Hubungan Dukungan Keluarga dengan Prestasi Belajar Anak Di SMK Swasta Laksamana Kota Batam
Abstract
Dukungan keluarga memiliki pengaruh pada tahap perkembangan anak sehingga dukungan keluarga dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar anak. Berdasarkan penelitian awal, prestasi belajar siswa pada SMK Swasta Laksamana Kota Batam termasuk dalam kategori kurang diperkirakan kurangnya prestasi belajar ini disebabkan oleh kurangnya dukungan keluarga terhadap siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan antara dukungan keluarga dengan prestasi prestasi belajar anak di SMK Swasta Laksamana Kota Batam. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi product moment. Penelitian ini bekerja dengan menggunakan hipotesis ada hubungan antara dukungan keluarga dengan prestasi belajar pada siswa SMK Swasta Laksamana Kota Batam. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa hasil uji korelasi kedua variabel memberikan kontribusi signifikan yaitu 97,2%. Hubungan antara kedua variabel tersebut bersifat positif atau dengan kata lain semakin meningkatnya dukungan keluarga maka akan meningkat pula prestasi belajar anak.
Kata kunci: prestasi belajar, dukungan keluarga
Full Text:
PDFReferences
Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Faradilla, Safitri, and Yuniwati. 2019. “Pengaruh Motivasi Dan Dukungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Universitas Ubudiyah Indonesia.” Journal of Healthcare Technology and Medicine 2(2):154. doi: 10.33143/jhtm.v2i2.248.
Francis. 2007. Manual of Social Psychologic Assesment. New York: appleton-century-crofts.
Friedman. 2010. Buku Ajar Keperawatan Keluarga Riset, Teori, Dan Praktek. Jakarta: ECG.
Handayani, Dwi, and Wahyuni. 2012. “Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Lansia Dalam Mengikuti Posyandu Lansia Di Posyandu Lansia Jetis Desa Krajaan Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo.” Jurnal Ilmu Kesehatan Stikes Aisyiyah Surakarta.
Kuswariningsih, Sri. 2016. “Korelasi Kebiasaan Belajar, Kreatifitas Belajar Dan Prestasi Belajar.” Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI) 3:389–95.
Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai Dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga. edited by K. P. M. Group. Jakarta.
Mariyana, Dian. 2020. “Peningkatan Prestasi Belajar IPA Tentang Tata Surya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Bagi Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar.” Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series 3(4):787–92.
Munir, Abdullah. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Karakter Anak Sejak Dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.
Perceka, Andhika Lungguh. 2020. “Hubungan Motivasi Dan Dukungan Keluarga Dengan Keinginan Mahasiswa S1 Keperawatan Semester 8 Untuk Meneruskan Program Profesi Ners Di Stikes Karsa Husada Garut. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 4(4).
Putra, E. D., and Putri Viola Melisa. 2021. “Dukungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV.” Jurnal Mimbar Ilmu 26(2):339–45.
Sari, Ria Setia, Rianti, Ahmad Abdul Lubis, and Ismatul Hasanah. 2021. “The Effect of Scheduled Routine Blood Transfusions on Learning Achievement of Children with Thalasemia: A Study from Tangerang District Indonesia.” Enfermeria Clinica 31(2):443–46.
Setyani, Budi. 2013. Dukungan Keluarga Terhadap Kemandirian Anak Sekolah. Jember: Universitas Jember.
Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaodih, Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v11i1.4491
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P-ISSN 2442-4323 E-ISSN 2599-0071
Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan
Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia
Email: kopastaunrika@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.