PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK CINEMA THERAPY UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PESERTA DIDIK

Nur Fitria, Ari Khusumadewi

Abstract


Maksud penelitian guna mengetahui penerapan bimbingan kelompok teknik cinema therapy guna meningkatkan penerimaan diri peserta didik kelas X putri di SMA Al Fattah. Pendekatan penelitian yang dimanfaatkan yakni Pre-Experiment Design, berdesain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian sejumlah 8 peserta didik dengan penerimaan diri tinggi, sedang, serta rendah. Prosedur pemberian treatment diterapkan sejumlah lima kali pertemuan. Instrumen penelitian yang dimanfaatkan berbentuk angket penerimaan diri yang dikembangkan berbasis teori Hurlock (1973) berkenaan penerimaan diri. Analisis hipotesis memanfaatkan pengujian non parametrik wilcoxon memanfaatkan program SPSS 26. Perolehan penelitian menampilkan bahwa 8 peserta didik kelas X putri SMA Al Fattah bisa meningkatkan penerimaan diri dengan memanfaatkan teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok. Terlihat dari tingkat (taraf signifikansi 5%) dan koefisien signifikansi senilai 0,012 < 0,05.

Full Text:

PDF

References


Azlina, Y. 2022. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Cinema Therapy Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Smp XYZ. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 7(2), 29-40. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i2.1791

Chaplin J.P. 2011. Kamus Lengkap Psikologi. Terjemahan: Kartini Kartono. Jakarta: PT Radja Grafindo Persada.

Fajri, R. Z., Yusmansyah, Y., & Mayasari, S. 2019. Peningkatan Penerimaan Diri Dengan Layanan Bimbingan Kelompok. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(1).

Habsyah, N. Y. 2020. Penerapan Cinema Therapy dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas VIII. QUANTA, 4(1), 20-37. https://doi.org/10.22460/q.v4i1p21-37.1621

Hurlock. 1973. Personality Development. New York: McGraw-Hill.

Isna, N .M., & Winingsih, E. 2022. Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Cinema Therapy Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Karir Siswa. Jurnal BK Unesa,12 (2).

Juliantika, Y. T. & Khusumadewi, A. 2017. Penerapan Cinema Therapy Untuk Meningkatkan Empati Siswa Kelas X Multimedia Di SMKN 1 Driyorejo. Jurnal BK Unesa, 7 (3).

Khoiriyah, A. L., & Rosdiana, A. M. 2020. Hubungan Ketidakpuasan Tubuh Dengan Penerimaan Diri Pada Perempuan Usia Dewasa Awal (18 – 25 Tahun) Di Kota Malang. Egalita, 14(2), 42–53. https://doi.org/10.18860/egalita.v14i2.9102

Latifah, U. 2018. Efektivitas Teknik Cinema Therapy Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Rendah Siswa Kelas VIII-A Smp Muhammadiyah 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal Simki Pedagogia, 02 (04).

Lestari, D. S. A., & Khusumadewi, A. 2020. Pengembangan Video Cinema Terapy Bullying Bagi Peserta Didik Kelas VIII Smp Negeri 2 Gedangan. Jurnal BK UNESA, 11(3).

Mardison, S. 2016. Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Sosialisasi Peserta Didik. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami. 2(2), 29-44. https;//10.15548/atj.v2i2.945

Mutiara, A. R., and Astuti, B. 2021. Efforts to Improve Students' Self-Acceptance Through Group Guidance. KnE Social Sciences, 47-55.

Nurihsan, A. J. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Refika Aditama.

Nursalim, M. 2013. Pengembangan Media Bimbingan & Konseling. Indeks.

Oktaviani, M. A. 2019. Hubungan penerimaan diri dengan harga diri pada remaja pengguna Instagram. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4), 549-556. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4832

Permatasari, F. R., & Nursalim, M. 2019. Media Cinema Therapy Pada Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 51 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 10 (1).

Prayitno, Afdal, Ifdil & Zadrian Artdi. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Bogor: Ghalia Indonesia.

Refnadi, R., Marjohan, M., and Syukur, Y. 2021. Self-acceptance of high school students in Indonesia. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 15. https://doi.org/10.29210/3003745000

Rismi, R., Suhaili, N., Marjohan, M., Afdal, A., & Ifdil, I. 2022. Bimbingan kelompok dalam pemahaman nilai empati untuk meningkatkan sikap prososial siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 14. https://doi.org/10.29210/1202221496

Sari, D. R., & Wiyono, B. D. 2020. Cinema Therapy untuk Meningkatkan Academic Self-Efficacy Siswa Kelas XI-IPS SMA Negeri 4 Bojonegoro. Jurnal BK UNESA, 11(1), 95-101.

Sitorus, M. W., Badrujaman, A., dan Fitri, S. 2019. Pengaruh bimbingan kelompok metode permainan terhadap penerimaan diri siswa SMAN 1 Babelan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(1), 18-23.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Solomon, G. 1995. The Motion Picture Prescription: Watch This Movie And Call Me In The Morning. Aslan Publishing.

Solomon, G. 2001. Reel Therapy: How movies inspire you to overcome life’s problems. New York Lebhar-Friedman Books.

Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi.

Wolz, Birgit. 2004. E-Motion Picture Magic A Movie Lover’s Guide to Healing and Transformation. Colorado: Glenbridge Publishing Ltd.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v10i2.5480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.