PERAN ETIKA DAN ESTETIKA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING

Ragil Setyorini, Sufyarma Marsidin, Yeni Karneli, Ramdani Ramdani

Abstract


Layanan bimbingan dan konseling memiliki peran penting dalam mendukung individu untuk menghadapi dan mengatasi berbagai tantangan personal, sosial, dan akademik. Dalam menjalankan peran ini, dua konsep fundamental yang harus diperhatikan oleh konselor adalah etika dan estetika. Etika ialah cabang filsafat, yang membahas tentang perbuatan atau perilaku manusia dari sudut pandangan baik atau buruk, benar atau salah, sementara estetika disebut juga dengan filsafat keindahan yang membicarakan permasalahan, pertanyaan, dan isu-isu tentang keindahan, ruang lingkupnya, nilai, pengalaman, perilaku pemikiran seniman, seni, serta persoalan estetika dan seni d alam kehidupan manusia. untuk memberikan pelayanan konseling terdapat empat etika yang penting dalam konseling, yaitu: Profesional Responsibility, Confidentiality, Conveying Relevant Information to the Person in Counseling, dan the Counselor Influence.
Kata Kunci; Etika, Estetika, Bimbingan Konseling.

Full Text:

PDF

References


Amakiri, G. M., & Eremie, M. (2017). Counselling, Ethics, morality and the law in Nigeria. International Journal of Innovative Legal and Political Studies, 5(4), 1-7.

Faiz, A., Dharmayanti, A., Nofrita. (2018). Etika Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendekatan Filsafat Ilmu. Indonesian Journal Of Educational Counseling. 2(1), 1-12.

Herlihy, B., & Corey, G. (2014). ACA ethical standards casebook. John Wiley & Sons.

Hasibuan, U. K. (2023). Peran Konselor untuk Membentuk Etika dan Estetika Siswa di Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 7(1), 75-85.

McLeod, J. (2010). Pengantar konseling teori dan studi kasus (Trans.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. (An introduction to counselling. Original work published 1993).

Mudhofir, A. (1996). Pancasila Sebagai Sistem Kefilsafatan. Jurnal Filsafat, 1(1), 9–13.

Prayitno dan Amti, Erman.2013. DasarDasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Soelaiman, D. A., & Putra, R. S. (2019). Filsafat ilmu pengetahuan perspektif barat dan islam. Filsafat Ilmu Pengetahuan Perspektif Barat Dan Islam.

Suharto, R. D., Indreswari, H., & Hotifah, Y. (2024). Pemahaman etika keilmuan dalam konteks bimbingan dan konseling: Perspektif filsafat ilmu. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 12(1), 1-8.

Suhartono, S. 2007. Dasar-dasar Filsafat. Yogyakarta: Arruz Media.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v11i1.6428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.