Hubungan antara kepedulian sosial dengan komunikasi interkultural kelas 10 di SMAN 76 Jakarta

Laella Mardiah

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kepedulian sosial dengan komunikasi interkultural pada siswa kelas X di SMA Negeri 76 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa kelas X. Teknik pengumpulan data dengan memberikan koesioner pada siswa berupa Google Form. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa uji linearitas memperoleh hasil 0,524 > 0,05 maka dapat di simpulkan bahwa kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang linier. Sedangkan pada uji hipotesis digunakan uji korelasi memperoleh hasil sebesar 0,894 yang artinya kedua variabel memiliki hubunngan linier positif yang sangat kuat. Disimpulkan bahwa hasil penelitian ini adalah adanya hubungan yang signifikan secara positif antara kepedulian sosial dengan komunikasi interkultural siswa kelas X di SMA Negeri 76 Jakarta.

Full Text:

PDF

References


Almira, Y., Ananda, A., Moeis, I., & Dewi, S. F. (2022). Upaya Meningkatkan Sikap Kepedulian Sosial Siswa di SMAN 1 Ranah Batahan. Journal of Education, Cultural and Politics, 2(2), 98–103. https://doi.org/10.24036/jecco.v2i2.55

Andita, S. A. (2019). Hubungan antara kepedulian sosial dengan penyesuaian sosial siswa kelas V SD se-gugus I. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9, 918–929.

Crandall, J. E. (1975). A scale for social interest. In Journal of Individual Psychology (Vol. 31, Issue 2, pp. 187–195). University of Texas at Austin.

Jane, J. (2014). Introducing Language and Intercultural Comunication. -, 4(1), 779–780.

Moulita, M. (2019). Kompetensi Komunikasi Antarbudaya Siswa Sekolah Menengah Atas. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 5(1), 23. https://doi.org/10.31289/simbollika.v5i1.2261

Rizky Windu. (2019). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meingkatkan Kepedulian Sosial. Jurnal Psikologi Konseling, 15(2), 441–451.

Sari, Y. M. (2016). Pembinaan Toleransi Dan Peduli Sosial Dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 15–26. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2059

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue April).

Suprihatin, T., Sichatillah, E. N., Rahayu, W. A., Putri, F. Z. A., Ilaesa, D., & Wangsit, I. F. (2023). Perbedaan Kepedulian Sosial Remaja di SMA X. Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP), 3(1s), 111–119. https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12350

Suryani, W. (2013). Komunikasi Antar Budaya: Berbagi Budaya Berbagi Makna. Jurnal Farabi, 10(1), 1–14.

Wahidah Suryani. (2013). Komunikasi Antarbudaya yang Efektif”. pada Jurnal Dakwah Tabligh. Vol. 14, No. 1 Juni 2013 :91-100. Dakwah Tabligh, 14, 91–100. file:///C:/Users/User/Downloads/316-608-1-SM.pdf




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v11i1.5993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.