IMPLEMENTATION OF CONTENT ADAPTATION SERVICES TO IMPROVE STUDENTS LEARNING HABITS PENERAPAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA
Abstract
Artikel ini membahas kurangnya penyesuaian siswa dan kebiasaan belajar, dimana hal tersebut dapat berpengaruh negatif pada kualitas dan kuantitas pembelajaran. Bimbingan dan konseling dengan segenap pelayanannya mempunyai tugas dan peran dalam meningkatkan penyesuaian diri dan kebiasaan belajarsiswa, salah satunya dengan layanan penguasaan konten. Dengan mengadakan layanan penguasaan konten, siswa akan diberikan pemahaman dan pengetahuan dalam meningkatkan penyesuaian diri dan kebiasaan belajar. Implikasinya terhadap bimbingan dan konseling untuk meningkatkan penyesuaian diri dan kebiasaan belajar pada siswa melalui layanan penguasaan konten terkait pentingnya penyesuaian diri dalam belajar dan kebiasaan belajar, agar siswa tidak jenuh dalam belajar disarankan kepada guru BK untuk dapat melaksanakan layanan penguasaan konten secara berkelanjutan atau lebih terencana untuk lebih meningkatkan penyesuaian diri dan kebiasaan belajar siswa.
Keyword: Penyesuaian Diri, Kebiasaan Belajar, Layanan Penguasaan Konten
This article discusses the lack of adjustment and learning habits of students, whereas it could have negative effects on the quality and quantity of learning. Guidance and counseling with all services have a duty and a role in enhancing adaptation and habitual learning of students, one of them was content mastery service. By conducting service content mastery, students will be given an understanding and knowledge in improving adaptation and habitual learning. Its implications on guidance and counseling was to improve students’ adjustment and habitual learning through content mastery service related to the importance of the adjustment in learning and habitual learning, so that students did not feel saturated on learning, it was suggested BK teachers to be able to perform the content mastery service continiuously or more planned for further enhancement of srudents’ adjustment and habitual learning .
Keyword: Adjustment, habitual learning, content mastery service
Full Text:
PDFReferences
Ali, M & Asrori. (2012). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Calhoun, J.F, & Cocella, J.R. (1990). Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Terjemahan oleh Satmoko. Semarang: IKIP Semarang Press
Gazda, G.M. (1978). Group Counseling A Developmental Approach: Third Edition. Boston: Allyn And Bacon,Inc
Gibson, L.R & Mitchell, H.M. (2011). Bimbingan dan Konseling. Edisi Ketujuh. Terjemahan oleh Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gie, L.T. 1995. Cara Belajar yang Efisien. Jilid II Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty
Gufron, N.M, & Rini, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Kementrian Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 ”Sistem Pendidikan Nasional”. Jakarta
Prayitno. (2004). Seri Layanan BK (L1-L9). Padang: BK FIP UNP.
Runyon, R.P, & Haber, A. (1984). Psychology Of Adjustment. Illinois: The Dorsey Press
Sawrey, J.M, & Telford, C.W. (1968). Educational Psychology 3rd Edition. Boston: Allyn and Bacon, Inc
Schneider, A.A. (1964). Personal Adjustment and Mental Healt. New York: Holt Rine Heart & Winston
Sunarto & Hartono. (2002). Pengembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta
Winkel, W.S. (2004). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Media Abadi
DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v3i2.560
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P-ISSN 2442-4323 E-ISSN 2599-0071
Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan
Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia
Email: kopastaunrika@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.