Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI IPS di MAN Batam

Ristantia Ristantia, Tamama Rofiqah

Abstract


Latar belakang penelitian ini berdasarkan studi pendahuluan pada kelas XI IPS 1 MAN Batam, tingkat kepercayaan diri siswa dalam kategori rendah, adanya gejala seperti; ragu-ragu saat berbicara di depan kelas dalam mengungkapkan pendapat, dan juga saat belajar siswa tidak berani bertanya kepada guru jika tidak tahu atau mengerti apa yang disampaikan oleh Guru pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keeefektifan layanan Bimbingan Kelompok (Bkp) ditinjau dari kepercayaan diri siswa kelas XI IPS MAN Batam.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan pretest dan posttest. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data mengggunakan angket. Analisa data dilakukan dengan teknik wilcoxon signed ranks test.
Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian dengan nilai signifikan 0.001<0.05. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Kata kunci: Kepercayaan Diri Siswa, Layanan Bimbingan Kelompok.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.