EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI PRILAKU BULLYING PADA SISWA SMK NEGERI 16 SAMARINDA

febri ariffrianto

Abstract


Bullying di sekolah biasanya berupa tindakan kekerasan fisik, seperti memukul atau mendorong, atau perkataan yang menyakitkan. Selain itu, ada juga bullying psikologis yang membuat korban merasa tertekan atau takut. Bullying verbal itu seringkali berupa kata-kata yang menyakitkan, seperti memanggil dengan nama yang menghina atau mengejek fisik seseorang. Sedangkan bullying psikologis lebih fokus pada tindakan yang membuat korban merasa kesepian atau terisolasi, seperti mengabaikan atau menyebarkan gosip. Bimbingan kelompok memiliki tujuan untuk mencegah berkembangnya masalah atau kesulitan pada diri siswa, Teknik modeling bukan sekedar menirukan atau mengurangi apa yang dilakukan orang model (orang lain), tetapi modeling melibatkan penambahan dan atau pengurangan tingkah laku yang teramati, menggeneralisir berbagai pengamatan sekaligus melibatkan proses kognitif penelitian ini makai metode penelitian “Kuantitatif” menggunakan bentuk penelitian Eksperimen dan desaign penelitian berupa “PreExperimental Design melalui One Group Pretest-Posttest Design.” Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu Variabel Independen: Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Variabel Dependen: Bullying. Menurut guru BK SMKN 16 Samarinda pencegahan bullying dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling, namun hasilnya belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknik modeling yang lebih efektif dalam menarik minat siswa sehingga dapat membantu mengurangi perilaku bullying yang dapat berdampak buruk bagi korban.

Full Text:

PDF

References


Arinata, F. S., & Purwanto, E. (2017). Keefektifan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling dan Pengukuhan Positif untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa SD.

Arista, D. (t.t.). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Volume 5 Nomor 1 tahun 2020 Hal 39—47 Maret 2020.

Bu’ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCEGAH BULLYING DI SMA NEGERI 1 AMANDRAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 53–62. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.376

Chantika Nurul Wijayanti, Cindy Tiara Adinda, Hanna Aqeela Humayra, Mochammad Aqshal Sallim, Syafira Suniyah Nur Fahmi, & Mic Finanto Ario Bangun. (2024). Bullying Sebagai Penghambat Kedewasaan Remaja di Bekasi. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 182–192. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i2.2174

Maryam, S., & Fatmawati, F. (2018). Kematangan Emosi Remaja Pelaku Bullying. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(2), 69–74. https://doi.org/10.17977/um001v3i22018p069

Christy, Z. A., Unter, R., & Wibowo, D. H. (2022). “Aku Siswa Anti Bullying”: Layanan Psikoedukasi untuk Mencegah Bullying di Sekolah. 02.

Damayanto, A., Prabawati, W., & Jauhari, M. N. (2020). Kasus Bullying pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(2), 104. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p104-107

Durrotunnisa, D., & Sari, T. D. (2022). Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6828–6835. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2984

Fauziah, N. (t.t.-a). Program Layanan Bimbingan dan Konseling sebagai Pencegahan Bullying di Sekolah.

Fauziah, N. (t.t.-b). Program Layanan Bimbingan dan Konseling sebagai Pencegahan Bullying di Sekolah.

Fauziyah, N. (2024). Teknik Modeling untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 7(1), 143–155. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v7i1.2724

Fauziyah, N., & Rusmana, N. (t.t.). BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING SISWA.

IImia Sari, D., Wahyudi, A., & Kurniawan, S. J. (2022). Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan resiliensi diri siswa korban bullying. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 135–145. https://doi.org/10.26539/teraputik.611066

Muhammad Akmal Yazdy Ihsany, M. Haddadalwi Nasyafiallah, & Najlatun Naqiyah. (2023). Gerakan Anti Perundungan: Tinjauan Filsafat Bimbingan Konseling. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 20(2), 93–113. https://doi.org/10.14421/hisbah.2023.202-01

Marfuatun, M., & Suma’yah, S. (2022). UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN BULLYING PADA TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS X SMK. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 6(2), 85–93. https://doi.org/10.29408/jkp.v6i2.7683

Melati, T., Sobari, T., & Septian, M. R. (2023a). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENCEGAH PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK DI SMAN 1 SINDANGKERTA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 6(3), 201–212. https://doi.org/10.22460/fokus.v6i3.10094

Melati, T., Sobari, T., & Septian, M. R. (2023b). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENCEGAH PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK DI SMAN 1 SINDANGKERTA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 6(3), 201–212. https://doi.org/10.22460/fokus.v6i3.10094

Miftahul Huda, R. R., & Ardiyan, L. (2022). Rancangan Implementasi Perma+ Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Pencegahan Bullying Dan Peningkatan Wellbeing Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 3(06), 877–886. https://doi.org/10.46799/jst.v3i6.566

Ningrum, Rr. E. C., Matulessy, A., & Rini, Rr. A. P. (2019). Hubungan antara Konformitas Teman Sebaya dan Regulasi Emosi dengan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Remaja. Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 15(1), 124. https://doi.org/10.32528/ins.v15i1.1669

Rahmat, N. isnaeni, Hastuti, I. D., & Nizaar, M. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bullying di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 7(6), 3804–3815. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6432

Risyda, M. W., Kara, Z. B. B., Anwar, M. A., & Shobabiya, M. (2024). Pengaruh Psikologis Bullying Relasional Terhadap Siswa SMA. 1(3).

Saputro, D. B., Hidayati, A., & Maulana, M. A. (2020). PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING TERHADAP SIKAP SOPAN SANTUN. 2.

Syifa, N. F. (t.t.). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING.

Wahani, E. T., Isroini, S. P., & Setyawan, A. (2022). PENGARUH BULLYING TERHADAP KESEHATAN MENTAL REMAJA. 1.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v11i2.7403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.