ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2017
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan alat analisis Break Even Point dalam perencanaan laba perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2017.Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengolahan data kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 perusahaan dari populasi sebanyak 18 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan memiliki laporan keuangan lengkap yang dipublikasikan mulai dari tahun 2014-2017. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan mengunggah laporan keuangan yang diperoleh dari internet melalui situs www.idx.co.id metode analisis data yang digunakan adalah pengujian statistik deskritif.Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian akan analisis break evan point sebagai alat perencanaan laba menunjukkan bahwa besar kecilnya biaya tetap maupun biaya variabel yang digunakan setiap perusahaan untuk oprasional kegiatan perusahaan berpengaruh terhadap laba yang diperoleh perusahaan tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bustami, Bastian dan Nurlela. (2013). Akuntansi Biaya. Mitra Wacana Media. Jakarta.
Csarter K.William. (2011). Akuntansi Biaya. Jakarta. Salemba empat.
Dimisyqiyani Jalaluddin, dkk. (2014). Analisis Break Even Point Sebagai Alat
untuk Merencanakan Laba Perusahan(Studi Pada Koperasi Sari Apel BrosemPeriode 2011 -2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 13 No. 1 Agustus 2014.
Juminga. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Kelima. Jakarta: Rajawali Pers.
Nuzuliani. (2017). Analisis Break Even Point Sebagai
Dasar Pengambilan Keputusan Penetapan Harga Jual Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm)
Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA).
Ponomban. Christine Praticia. (2013). Analisis Break Even Point sebagai Alat Perencanaan
Laba pada PT. TROPICA COCOPRIMA. Manado. Jurnal
EMBA.
Purwanti, A., dan Prawironegoro, D. (2013). Akuntansi Manajemen. Ed.3. Revisi.
Jakarta: Mitra Wacana Media.
Puspita. Aulia KD. (2012). Analisis Break Even Terhadap Perencanaan Laba Pr.Kreatifa Hasta Mandiri Yogyakarta. Yogakarta. Universitas Negeri
Yogyakarta.
Purwanti, Ari & Darsono Prawironegoro (2013). Akuntansi Manajemen. Mitra Wacana Media
Rumiasih N.A & Adi Wijaya. (2015). Peranan Break Even Point Sebagai Alat
Perencanaan Laba Pada
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta
Kahuripan Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan.
Samryn L.M (2013). Akuntansi Manajemen. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.
Alfabeta.
Talakua. Mozart Wiston. Dkk. (2017.)
Analisis Break Even Point Sebagai Alat
Untuk Merencanakan Laba Perusahaan (Studi Kasus: Pt. Kimia Farma). Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan.
Yusuf Sulfarano . M. dkk.(2010). Analisis Break Even Point Sebagai Alat Untuk
Menentukan
Komposisi Penjualan Dalam Pencapaian Target Laba (Studi
Kasus pada CV. Sinar Logam di Natar Lampung Selatan). Jurnal Akuntansi
& Keuangan.
www.sahamok.co.id
www.idx.co.id
DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v13i1.1789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Office:
Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan
unit F
Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam
Contact: (0778) 39275
e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id