Meningkatkan Minat Membaca Mahasiswa Melalui Bimbingan Kelompok Topik Tugas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat membaca mahasiswa sebelum melaksanakan bimbingan kelompok topik tugas dan setelah dilaksanakan bimbingan kelompok topik tugas serta menganalisis efektivitas bimbingan kelompok topik tugas dalam meningkatkan minat membaca mahasiswa. Salah satu layanan yang dapat dilaksanakan dalam meningkatkan minat membaca mahasiswa adalah bimbingan kelompok topik tugas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis pre-eksperimen dengan menggunakan the one group pre-test post-test design. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik non-random sampling dengan metode purposive sampling. Subjek berjumlah sembilan mahasiswa dengan kategori minat membaca: empat mahasiswa kategori rendah, empat mahasiswa kategori sedang dan satu mahasiswa kategori tinggi. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Institut Agama Islam Negeri Langsa dengan tujuh kali pertemuan. Instrumen menggunakan model skala likert. Analisis yang digunakan adalah statistik non-parametrik yaitu Wilcoxon Signed Ranks Test menggunakan SPSS versi 17.00. Hasil temuan penelitian dapat dianalisis bahwa bimbingan kelompok topik tugas efektif meningkatkan minat membaca mahasiswa, serta menggambarkan perbedaan minat membaca mahasiswa sebelum dilaksanakan bimbingan kelompok topik tugas dan setelah dilaksanakan bimbingan kelompok topik tugas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa minat membaca mahasiswa dapat ditingkatkan melalui bimbingan kelompok topik tugas.
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2017). Analisis minat baca mahasiswa Universitas Sembilanbelas November Kolaka di Perpustakaan Universitas Sembilanbelas November Kolaka. XW. Retrieved from http://ojs.uho.ac.id/index.php/wakapendikips/article/download/2346/1709
Antika, L. T. (2017). Hubungan antara minat baca dan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan model reading-concept map-think pair share (remap tps). Wacana Didaktika. Retrieved from http://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/83
Arendra, S. S. (2016). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan minat membaca buku pada siswa SMA Negeri 2 Klaten (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/41547
Dalman. (2014). Keterampilan membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Departemen Agama RI. (2002). Al-Quran dan terjemahannya. Jakarta Timur: CV Darus Sunnah.
Etnanta, Y. C., & Irhandayaningsih, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23095
Farida, R. (2005). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Farida, S. (2012). Faktor-faktor penyebab keengganan membaca di lingkungan mahasiswa. In Seminar Nasional Bahasa: D-Linguistik Terapan-D13. Fakultas Bahasa Universitas Widyatama. Retrieved from https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/1939/D13 - Prosiding - Tema D Linguistik Terapan - Sasmi Farida.pdf?sequence=1
Ghofur, A., & Rachma, E. A. (2019). Pemanfaatan Media Digital Terhadap Indeks Minat Baca Masyarakat Kabupaten Lamongan. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/268154371.pdf
Hikmah, N., Kusumastuti, I. W., & ... (2017). Upaya Meningkatkan Minat Membaca siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Infografis Pada …. Jurnal Profesi …. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/12235
Irianto, A. (2010). Statistik: Konsep dasar dan aplikasinya. Jakarta: Kencana.
Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa. Jurnal Pena Indonesia (JPI), Volume 1,. doi:http://dx.doi.org/10.26740/jpi.v1n1.p79-95
KBBI. (2005). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: PT Persero.
Kiki, M. (2016). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan konseling realitas dalam mengembangkan penyesuaian diri siswa di lingkungan sekolah pada aiswa kelas X SMAN 1 Sungai Tarab. Pascasarjana UNP Padang.
Konadi, H., Mudjiran, M., & Karneli, Y. (2017). Efektivitas pendekatan rational emotive behavior therapy melalui bimbingan kelompok untuk mengatasi stres akademik siswa. Konselor, 6(4), 120. doi:10.24036/02017647887-0-00
Kurniawati, T. (2014). Minat membaca mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris. Jurnal Edukasi, 13(2), 227–238.
Maulidia, W. E. (2018). Studi kasus minat baca anak di taman baca kampung pemulung Kalisari Damen Surabaya. digilib.uinsby.ac.id. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23115
Mitasari, L. S., & Utami, R. D. (2017). Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Dan Menulis Siswa Kelas Atas diSDN Gumpang 1. eprints.ums.ac.id. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/50708
Muslih, Y. N., Wibowo, M. E., & ... (2017). Konseling behavioral menggunakan teknik kontrak perilaku dengan students’ logbook untuk meningkatkan minat membaca siswa. Jurnal Bimbingan …. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/17432
Nadlir, M. (2018). Per hari, rata-rata orang Indonesia hanya baca buku kurang dari sejam. Kompas.Com. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2018/03/26/14432641/per-hari-rata-rata-orang-indonesia-hanya-baca-buku-kurang-dari-sejam
Nursalina, A. I., & Budiningsih, T. E. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Minat Membaca Pada Anak. Educational Psychology Journal, 3(1), 1–7.
Pebriansyah, P., Binasar, S. S., & Silondae, D. P. (2019). Hubungan minat membaca dengan kemandirian belajar siswa di SMPN 1 Ladongi. Jurnal Ilmiah Bening. Retrieved from http://ojs.uho.ac.id/index.php/bening/article/view/10710
Pohan, R. A., & Indra, S. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kegiatan Merespon Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. doi:10.29240/jbk.v4i1.1280
Pratiwi, P. S. (2018). Minat baca masyarakat Indonesia masih rendah. CNN Indonesia. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180326160959-282-285982/minat-baca-masyarakat-indonesia-masih-rendah
Prayitno. (1995). Layanan bimbingan dan konseling kelompok (dasar dan profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Prayitno. (2004). Seri layanan konseling. Padang: FIP UNP.
Profesional, K., Bimbingan, G., Konseling, D., Pelaksanaan, D., Bimbingan, P., Lestari, M., … Bimbingan, S. J. (2013). 7 IJGC 2 (4) (2013) Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(4), 17–24.
Rahayu, R., & Widiastuti, N. (2018). Upaya Pengelola Taman Bacaan Masyarakat Dalam Memperkuat Minat Membaca (Studi Kasus TBM Silayung Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang). Comm-Edu (Community …. Retrieved from http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/492
Romlah, T. (2001). Teori dan praktek bimbingan dan konseling. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rossa, V. (2018). Miris, minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,01 persen. Suara.Com. Retrieved from https://www.suara.com/lifestyle/2018/02/21/173000/miris-minat-baca-masyarakat-indonesia-hanya-001-persen
Siegel, S. (1997). Statistika non-parametrik untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta: Gramedia.
Sudijono, A. (2004). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sukardi, D. W. (2003). Pengantar pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulistyo, A. (2017). Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/741
Susanti, D., & Santi, S. (2019). Pemanfaatan taman bacaan masyarakat (TBM) dalam meningkatkan minat baca remaja (studi kasus di TBM Gunung Ilmu). Comm-Edu (Community Education …. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/2828
Suwanto, S. A. (2017). Pengelolaan TBM Sebagai Sarana Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan …. Retrieved from https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/1901
Winarlin, R., Lasan, B., & Widada, W. (2016). Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa Smp. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 68–73. doi:10.17977/um001v1i22016p068
DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v8i1.2978
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P-ISSN 2442-4323 E-ISSN 2599-0071
Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan
Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia
Email: kopastaunrika@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.