Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Minat Berorganisasi Mahasiswa IAIN Palangka Raya

Desi Erawati

Abstract


Kepercayaan diri dapat mengembangkan diri, berpikir positif dan kemandirian, sedangkan minat berorganisasi mengasah potensi diri dengan pengalaman, dari dua aspek tersebut tentunya memberikan keuntungan khususnya bagi mahasiswa dalam rangka pendewasaan diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri dan minat berorganisasi pada mahasiswa. Pendekatan penelitian yang dilakukan kuantitatif korelasional yang dikembangkan oleh Karl Pearson yang dianalisis dengan SPSS versi 25 for windows. Dengan responden mahasiswa angkatan tahun 2018, 2019 dan 2020 dengan sampel 122 mahasiswa. Kuesioner menggunakan skala baku Anthony yaitu, skala kepercayaan diri yang memiliki reabilitas alfa cronbach sebesar 0,922 dan skala baku dari Pintrich dan Schunk yaitu, skala minat berorganisasi yang memiliki reabilitas alfa cronbach sebesar 0,954. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepercayaan diri mahasiswa pada kategori tinggi terdapat 68 mahasiswa (55,7%), kategori sedang terdapat 41 (33,6%) dan kategori rendah terdapat 13 (10,7%). Sedangkan tingkat minat berorganisasi mahasiswa pada kategori tinggi terdapat 86 mahasiswa (70,5%), kategori sedang terdapat 26 (21,3%) dan kategori rendah terdapat 10 (8,2%) seluruh hasil tersebut representatif empat fakultas terdiri dari 46 laki-laki dan 76 perempuan dengan total 122 mahasiswa. Hubungan kepercayaan diri dengan minat berorganisasi memperoleh koefisien korelasi sebesar 0,784 termasuk dalam tingkat kriteria kuat. Nilai signifikansi sebesar 0,000 berarti terdapat korelasi positif.

Full Text:

PDF

References


Alfina, A. D. (2019). Regulasi Diri Mahasiswa Ditinjau Dari Keikutsertaan Dalam Suatu Organisasi Kemahasiswaan. EMPATI-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 245–259. https://doi.org/10.26877/empati.v6i1.4115

Chasanah, E. M., & Rohmatun, R. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Asertivitas Dalam Menyampaikan Pendapat Pada Aktivis Mahasiswa/i di UNISSULA. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 13(1), 88–97. https://doi.org/10.30659/jp.13.1.88-97

Fajrianiii, N., Maghfiroh, V. S., & Arumsari, A. (2018). Kepercayaan diri dalam prespektif islam. Jurnal Psikologi Universitas Airlangga Surabaya, 1(September).

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1. https://doi.org/10.29210/02017182

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Bikotetik, 2(1), 73–80.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 33. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474

Kushartanti, A. (2009). Perilaku Menyontek ditinjau dari Kepercayaan Diri. Indigenious, Jurnal Imliah Berkala Psikologi, 11(2), 38–46.

Naim, H. R., Arlizon, R., & Yakub, E. (2017). The Differences of Self-Confidence Between Students Who Are Active in Organizations With Students Who Are Not Active in Organizations. 04 No.2, 1–14.

Nurdi, P. B. R., Laikuallo, S., & Meiliska, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berorganisasi. MANOR: JURNAL Manajemen Dan Organisasi Review, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.47354/mjo.v2i2.246

Palila, S. (2015). Analisis Kebutuhan Karakter Mahasiswa Psikologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Humanitas, 12(2), 105–117. https://doi.org/10.26555/humanitas.v12i2.3838

Sheilla, F., Hardjono, & Istar, Y. (2017). Perbedaan Kepercayaan Diri dan Ketahanan Stres antara Mahasiswa yang Aktif dengan Mahasiswa yang Tidak Aktif dalam Organisasi Internal Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Wacana, 9(1), 39–51.

Suranto, S., & Rusdianti, F. (2018). Pengalaman Berorganisasi Dalam Membentuk Soft Skill Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 58–65. https://doi.org/10.2317/jpis.v28i1.6772

Wahyuni, S. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Psikologi. Jurnal Psikologi, 2(1), 50–62.

Azhar, Maikal. 2015. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Minat Berorganisasi Pada Anggota Koperasi Mahasiswa Di Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Rahmi, Milla F. 2019. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Minat Berorganisasi Pada Anggota Sanggar Latah Tuah UIN Suska Riau. Skripsi tidak diterbitkan. Riau: Universitas Sultan Syarif Kasim.

LPM IAIN Palangka Raya. t.t. Data Mahasiswa – LPM IAIN Palangka Raya. Diambil 9 Januari 2021 (http://lpm.iain-palangkaraya.ac.id/iain-dalam- angka/jumlah-mahasiswa/).

Andre, Lobo. 2021. “Persentase mahasiswa yang tergabung dalam organisasi pada kampus IAHN Palangka Raya”. Palangka Raya

Iqbal, Muhammad. 2021. “Persentase mahasiswa yang tergabung dalam organisasi pada kampus IAIN Palangka Raya”. Palangka Raya.

Putra, Raplin T. 2021. “Persentase mahasiswa yang tergabung dalam organisasi pada kampus IAKN Palangka Raya”. Palangka Raya.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v9i1.3613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.