PENGEMBANGAN SAM FOR IBS (SELF-ACCEPTANCE MONOPOLY FOR ISLAMIC BOARDING SCHOOL) UNTUK SISWA MA AMANATUL UMMAH SURABAYA

Falah Aura Dea Sandhita, Ari Khusumadewi

Abstract


Penerimaan diri merupakan aspek kebahagiaan hidup yang harus dimiliki khususnya bagi remaja. Penerimaan diri diartikan sebagai kemampuan berdamai dengan keadaan yang tidak disukai dan kemampuan seseorang menerima potensi dirinya. Penerimaan diri yang rendah dapat menghambat proses aktualisasi diri remaja. Hal tersebut menyebabkan remaja cenderung menyendiri, pemalu, minder hingga kurang mapu berinteraksi dengan baik di lingkungan sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media SAM for IBS (Self-Acceptance Monopoly for Islamic Boarding School) yang memenuhi kriteria akseptabilitas yang terdiri dari kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Metode penelitian yang digunakan adalah model Borg & Gall, 1983 research and development hanya sampai tahap lima yang meliputi penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan format produk, uji coba awal dan revisi produk. Berdasarkan uji oleh dua ahli materi diperoleh hasil akseptabilitas 91%, hasil akseptabilitas oleh dua ahli media 83,5%, dan hasil akseptabilitas oleh tiga calon pengguna 96,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media SAM for IBS telah memenuhi kriteria akseptabilitas dengan interpretasi sangat layak dikembangkan pada tahap selanjutnya.

Full Text:

PDF

References


Azizah, N., & J. (2013). Penerapan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sdn Lemahputro 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Banusu, Y. O., & Firmanto, A. D. (2020). Kebahagiaan Dalam Ruang Keseharian Manusia. Forum, 49(2), 51–61. Https://Doi.Org/10.35312/Forum.V49i2.301

Calhoun, J. F., & Acocella, J. R. (1990). Psychology Of Adjustment And Human Relationships. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Vbnyt-Qippac

Evaluation, J. C. On S. For E. (1981). Standards For Evaluations Of Educational Programs, Projects, And Materials. Mcgraw-Hill.

Fitriyawany. (2013). Penggunaan Media Permainan Monopoli Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mahasiswa Fisika Fakultas Tarbiyah Dengan Konsep Tata Surya. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22373/Jid.V13i2.475

Geldard, K., & G. (2012). Konseling Anak-Anak: Sebuah Pengantar Praktis (Terjemahan). Edisi Ketiga. Jakarta: Pt Indeks.

Hurlock, E. B. (1974). Personality Development. New Delhi: Mcgrawhill. Inc.

Hurlock, E. B. (2006). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (5th Ed.). Jakarta: Erlangga.

Husna, H. N. (2012). Implementasi Permainan Monopoli Fisika. Httprepository. Httprepository. Upi. Eduoperatoruploads_Fis_0800272_Chapter2.

Jersild, A. T. (1978). The Psychology Of Adolescence. Macmillan. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=_F4naqaaiaaj

Khusumadewi, A. (2022). Skala Kesejahteraan Psikologis Santri.

Mamesah, M., & Dona Dyah Kusumawardhani. (2020). Gambaran Penerimaan Diri Siswa Yang Mengalami Perceraian Orangtua. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 9(2), 138–149. Https://Doi.Org/10.21009/Insight.092.04

Nursalim, M. (2013). Pengembangan Media Bimbingan Dan Konseling. . Jakarta: Indeks.

O’kelly, M. (2013). Self-Acceptance In Women. In The Strength Of Self-Acceptance (Pp. 229–246). Springer New York. Https://Doi.Org/10.1007/978-1-4614-6806-6_13

Permatasari, A., Nurazizah, A., Pratiwi, Y. R., & Anggarani, F. K. (2020). Pengaruh Penggunaan Permainan “Kartu Nrimo” Dalam Meningkatkan Penerimaan Diri Di Masa Quarter Life Crisis (1st Ed.). Pkm Center Sebelas Maret University.

Putra, M. J. A., & Nisa, M. (2021). The Development Of Monopoly Game As Media For Science Learning At Elementary School. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1786–1798. Https://Doi.Org/10.35445/Alishlah.V13i3.482

Putri, R. K. (2018). Meningkatkan Self-Acceptance ( Penerimaan Diri ) Dengan Konseling Realita Berbasis Budaya Jawa. Prosiding Snbk (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling) 2, 2(1), 118–128. Http://Prosiding.Unipma.Ac.Id/Index.Php/Snbk/Article/View/480

Risma, R., Bua, A. T., & Annisa, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Tema Ekosistem Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 92. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V3i2.301

Rizqi, M., Akrom, A., & Rosdiana, A. M. (2022). Santri Putri Di Sekolah Multipesantren.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & H. (2009). Media Pendidikan. In Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Sari, D. I., & Wahyuni, N. (2022). Influence Of Monopoly Game “Monas” In Increasing Posyandu Cadre’s Knowledge Of Stunting. International Journal Of Health Sciences,. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53730/Ijhs.V6ns3.9578

Sitorus, M. W., Islam, U., & Sumatera, N. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Permainan Terhadap Penerimaan Diri.

Suwanda, D. (2008). Pembelajaran Dengan Model Permainan Monopoli Pakem. Wordpress.Com. Https://Dossuwanda.Wordpress.Com/2008/03/10/Model-Pembelajaran-Monopoly-Pakem/

Ulan, A., Idris, I., & Alwi, N. M. (2021). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Permainan Untuk Membantu Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa. Pedagogika. Https://Doi.Org/10.37411/Pedagogika.V12i1.657

Wiyono, B. D., Muis, T., & Khusumadewi, A. (2018). Pengembangan Blended Learning Mata Kuliah Dinamika Kelompok Untuk Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(2), 168. Https://Doi.Org/10.30598/Jbkt.V2i2.375




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v10i2.5482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.