Meet terhadap kecemasan belajar siswa secara daring di UPT SMP Negeri 18 Gresik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v8i1.2975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.