Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Perusahaan Transportasi Online Japlo Di Kota Tanjunguban

Sofiyah Wardanyi, Hendy Satria, Marina Lidya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Flextime, Modal Kerja, dan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Pada Perusahaan Transportasi Online (Studi Kasus di Japlo Kota Tanjunguban). Penelitian ini menggunakan data bulanan (time series) sebanyak 46 data dan objek penelitian berada di Japlo Bintan Kota Tanjunguban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Objek pada penelitian ini yaitu perusahaan transportasi online Japlo Bintan di Kota Tanjunguban. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan 3 cara yaitu dengan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Data yang diperoleh didapat secara langsung dari objek penelitian. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil uji t atau parsial dengan menunjukkan bahwa variabel Flextime, Modal Kerja, berpengaruh positif dan signifikan, dan Biaya Operasional berpengaruh negatif signifikan terhadap Pendapatan perusahaan. Hasil uji f atau uji simultan menunjukkan bahwa Flextime, Modal Kerja, dan Biaya Operasonal berpengaruh secara simultan terhadap Pendapatan Perusahaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil dari uji koefisien determinasi dengan nilai Adjusted R-Squared sebesar 0,928 yang artinya pada variabel independen mampu menjelaskan pengaruh terhadap variabel dependen sebesar 92% sedangkan sisanya 8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian yang diteliti.

Keywords


Flextime; Modal Kerja; Biaya Operasional; Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Alamsyahbana, M. I., Gizta, A. D., Novrina, P. D., Sarazwati, R. Y., Fauzar, S., Meifari, V., Indriaty, N., Chandra, R. F., Kusumah, S., Santoso, N. K., Fauzi, Nasution, U. O., Saputra, N. C., Shindy, G. T., & Tahir, I. B. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (S. Bahri (ed.)). Media Sains Indonesia.

Amanda, A. K. A., & Prabawani, B. (2018). Pengaruh Sharing Economy, Sistem Bagi Hasil, dan Flextime terhadap Intensi Pengemudi Go-Jek Jakarta Pusat Dengan Efektifitas sebagai Variabel Intervening. 282.

Farhan, A. (2021). Teori Akuntansi – Perjalanan Filosofis Akuntansi dari Teori Menuju Praktik. CV Globalcare.

Hartadi, A. S., & Rusdiansyah. (2019). Pengaruh Tarif, Jam Kerja dan Jumlah Orderan Terhadap Pendapatan Driver Go-Jek di Kota Banjarmasin. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan Vol. 2 No. 1, 231–243.

Hutasoit, N. P., Nurfaizah, B. C., & Gunardi, G. (2022). Pengaruh Biaya Operasional terhadap Pendapatan pada Perum Damri Cabang Bandung. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 92. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.495

Jalalilah, Wulandari, H. K., & Dumadi. (2022). Pengaruh Modal Kerja , Tenaga Kerja , dan Bahan Baku Terhadap Pendapatan UMKM Pabrik Tahu ( Studi Empiris UMKM Tahu Kecamatan Banjarharjo Periode Tahun 2019-2021 ). 1(1), 68–78.

Mappigau, E., & Ferils, M. (2020). Tenaga Kerja, Modal Kerja Dan Teknologi Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Nelayan Desa Bambu Kecamatan Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembangunan, 1(2), 194–206.

Mustofa, M., Bara, A. B., Khusaini, F., Ashari, A., Hertati, L., Mailangkay, A. B. L., Syafitri, L., Sarie, F., Rustan, F. R., Zulkarnaini, Hole, M. A., Safii, M., & Rusadi, O. (2023). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Get Press Indonesia.

Pasca, Y. D. (2019). Pengaruh Pendapatan Usaha Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Survey Pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Pengaruh Penggunaan Pasta Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Untuk Substitusi Tepung Terigu Dengan Penambahan Tepung Angkak Dalam Pembuatan Mie Kering, 15(1), 165–175.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Suryati, S., & Aprilianto, Y. (2019). Pengaruh Flextime terhadap Jumlah Ppesanan Gojek Di Kota Bandar Lampung. GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 53–61. https://doi.org/10.47768/gema.v11i1.14

Tyas, D. R. N., & Jember, I. M. (2019). Pengaruh Jam Kerja Dan Jenis Dagangan Dengan Lokasi Usaha Sebagai Variabel Moderating Terhadap Pendapatan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia PENDAHULUAN Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan wilayah. 2501–2531.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v18i1.6494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic