HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adi, M., Azhari, S., Mayangsari, M. D., & Erlyani, D. N. (2015). Hubungan Perilaku Asertif Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Tahun Pertama Di Smp Relationship Between Assertive Behavior and Self-Adjustment in First Year Students At Junior High School. 20–25.
Al-Hendawi, M. (2013). Temperament, school adjustment, and academic achievement: Existing research and future directions. Educational Review, 65(2), 177–205. https://doi.org/10.1080/00131911.2011.648371
Alfonita, F. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Computers and Industrial Engineering, 2(January), 6. http://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp-content/uploads/IEEE-Reference-Guide.pdf%0Ahttp://wwwlib.murdoch.edu.au/find/citation/ieee.html%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022%0Ahttps://github.com/ethereum/wiki/wiki/White-Paper%0Ahttps://tore.tuhh.de/hand
Ansori, A., & Sari, A. F. (2020). Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 133–148. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn/article/view/3735
Ayuningtiyas, C., Fitriana, S., & Dian, M. P. (2020). Regulasi Emosi Siswa Dalam pembelajaran Daring. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 107–113. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Cosan, D. (2014). An Evaluation of Loneliness. April, 103–110. https://doi.org/10.15405/epsbs.2014.05.13
Desmita. (2018). Psikologi Perkembangan (ke-6). Remaja Rosdakarya.
Dianto., M.Pd., M. (2017). Profil Dukungan Sosial Orangtua Siswa Di Smp Negeri Kecamatan Batang Kapas Pesisir Selatan. Jurnal Counseling Care, 1(1), 42–51. https://doi.org/10.22202/jcc.2017.v1i1.1994
Diri, P., Ditinjau, S., Sosial, D., Bimbingan, J., Pendidikan, F. I., & Semarang, U. N. (2018). Penyesuaian Diri Siswa Dilihat dari Segi Konsep Diri dan Dukungan Sosial pada Siswa SMP. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(2), 61–67.
Fatah, V. F., Susanti, S., Ariyanti, M., & Nursyamsiyah, N. (2021). Penyesuaian Diri Siswa Tahun Pertama SMP Dimasa Pandemi Covid 19. Jkep, 6(2), 232–239. https://doi.org/10.32668/jkep.v6i2.792
Hanapi, I., & Agung, I. M. (2018). Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Efficacy Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa. Jurnal RAP UNP, 9(1), 37–45. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/view/10378
Handoko. (2013). Hubungan antara penyesuaian diri dan dukungan sosial terhadap stres lingkungan pada santri baru. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 1(2), 79–89.
Hartini, NurulRochma, S. (n.d.). Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental Hubungan antara Keberfungsian Keluarga dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Subjective Well-Being ( Studi pada Remaja yang Mengalami Stres di Masa Pandemi COVID-19 ). 1(1), 221–228.
Hendriati, A. (2009). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan
Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja (P. Dadi (ed.); ke-2). Refika Aditama.
Hurlock, E. (2015). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (ke-5). Eirlangga.
Jannah, M., Fakultas, D., Universitas, P., Negeri, I., Aceh, B., & Jannah, M. (2016). REMAJA DAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGANNYA DALAM ISLAM ADOLESENCE ’ S TASK AND DEVELOPMENT IN ISLAM. 1(April), 243–256.
Nensi, M. (2020). Pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar peserta didik di SMP negeri 19 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9.
Newman, D. S., Nebbergall, A. J., & Salmon, D. (2013). Structured Peer Group Supervision for Novice Consultants: Procedures, Pitfalls, and Potential. Journal of Educational and Psychological Consultation, 23(3), 200–216. https://doi.org/10.1080/10474412.2013.814305
Nishfi, S. L., & Handayani, A. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Remaja di SMA Pondok Modern Selamat 2 Batang. Journal of Psychological Perspective, 3(1), 23–26. https://doi.org/10.47679/jopp.311132021
Pandayu, A., Murti, B., & -, P. (2017). Effect of Personal Factors, Family Support, Pocket Money, and Peer Group, on Smoking Behavior in Adolescents in Surakarta, Central Java. Journal of Health Promotion and Behavior, 02(02), 98–111. https://doi.org/10.26911/thejhpb.2017.02.02.01
Rogers, A., Updegraff, K., Santos, C., & Martin, C. L. (2017). Masculinity and School Engagement in Middle School. Psychology of Men & Masculinity, 18(1), 50–61. https://www.lib.uwo.ca/cgi-bin/ezpauthn.cgi?url=http://search.proquest.com/docview/1681010136?accountid=15115%5Cnhttp://vr2pk9sx9w.search.serialssolutions.com/?ctx_ver=Z39.88-2004&ctx_enc=info:ofi/enc:UTF-8&rfr_id=info:sid/ProQuest+Dissertations+%26+These
Sagita, D. D., Erlamsyah, E., & Syahniar, S. (2013). Hubungan Antara Perlakuan Orangtua Dengan Penyesuaian Diri Siswa Di Sekolah. Konselor, 2(1). https://doi.org/10.24036/02013211248-0-00
Savolainen, I., Kaakinen, M., Sirola, A., & Oksanen, A. (2018). Addictive behaviors and psychological distress among adolescents and emerging adults: A mediating role of peer group identification. Addictive Behaviors Reports, 7, 75–81. https://doi.org/10.1016/j.abrep.2018.03.002
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); ke-2). Alfabeta.
Tricahyani, I. A. R., & WIdiasavitri, P. N. (2016). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada remaja awal di Panti Asuhan Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(3), 542–550.
DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v9i2.4431
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P-ISSN 2442-4323 E-ISSN 2599-0071
Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan
Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia
Email: kopastaunrika@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.