BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PARADIGMA FILSAFAT ILMU

Tila Rohimah, Yeni Karneli, Sufyarma Marsidi

Abstract


Peran sebuah ilmu dalam filsafat ialah sebagai aktivitas yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan metode ilmiah untuk memperoleh pengetahuan yang sistematis, empiris dan rasional. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kajian literatur untuk menganalisa dan mengumpulkan informasi mengenai hasil dari publikasi berdasarkan kajian buku atau jurnal yang relevan maupun mendukung mengenai topik yang berhubungan mengenai bimbingan dan konseling dalam paradigma filsafat ilmu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling dikatakan sebagai ilmu yang menerima kontribusi cukup besar baik melalui filsafat ataupun ilmu sosial lainnya. Bimbingan konseling merupakan titik perbandingan dengan unsur-unsur dasar ilmu sosial untuk mencoba memecahkan masalah dalam bimbingan konseling.

Full Text:

PDF

References


Achadah, A., & Fadil, M. (2020). Filsafat Ilmu: Pertautan Aktivitas Ilmiah, Metode Ilmiah dan Pengetahuan Sistematis. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 130–141.

Aly, A., & Rahma, I. E. (2022). Ilmu Alamiah Dasar. Bumi Aksara. Aqib, Z. (2020). Bimbingan dan Konseling. Yrama Widya.

Ariska, V. (2019). Aplikasi Bimbingan Konseling Siswa Berbasis Android pada Sekolah SMK Negeri 1 Prabumulih. JSK (Jurnal Sistem Informasi Dan Komputerisasi Akuntansi), 3(1), 1–6.

Fatimah, S., & Fitrisia, A. (2022). Konsep, Kedudukan, Ruang Lingkup, dan Manfaat Filsafat Ilmu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1153–1157.

Gie, T. L. (2012). Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Habsy, B. A. (2017). Filosofi Ilmu Bimbingan dan Konseling Indonesia. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(1), 1–11.

Hariko, R. (2016). Ilmu Bimbingan dan Konseling, Nilai dan Kesejahteraan Individu: Studi Literatur. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(2), 118–123.

Husni, M., & Muhammad, H. (2021). Landasan Bimbingan dan Konseling dalam Perspektif Islam. Al-Ibrah, 6(1), 103–124.

Lubis, L. (2012). Landasan Bimbingan dan Konseling di Institusi endidikan. Journal Analytica Islamica, 1(1), 57–82.

Makhmudah, S. (2018). Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Modern dan Islam. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 4(2), 202–217.

Marjo, H. K. (2022). Etika dan Kompetensi Konselor Sebagai Profesional (Suatu Pendekatan Literatur Sistematis). Jurnal Paedagogy, 9(1), 86–93.

Milasari, M., Syukri, A., Badarussyamsi, B., & Rizki, A. F. (2021). Filsafat Ilmu dan Pengembangan Metode Ilmiah. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 217–228.

Mujtahidin, M., & Oktarianto, M. L. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Dasar: Kajian Perspektif Filsafat Ilmu. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 95–106.

Natasya, A., Putri, T., Siahaan, R. P. J., & Khoirunnisa, A. (2022). Filsafat Ilmu dan Pengembangan Metode Ilmiah. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 167–179.

Novriadi, F., Desyandri, D., & Erita, Y. (2023). Studi Literatur: Tinjauan Filsafat Perspektif Islam Terhadap Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1746–1749.

Prayitno & Amti, E. (2010). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Ramdani, R. (2016). Peran Guru Bk/Konselor Dalam Mengentaskan Perilaku Bullying Participant Of The Teachers Bk/Counselors To Alleviate Bullying Behavior. Cahaya Pendidikan, 2(1)

Ramdani, R, Rofiqah, T, Khairat, I, Saragi, M.P.D, Saputra, R. (2020). The Role of School Counselors to Helping Student in Puberty Through The Collaborative Paradigm. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol. 3. No 1. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/enlighten/article/view/1528

Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). Kajian Teori dalam Penelitian. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 49–58.

Surajiyo. (2005). Ilmu Filsafat Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara. Suriasumantri, J. S. (1999). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Susanto. (2011). Filsafat Ilmu. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwartini, S. (2015). Menilik Keilmuan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Perspektif Filsafat Sistem Jasser Auda. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 12(1), 1–15.

Widyawati, S. (2013). Filsafat Ilmu Sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Pendidikan. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 11(1).

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2), 83–91.

Habsy, B. A. (2017). Filosofi ilmu bimbingan dan konseling Indonesia. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 1-11.

Hastiani, H., & Rahmi, N. (2021). Peranan Filsafat Ilmu Bimbingan dan Konseling dalam Kompetensi Konselor Multikultural di Indonesia. Jurnal Konseling Gusjigang, 7(1).

Husni, M., & Muhammad, H. (2021). Landasan bimbingan dan konseling dalam Perspektif Islam. Al-Ibrah, 6(1), 103-124.

Faiz, A., Dharmayanti, A., & Nofrita, N. (2018). Etika bimbingan dan konseling dalam pendekatan filsafat ilmu. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(1), 1-12.

Mustika, H., Jamaris, J., & Solfema, S. (2023). Urgensi Filsafat Ilmu dalam Bimbingan Konseling Di Era Digital. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 6(2).

Batubara, J. (2017). Paradigma penelitian kualitatif dan filsafat ilmu pengetahuan dalam konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 95-107.

Maryanto, A. (2021). Supervisi Akademik dalam Perspektif Filsafat Esensialisme. Jurnal Sosial Teknologi, 1(8), 808-812.

Habsy, B. A. (2017). Fondasi Keilmuan Bimbingan dan Konseling Indonesia. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(1), 65-76.

Nurhafiza, N., & Herlinda, F. (2023). Asumsi Dasar Keilmuan Filsafat dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 7(1), 42-50.

Wahidin, W. (2017). Filsafat dan Sains dalam Pendidikan, Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 85-94.

Muqodas, I. (2017). Perspektif Filsafat Cartesian dalam Bimbingan dan Konseling. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 1(01), 19-23.

Rholanjiba, S., & Nurwahidin, M. (2022). KONSEP DIRI TERHADAP KENAKALAN REMAJA

DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT ILMU. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(4), 667-674.

Vianda, D. (2015). Peran Agama dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 1(2), 50-60.

Basit, A. (2015). Ilmu Komunikasi Islam Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Jurnal Komunikasi Islam, 5(2).

El-Yunusi, M. Y. M., Salsabilla, A., & Arifin, N. (2023). Guru Profesional dalm Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 4204-4212.

NURHIDAYAH, N. (2019). BIMBINGAN KONSELING DALAM PERSPEKTIF

ISLAM (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Miharja, S. (2020). Menegaskan Definisi Bimbingan Konseling Islam, Suatu Pandangan Ontologis. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 14-28.

Asri, D. N. (2016). Peranan Self-Regulated Learning Dalam Pendekatan Konstruktivisme Dalam Kerangka Implementasi Kurikulum Tahun 2013. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1).

Yunus, H. A. (2016). Telaah aliran Pendidikan progresivisme dan esensialisme dalam perspektif filsafat Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1).

Hariko, R. (2017). Landasan filosofis keterampilan komunikasi konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 41-49.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v11i1.6425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.