IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SDN 001 KECAMATAN BELAKANG PADANG
Abstract
Minat baca merupakan ketertarikan pada kegiatan membaca untuk mendapatkan sebuah makna atau tujuan dari apa yang dibaca. Rendahnya minat membaca siswa disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini mengutamakan kejadian yang bersumber langsung dari lokasi penelitian dan kejadian sebenarnya yang terjadi di lokasi penelitian. Subjek dari penelitian ini yaitu guru kelas VI SDN 001 Kecamatan Belakang Padang.
Full Text:
PDFReferences
A Muri Yusuf. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Abidin, dkk. (2017). Pembelajaran Literasi Srategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Albi Anggito & Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Elendiana, Magdalena. (2020). “Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar”. JPdK: Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Vol. 2. No. 1.
Farida Rahim. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Fitrah, Muh. & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: Jejak Publisher.
Henni Syafriana Nasution & Abdillah. (2019). Bimbingan Konsling "Konsep, Teori dan Aplikasinya". Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Kartini Kartono. (1998). Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju
DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v10i2.5723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P-ISSN 2442-4323 E-ISSN 2599-0071
Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan
Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia
Email: kopastaunrika@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.