PENGARUH MANAJEMEN PAJAK, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKU-RAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI PERIODE 2014-2016

Muhammad Hidayat

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah manajemen pajak, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada peruahaan sector manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 sampai dengan tahun 2016. Jumlah sampel adalah 41 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan regresi linear berganda untuk menguji hipothesis. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa Manajemen Pajak dan Pertumbuhan Penjualan secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Secara simultan Manajemen Pajak, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perushaan,

Keywords


Manajemen Pajak, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Adisamartha, Ida Bagus Putu Fajar dan Noviari Naniek. 2015. Pengaruh Likuiditas, Leverage, Intensitas Persediaan dan Intensitas Aset Tetap Pada Tingkat Agresivitas Wajib Pajak Badan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 13, No. 3. ISSN : 2303 – 101

Afza, Talat dan Syamsa Tahir. 2012. Deter-minants of Price-Earnings Ratio: The Case of Chemical Sector of Pakistan. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8: 331- 343.

Bhayo, Mujeeb U Rehman, Ali Khan muba-shir, and Shahza Shaikh Raja. 2011. An Idiosyncratic Explana-tion of Earning Price Ratio Based on Financial StatementAnalysis. International Journal of Business and Social Science, (9), 243-249.

Chen, Li-Ju. 2011. The Influence of Profita-bility on Firm Value with Capital Structure as The Mediator and Firm Size and Industry as Modera-tors. Investment Management and Financial Innovations, 8(3): 121-128.

Cheung, W. M., Chung, R., & Fung, S. 2015. The effects of stock liquidity on firm value and corporate gov-ernance: Endogeneity and the REIT experiment. Journal of Cor-porate Finance, 35, 211-231.

Dj, Alfredo Mahendra, Luh Gede Sri Artini dan A. A. Gede Suarjaya. 2012. Pengaruh Kinerja Keuangan Ter-hadap Nilai Perusahaan pada Pe-rusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Mana-jemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 6 (2): 130-138.

Efni, Yulia; Djumilah; Ubud dan Mintarti. 2012. Price Earning Ratio, Kepu-tusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen: Pengaruhnya ter-hadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aplikasi Manajemen. 10(1).

Ernawati, D. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4(4)., 2004. Manajemen Keuangan.

Gill, Amarjit dan Obradovich, John. 2012. The Impact of Corporate Govern-ance and Financial Leverage on the Value of American Firms. In-ternational Research Journal of Fi-nance and Economics . ISSN 1450 - 2887 Issue 91.

Hansen V. dan Juniarti, 2014. Pengaruh Family Control, Size, Sales Growth, dan Leverage Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan Pada Sektor Perdagangan, Jasa, Dan Investasi. Business Acounting Review, Vol. 2, Hal. 121-130.

Haryadi (2016) Pengaruh size perusahaan, keputusan pendanaan, profitabili-tas dan keputusan investasi ter-hadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi, Universitas Serang Raya. Vol.3 (No.2), hal 84 – 100.

Meidiyustiani, Rinny. 2016. Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek In-donesia (BEI) Periode Tahun 2010 – 2014. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 5. No.2.

Mulyati, H., & Kalbuana, N. (2016). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Garment dan Textile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011- 2015).

Prasetyorini, Bhekti Fitri. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning atio dan Profitabili-tas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 183-196.

Rahayu, Fitri Dwi dan Asandimitra, Nadia. 2014. Pengaruh Ukuran Perus-ahaan,Leverage, Profitabilitas, Ke-bijakan Dividen Dan Cash Holding Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Manufaktur. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(2).

Siregar,R.dan Widyawa-ti,D.(2016).Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak pada Perus-ahaan Manufaktur di BEI.Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 5, (No. 2), hal 1-17.

Swingly, C & Sukartha, I.M. 2015. Pengaruh Karakter Eksekutif, Komite Audit, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Sales Growth pada Tax Avoidance. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 10 (1): 47-62.

Wijaya, B. I., dan Sedana, I. B. 2015. “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Divi-den Dan Kesempatan Investasi Se-bagai Variabel Mediasi).” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4 (12).




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v12i2.1745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic